Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shinsounAvatar border
TS
shinsoun
Puluhan Pendeta di Tanjung Priok Nyaris Baku Hantam dengan Pengurus Gereja
Puluhan Pendeta di Tanjung Priok Nyaris Baku Hantam dengan Pengurus Gereja

Puluhan pendeta yang mengatasnamakan diri Forum Peduli GPdI nyaris terlibat bentrok saat melakukan demonstrasi di depan Kantor Majelis Pusat Gereja Pentakosta di Indonesia (PGdI), Selasa (28/3/2023).

Puluhan orang mengenakan kemeja putih dan celana hitam itu mendatangi Kantor Majelis Pusat PDdI di Jalan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, sembari membawa spanduk.

Baca juga: Meresmikan Gereja Pentakosta, Anies Baswedan Dinobatkan Sebagai Bapak Kesetaraan Indonesia

Para pendeta itu pun secara bergantian meneriakkan orasi di depan gerbang yang telah dikunci rapat dan dijaga oleh petugas keamanan.

Namun, kerusuhan mulai nampak saat peserta demonstrasi itu menuntut masuk ke dalam Kantor Majelis Pusat PDdI untuk menyampaikan aspirasi secara langsung.

"Kami ini aksi damai, ini juga gereja kami ikut bangun, kasih kami izin untuk masuk ke gereja kami sendiri," teriak seorang peserta aksi.

Meski sudah meminta masuk secara baik-baik, pihak keamanan tidak membukakan pintu gerbang.

Alhasil, peserta aksi pun mulai terpancing emosi dan melontarkan kata-kata tuntutan dengan nada keras dan mulai bersorak-sorai.


Puluhan penderita dari gereja Pentakosta adakan aksi di depan Kantor Majelis Pusat PDdI di Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (28/3/2023). Mereka menuntut pimpinan PDgI mundur karena dianggap arogan. (Warta Kota/M Rifqi Ibnumasy) (warta kota/m rifqi ibnu masy)
Dorong pagar gereja

Puncak kerusuhan terjadi, saat puluhan pendeta itu mencoba mendorong gerbang gereja hingga menimbulkan gesekan dengan pengurus Kantor Majelis Pusat PDdI.

Baca juga: Kronologi Puluhan Pendeta di Tanjung Priok Nyaris Baku Hantam dengan Pengurus Gereja GPdI



Perwakilan peserta aksi, Pendeta Dandels Kaluas menjelaskan, peserta aksi datang dari para pendeta PDdI di sejumlah wilayah.

Baca juga: Augie Fantinus Duga Batalnya Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 Berkaitan dengan Politik

"Kami menolak keras kepemimpinan Pendeta Doktor John Weol sebagai ketua umum dan meminta agar memberhentikan seluruh kabinetnya," kata Kaluas.

Kaluas juga meminta agar Ketua Majelis Pertimbangan Rohani baik di Indonesia maupun di Luar Negeri untuk sepakat mengadakan musyawarah besar luar biasa (Mubeslub).

"Kami meminta kepada ketua majelis pertimbangan rohani dan ketua-ketua di daerah Indonesia maupun di luar negeri, kami usulkan untuk mengadakan Mubeslub," ungkapnya.

Menurut Kaluas, Pendeta John Weol telah bertindak sewenang-wenang memberhentikan sejumlah pendeta di daerah tanpa alasan yang jelas.

Baca juga: Tensi Darah Naik usai Kliennya Dituntut Mati, Hotman Paris: Saya Tidak Membela Narkoba tapi Orangnya

"Bukan cuma penonaktifkan tapi diberhentikan secara tidak terhormat jadi ada tujuh pendeta yang di Banten dipecat," ungkapnya.

Alasannya karena membangkang katanya tidak mengikuti aturan daerah, padahal mereka pemimpin yang ada di daerah sudah menabrak anggaran dasar anggaran rumah tangga mereka itu pengkhianat konstitusi," pungkasnya.

Hingga berita ini dibuat, Warta Kota telah meminta pernyataan dari pihak pengurus Kantor Majelis Pusat PDdI namun belum bersedia.

Pembangunan Gereja ONKP Segera Terwujud

Sementara itu, di lokasi dan waktu berbeda, pendeta Gereja ONKP (Orahua Niha Keriso Protestan) Kariani Daeli S. Th mengakui bahwa kabar bahagia yang disampaikan oleh Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nur Azizah Tamhid menjadi kado terindah untuk seluruh jemaat Gereja ONKP Depok.

Kabar bahagia ini disampaikan oleh Nur Azizah Tamhid saat kediamannya dikunjungi oleh pendeta dan jajaran dari pengurus Gereja ONKP di Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (5/12/2022).

"Kami berterima kasih banyak kepada Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi PKS Nur Azizah Tamhid yang memberikan kabar bahagia buat kami," ujar Pendeta Gereja ONKP.

Dirinya berterima kasih kepada Nur Azizah Tamhid yang sudah banyak membantu dalam proses mendapatkan dana dari Kementerian Agama dan kini dana tersebut akan cair.

Baca juga: Nur Azizah Tamhid Terima Kunjungan Wakil Bupati Subang di Depok, Bareng Panen Nanas Madu Subang

Kabar dengan cairnya dana yang sebelumnya sempat tersendat, membuat Pendeta Kariani Daeli bahagia mendengar kabar tersebut.

"Ini benar-benar menjadi kado terindah untuk natal tahun ini bagi kami dan jemaat dari Gereja ONKP," ungkapnya.

Menurutnya kabar bahagia ini sekaligus menjadi rasa syukur bagi jemaat Gereja ONKP untuk natal tahun ini.

"Kami sangat bersyukur dan menjadikan kabar ini sebagai suka cita kami dalam menyambut natal tahun ini," jelas Pendeta Kariani Daeli.

Baca juga: Natal Gereja Tiberias Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno, Sebagian Jemaat Terkendala Masuk

Diberitakan sebelumnya, Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menerima kunjungan dari pendeta serta jajaran dari pengurus Gereja ONKP (Orahua Niha Keriso Protestan) Depok, Senin (5/12/2022).

Pertemuan ini menjadi kunjungan perdana dari pendeta serta jajaran dari pengurus Gereja ONKP Depok ke kediaman dari Nur Azizah Tamhid.

Kehadiran pendeta dan jajaran dari pengurus Gereja ONKP Depok untuk menanyakan progres tentang pembangunan Gereja ONKP.

"Hari ini saya menerima kunjungan dari pendeta dan jajaran dari pengurus Gereja ONKP," ungkap Nur Azizah Tamhid.

Dirinya mengatakan bahwa kedatangan pendeta dan jajaran dari pengurus Gereja ONKP untuk menanyakan progres dari dana untuk pembangunan gereja.

"Alhamdulillah kemarin saya sudah menghubungi pihak Kementerian Agama dan sebentar lagi dana untuk pembangunan gereja akan segera diturunkan," imbuhnya.

Nur Azizah Tamhid menjelaskan bahwa informasi ini menjadi kabar bahagia bagi jemaat Gereja ONKP.

Sumber: https://wartakota.tribunnews.com/amp...-gpdi?page=all
areszzjay
nomorelies
jiresh
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
3
1.9K
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan