Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rendhitya17Avatar border
TS
rendhitya17
Perhatikan Makanan ini Agar Puasa Jadi Anti Haus !
Memasuki bulan Ramadhan umat islam menjalankan kewajiban untuk berpuasa dari fajar hingga magrib. Bagi sebagian orang menahan lapar bukan masalah besar, tetapi menahan haus saat puasa merupakan tantangan tersendiri.

Agar puasa tetap berjalan lancar kamu perlu untuk mengetahui beberapa hal supaya puasa menjadi tidak mudah haus dan dehidrasi. Daripada penasaran langsung aja simak tips berikut ini.


Tips Puasa Anti Haus, Hindari Makanan Berikut

Hal yang perlu kalian perhatikan supaya terhindar dari dehidrasi dan rasa kehausan saat puasa adalah menentukan makanan dan minuman yang tepat saat berbuka. Selain itu, asupan tubuh harian juga harus terpenuhi secara maksimal. Apa saja yang harus kamu lakukan saat berbuka dan sahur ?


1. Menghindari makanan mengandung garam tinggi


Quote:



Konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi dapat menyebabkan kamu mudah haus berpuasa. Kandungan natrium tinggi dapat mempengaruhi keseimbangan cairan dalam tubuh akibat garam menyerap air dalam tubuh. Sehingga sel tubuh mengirimkan pesan kepada otak bahwa tubuh kekurangan cairan.


2. Mengurangi Konsumsi Kafein


Quote:


Buat agan semua yang doyan ngopi dan teh. Minuman berkafein harus dihindari terlebih dahulu saat berpuasa karena memiliki sifat diuretik pada tubuh. Kondisi ini dapat mengurangi kandungan air dan senyawa lain pada tubuh dengan cara dibuang melalui urin.Oleh karena itu, tubuh jadi membutuhkan asupan air sebagai pengganti cairan yang hilang. Efeknya kamu menjadi mudah haus.

3.Makan Kandungan Gula Tinggi 


Quote:



Berbuka disarankan dengan makanan yang manis agar dapat mengganti energi yang telah hilang selama puasa. Namun konsumsi gula berlebih tidak baik saat berbuka maupun sahur karena dapat menyebabkan meningkatnya kandungan gula darah.

Dalam mengatasi hal tersebut, tubuh mengatasi hal tersebut dengan mengeluarkannya melalui urin. Sehingga tubuh menjadi mudah untuk dehidrasi. Semakin banyak kamu mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula semakin banyak tubuh membutuhkan air untuk menyeimbangkan tubuh. 


4. Makanan Pedas


Quote:



Pecinta pedas wajib tahan dahulu selama ramadhan. Dibalik nikmatnya makanan pedas terdapat potensi resiko terjadinya peradangan pada ginjal yang menyebabkan proses urinasi menjadi lebih sering. 

Belum lagi apabila terjadi infeksi pada saluran pencernaan dimana usus akan bekerja tidak optimal. Sehingga makanan dan minuman tidak dapat diserap secara maksimal yang membuat tubuh kekurangan cairan hingga dehidrasi. 


Setelah kamu telah menerapkan beberapa tips di atas. Jangan lupa untuk konsumsi air sesuai dengan kebutuhan harianagar tubuh terhidrasi dengan baik. Yuk silahkan dicoba agar puasamu jadi makin lancar. 



vrikodara
Okutet
Okutet dan vrikodara memberi reputasi
2
1.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan