c.inspiratifAvatar border
TS
c.inspiratif
Sisi Gelap di Balik Bintang Berkelip
Gan, pernah ga lo berpikir kalo ada sisi gelap di balik keindahan bintang berkelip yang kita liat di malam hari? Kalo iya, berarti lo ga sendiri gan. Ternyata, sisi gelap itu adalah kematian bintang yang bisa berujung pada hari kiamat di planet yang terdekat. Serem banget kan gan?




Jadi begini, bintang itu adalah bola gas yang sangat besar dan panas. Mereka terbentuk dari awan gas dan debu di ruang angkasa yang mengalami gravitasi yang kuat, sehingga menyebabkan gas dan debu terkompresi hingga suhu dan tekanan yang sangat tinggi. Ketika suhu dan tekanan mencapai titik tertentu, reaksi nuklir terjadi di inti bintang dan menghasilkan cahaya dan panas yang luar biasa. Nah, keindahan bintang berkelip itu sendiri adalah cahaya dari reaksi nuklir yang terjadi di dalamnya.

Tapi, ada satu hal yang menyeramkan dari kehidupan bintang, yaitu bintang tersebut pasti akan mati di suatu saat nanti. Saat bintang sudah melewati usia muda dan energi intinya mulai menipis, reaksi nuklir akan mulai melambat dan bintang akan mengalami kontraksi. Hal ini menyebabkan bintang memuai hingga ukurannya menjadi lebih besar dari matahari. Saat itu terjadi, bintang tersebut akan menjadi supernova dan melepaskan energi yang sangat besar. Ada beberapa jenis supernova, salah satunya adalah tipe II, yang menghasilkan ledakan yang begitu besar sehingga bisa mengeluarkan lebih banyak energi daripada semua bintang di galaksi kita digabungkan.

Nah, kalau ada planet yang berada di dekat bintang tersebut, pasti akan menjadi sangat mengerikan gan. Bayangin aja, planet yang tadinya bisa jadi tempat tinggal bagi kehidupan, seketika hancur karena ledakan yang begitu besar. Semua kehidupan di planet itu akan musnah dalam sekejap, dan hanya akan tersisa puing-puing. Jadi, kalo ada manusia yang tinggal di planet itu, itu sama aja kayak hari kiamat deh gan.

Sementara itu, kita manusia aja kayaknya udah terlalu biasa dengan bintang berkelip. Kita bahkan sering liat bintang tanpa sadar saat kita lagi jalan-jalan di malam hari. Kita nggak terlalu mikirin sisi gelap dari kehidupan bintang. Padahal, sebenernya bintang itu sangat menyeramkan dan bisa berujung pada kehancuran.

Tapi, kita juga harus ingat bahwa sisi gelap itu nggak melulu tentang kehancuran. Ada banyak sekali hal-hal menarik yang bisa kita pelajari tentang bintang. Misalnya, kalo kita baca tentang astronomi, kita bisa belajar tentang cara bintang terbentuk dan bagaimana mereka menghasilkan energi. Kita juga bisa belajar tentang bagaimana bintang bergerak dan berinteraksi satu sama lain



Terimakasih


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Sumber gambar: Giphy


Lisensi gambar: GIPHY Terms of Service

Tulisan pribadi


Jika agan suka dengan Thread ini, agan bisa klik tombol cendol, tapi kalo agan mau thread seperti ini lagi yang terbaru, agan bisaa follow saya


okeni
okeni memberi reputasi
1
43.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan