- Beranda
- Komunitas
- News
- Education
Digital Marketing (Cara Memulai, Implementasi, dan Penerapan Digital Marketing)


TS
erikadiah
Digital Marketing (Cara Memulai, Implementasi, dan Penerapan Digital Marketing)
Pertumbuhan bisnis online berbagai industry semakin merajai dunia usaha di seluruh dunia. Perubahan gaya hidup dan trend pemasaran digital mengharuskan pembisnis untuk beradapatasi dengan perubahan-perubahan industry dan pemasaran digital. Secara tidak langsung perkembangan bisnis online menuntut para pelaku bisnis untuk terjun di dalamnya. Termasuk melakukan penjualan pada platform pemasaran digital/online. Pemasaran digital atau online harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan penjualan produk dan jasa.
Apa sih itu Digital marketing?
Digital Marketing atau bisa disebut pemasaran digital adalah suatu usaha atau metode untuk memasarkan sebuah merek atau produk dengan menggunakan media pendukung dalam bentuk digital. Metode ini mampu menjangkau konsumen baik secara pribadi, relevan dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen. Sejak awal tahun 2000, teknologi informasi telah memasuki pasar utama dan dikembangkan labih jauh menjadi apa yang disebut sebagai new wave technology. New wave technology adalah teknologi yang memungkinkan konektivitas dan interaktivitas antar individu dan kelompok (Kotler, 2011). New wave meliputi tiga kekuatan utama: komputer dan telepon genggam yang murah, internet yang murah,dan open source.
Cara Memulai Digital Marketing
Beberapa Langkah yang harus dipahami sebelum memulai pemasaran digital, yaitu :
1. Fokus dan komprehensif perhatikan bisnis
Implementasi digital marketing yang berhasil terjadi dengan perbaikan manajemen pada setiap aspek bisnis.
2. Kepuasan layanan pelanggan
Ulas interaksi dengan pelanggan di website dan sosial media, baik melalui komentar, email ataupun panggilan telepon. Walaupun bisnis atau merek sudah terkenal, pastikan layanan untuk konsumen yang terbaik dan memuaskan.Dengan demikian proses digital marketing hingga ketransaksiakan terlaksana dengan lancar.
3. Monitoring penjualan dan pemasaran
Penjulan harus memenuhi permintaan konsumen dimanapun konsumen berada, baik itu permintaan secara online maupun offline.
4. Pahami konsumen
Untuk memasarkan bisnis secara efektif, tugas terpenting memahami konsumen yang membutuhkan produk atau jasayang ditawarkan dan mendorong konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
5. Target capaian usaha
Membuat bisnis plan dan manajemen usaha yang terukur. Capaian usaha yang konkrit akan mepermudah menjalankan strategi pemasaran digital.
6. Kemampuan sumber daya
Kemampuan sumberdaya untuk memberikan pelayanan terbaik, ketersediaan produk dan pendistribusian produk hingga konsumen akhir harus dimiliki oleh setiap pemasar.
7. Edukasi diri sendiri
Pembelajaran untuk menambah pengetahuan terkait pemasaran digital menjadi dasar utama bagi pemasar. Analisa strategi pemasaran digital membawa pembisnis mengambil keputusan strategi untuk menentukan platform pemasaran digital yang tepat untuk memulai memasarkan produk dan jasa kepasar konsumen.
Selanjutnya bagaimana cara memulai digital marketing bagi pelaku usaha yang saat ini sudah, sedang, atau bahkan yang baru mengendaki langkah pemasaran dengan menggunakan sarana teknologi digital. Untuk memulai pemasaran digital diawali dengan:
1. Pembuatan company profile yang kemudian dipajang di situs website.
2. Persiapan pemanfaatan ragam sosial media/internet.
3. Menyiapkan sarana dan prasarana marketing digital (situs website, akun sosial media, artikel untuk diunggah pada blog,materi produk/jasa)
4. Menyiapkan konten dengan isi konten yang menarik perhatian dan shareable.
5. Lakukan evaluasi dan feedback setiap konten yang telah diunggah di situs website, atau media sosial media.
6. Join public market place, bergabung dalam komunitas marketplace untuk membangun jaringan dan citra merek.
Implementasi Pemasaran Digital Melalui:
1. Pasarkan Produk Melalui Media Sosial
Peningkatan penjualan produk dengan pemasaran digital dilakukan adalah membuat akun media social untuk brand Anda, seperti akun Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Semua informasi visual, audio, foto, komentar, dan artikel tentang bisnis diposting yang menarik dengan menggunakan model yang sesuai dengan produk atau jasa perusahaan. Setiap postingan di media social harus di sertakan caption yang menarik dan persuasive untuk menyampaikan pesan promosi.
2. Manfaatkan Platform Website Untuk Memperluas Audiens
Produk dan jasa Website sebagai platform digital dinilai sebagai media pemasaran yang baik dalam jangka waktu panjang. Meskipun berbagai forum online hadir sebagai media promosi, website tetap memiliki segmen yang luas. Penggunaan website untuk memperkenalkan produk dan jasa membuat pembeli semakin percaya karena brand memiliki situs yang meyakinkan.
3. Kirim Email Marketing Kepada Segmen Pasar
Strategi menjalankan pemasaran digital yang cukup ampuh salah satunya adalah
email marketing. Karena melalui media promosi ini, email marketing dinilai sebagai sarana pemasaran yang efektif dan tertarget. Seputar info tentang produk baru atau promo, dan info lain terkait bisnis. Email marketing upaya untuk melakukan pendekatan dan menciptakan hubungan personal dengan pelanggan maupun calon pembeli.
4. Anda Dapat Menawarkan Audiens Sebagai Reseller Produk
Penjualan produk atau jasa menggunakan pemasaran digital bias diterapkan menggunakan sistem reseller. System seller dapat meningkatkan penjualan produk karena jangkauan pasar yang lebih luas dan penjualan dalam jumlah besar. Meskipun harga yang tetapkan untuk
reseller jauh lebih murah.
5. Informasikan Review Produk dan Testimoni Pelanggan Kepada Calon Pembeli
Evaluasi yang rutin sangat diperlukan untuk menjalankan pemasaran digital. Pada kontek ini perlu ada psoting terkait testimony serta review produk dari pelanggan. Cara ini dinilai sangat efektif dalam membangun kepercayaan calon pembeli terhadap produk dan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Informasi tersebut akan menciptakan engagement serta membuat pembeli merasa puas dengan produk atau jasa yang dibeli konsumen.
Penerapan Digital Marketing
Cara kerja digital marketing cukup bervariasi namun sebenarnya tujuan akhirnya adalah sama, yaitu aktifitas marketing yang bertujuan meningkatkan penjualan. Digital marketing adalah teknik atau alat yang digunakan untuk menjalankan pemasaran bisnis dan usaha, dan bukan sebuah bisnis yang bisa menghasilkan uang. Sedangkan cara kerja penerapannya untuk bisnis adalah sebagai berikut:
1. Mengenali Jenis Bisnis dan Usaha
Harusnya hal ini sudah cukup mudah, sebagai pelaku dan pemilik usaha harus sudah paham jenis bisnisnya apa, misalnya jenis jasa atau produk, jenis kebutuhan sehari-hari(primer) kebutuhan sekunder, tersier, atau prestise
2. Memahami Segmen Market
Tidak semua orang akan membeli produk anda, ada orang-orang tertentu yang akan membeli produk yang kita jual. Setiap produk punya segmen market sendiri-sendiri. Dengan mengetahui target market selanjutnya kita bisa lebih tepat memilih media digital marketing yang paling tepat digunakan.
3. Memilih Media Digital Marketing
4. Membuat Funneling dari Traffic hingga Sales
Urutan funneling dari menggunakan digital marketing adalah:
a. Mengumpulkan visitor (traffic market customer) dari media digital
b. Bagaimana cara membuat visitor tertarik
c. Visitor menghubungi contact
d. Terjadi sales penjualan (goal).
Peran customer service sangat penting untuk bisa terjadi sales order atau penjualan, peran digital marketing berhenti sampai pada customer menghubungi customer service.
5. Membuat Ikatan Rantai Digital
Setelah bisa menentukan media digital marketing yang tepat, maka ada baiknya juga mengikatkan satu media dengan media digital yang lainnya yang saling berhubungan. Hal ini agar memberikan kemudahan kepada konsumen. Karena biasanya media digital akan saling melengkapi satu sama lain dan bisabmendatangkan traffic, tetapi jangan salah langkah, pilih terlebih dulu media yang paling tepat.
6. Mengelola Iklan Digital
Iklan menggunakan anggaran adalah langkah terakhir ketika kita sudah benar-benar maksimal dengan kelima langkah diatas. Fakta 90% pengiklan gagal karena tidak menerapkan step by step cara kerja digital marketing yang benar. Iklan ada Google Ads, Fb Ads, Ig Ads, dan Endorse. Kita usahakan jangan sampai buang-buang anggaran jika belum yakin sudah melukakan kelima hal ditas 100% anda pahami dan jalankan.
Sampai disini dulu artikel dari Admin Erika..!!.. Jangan sampai bosan baca artikel dari admin Erika
Tunggu postingan artikel berikutnya, see you
Apa sih itu Digital marketing?
Digital Marketing atau bisa disebut pemasaran digital adalah suatu usaha atau metode untuk memasarkan sebuah merek atau produk dengan menggunakan media pendukung dalam bentuk digital. Metode ini mampu menjangkau konsumen baik secara pribadi, relevan dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen. Sejak awal tahun 2000, teknologi informasi telah memasuki pasar utama dan dikembangkan labih jauh menjadi apa yang disebut sebagai new wave technology. New wave technology adalah teknologi yang memungkinkan konektivitas dan interaktivitas antar individu dan kelompok (Kotler, 2011). New wave meliputi tiga kekuatan utama: komputer dan telepon genggam yang murah, internet yang murah,dan open source.
Cara Memulai Digital Marketing
Beberapa Langkah yang harus dipahami sebelum memulai pemasaran digital, yaitu :
1. Fokus dan komprehensif perhatikan bisnis
Implementasi digital marketing yang berhasil terjadi dengan perbaikan manajemen pada setiap aspek bisnis.
2. Kepuasan layanan pelanggan
Ulas interaksi dengan pelanggan di website dan sosial media, baik melalui komentar, email ataupun panggilan telepon. Walaupun bisnis atau merek sudah terkenal, pastikan layanan untuk konsumen yang terbaik dan memuaskan.Dengan demikian proses digital marketing hingga ketransaksiakan terlaksana dengan lancar.
3. Monitoring penjualan dan pemasaran
Penjulan harus memenuhi permintaan konsumen dimanapun konsumen berada, baik itu permintaan secara online maupun offline.
4. Pahami konsumen
Untuk memasarkan bisnis secara efektif, tugas terpenting memahami konsumen yang membutuhkan produk atau jasayang ditawarkan dan mendorong konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
5. Target capaian usaha
Membuat bisnis plan dan manajemen usaha yang terukur. Capaian usaha yang konkrit akan mepermudah menjalankan strategi pemasaran digital.
6. Kemampuan sumber daya
Kemampuan sumberdaya untuk memberikan pelayanan terbaik, ketersediaan produk dan pendistribusian produk hingga konsumen akhir harus dimiliki oleh setiap pemasar.
7. Edukasi diri sendiri
Pembelajaran untuk menambah pengetahuan terkait pemasaran digital menjadi dasar utama bagi pemasar. Analisa strategi pemasaran digital membawa pembisnis mengambil keputusan strategi untuk menentukan platform pemasaran digital yang tepat untuk memulai memasarkan produk dan jasa kepasar konsumen.
Selanjutnya bagaimana cara memulai digital marketing bagi pelaku usaha yang saat ini sudah, sedang, atau bahkan yang baru mengendaki langkah pemasaran dengan menggunakan sarana teknologi digital. Untuk memulai pemasaran digital diawali dengan:
1. Pembuatan company profile yang kemudian dipajang di situs website.
2. Persiapan pemanfaatan ragam sosial media/internet.
3. Menyiapkan sarana dan prasarana marketing digital (situs website, akun sosial media, artikel untuk diunggah pada blog,materi produk/jasa)
4. Menyiapkan konten dengan isi konten yang menarik perhatian dan shareable.
5. Lakukan evaluasi dan feedback setiap konten yang telah diunggah di situs website, atau media sosial media.
6. Join public market place, bergabung dalam komunitas marketplace untuk membangun jaringan dan citra merek.
Implementasi Pemasaran Digital Melalui:
1. Pasarkan Produk Melalui Media Sosial
Peningkatan penjualan produk dengan pemasaran digital dilakukan adalah membuat akun media social untuk brand Anda, seperti akun Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Semua informasi visual, audio, foto, komentar, dan artikel tentang bisnis diposting yang menarik dengan menggunakan model yang sesuai dengan produk atau jasa perusahaan. Setiap postingan di media social harus di sertakan caption yang menarik dan persuasive untuk menyampaikan pesan promosi.
2. Manfaatkan Platform Website Untuk Memperluas Audiens
Produk dan jasa Website sebagai platform digital dinilai sebagai media pemasaran yang baik dalam jangka waktu panjang. Meskipun berbagai forum online hadir sebagai media promosi, website tetap memiliki segmen yang luas. Penggunaan website untuk memperkenalkan produk dan jasa membuat pembeli semakin percaya karena brand memiliki situs yang meyakinkan.
3. Kirim Email Marketing Kepada Segmen Pasar
Strategi menjalankan pemasaran digital yang cukup ampuh salah satunya adalah
email marketing. Karena melalui media promosi ini, email marketing dinilai sebagai sarana pemasaran yang efektif dan tertarget. Seputar info tentang produk baru atau promo, dan info lain terkait bisnis. Email marketing upaya untuk melakukan pendekatan dan menciptakan hubungan personal dengan pelanggan maupun calon pembeli.
4. Anda Dapat Menawarkan Audiens Sebagai Reseller Produk
Penjualan produk atau jasa menggunakan pemasaran digital bias diterapkan menggunakan sistem reseller. System seller dapat meningkatkan penjualan produk karena jangkauan pasar yang lebih luas dan penjualan dalam jumlah besar. Meskipun harga yang tetapkan untuk
reseller jauh lebih murah.
5. Informasikan Review Produk dan Testimoni Pelanggan Kepada Calon Pembeli
Evaluasi yang rutin sangat diperlukan untuk menjalankan pemasaran digital. Pada kontek ini perlu ada psoting terkait testimony serta review produk dari pelanggan. Cara ini dinilai sangat efektif dalam membangun kepercayaan calon pembeli terhadap produk dan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Informasi tersebut akan menciptakan engagement serta membuat pembeli merasa puas dengan produk atau jasa yang dibeli konsumen.
Penerapan Digital Marketing
Cara kerja digital marketing cukup bervariasi namun sebenarnya tujuan akhirnya adalah sama, yaitu aktifitas marketing yang bertujuan meningkatkan penjualan. Digital marketing adalah teknik atau alat yang digunakan untuk menjalankan pemasaran bisnis dan usaha, dan bukan sebuah bisnis yang bisa menghasilkan uang. Sedangkan cara kerja penerapannya untuk bisnis adalah sebagai berikut:
1. Mengenali Jenis Bisnis dan Usaha
Harusnya hal ini sudah cukup mudah, sebagai pelaku dan pemilik usaha harus sudah paham jenis bisnisnya apa, misalnya jenis jasa atau produk, jenis kebutuhan sehari-hari(primer) kebutuhan sekunder, tersier, atau prestise
2. Memahami Segmen Market
Tidak semua orang akan membeli produk anda, ada orang-orang tertentu yang akan membeli produk yang kita jual. Setiap produk punya segmen market sendiri-sendiri. Dengan mengetahui target market selanjutnya kita bisa lebih tepat memilih media digital marketing yang paling tepat digunakan.
3. Memilih Media Digital Marketing
4. Membuat Funneling dari Traffic hingga Sales
Urutan funneling dari menggunakan digital marketing adalah:
a. Mengumpulkan visitor (traffic market customer) dari media digital
b. Bagaimana cara membuat visitor tertarik
c. Visitor menghubungi contact
d. Terjadi sales penjualan (goal).
Peran customer service sangat penting untuk bisa terjadi sales order atau penjualan, peran digital marketing berhenti sampai pada customer menghubungi customer service.
5. Membuat Ikatan Rantai Digital
Setelah bisa menentukan media digital marketing yang tepat, maka ada baiknya juga mengikatkan satu media dengan media digital yang lainnya yang saling berhubungan. Hal ini agar memberikan kemudahan kepada konsumen. Karena biasanya media digital akan saling melengkapi satu sama lain dan bisabmendatangkan traffic, tetapi jangan salah langkah, pilih terlebih dulu media yang paling tepat.
6. Mengelola Iklan Digital
Iklan menggunakan anggaran adalah langkah terakhir ketika kita sudah benar-benar maksimal dengan kelima langkah diatas. Fakta 90% pengiklan gagal karena tidak menerapkan step by step cara kerja digital marketing yang benar. Iklan ada Google Ads, Fb Ads, Ig Ads, dan Endorse. Kita usahakan jangan sampai buang-buang anggaran jika belum yakin sudah melukakan kelima hal ditas 100% anda pahami dan jalankan.
Sampai disini dulu artikel dari Admin Erika..!!.. Jangan sampai bosan baca artikel dari admin Erika

Tunggu postingan artikel berikutnya, see you

Diubah oleh erikadiah 27-05-2022 08:58
0
380
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan