KokonataAvatar border
TS
Kokonata
Uang Jajan Anak SD Sampai Jutaan Mengalahkan UMR, Berapa Nominal Seharusnya?

Tiga anak SD di kisaran usia 10-12 tahun menyebutkan uang jajan mereka selama satu minggu. Satu anak laki-laki menyebut angka Rp 1 juta. Anak perempuan mengatakan uang jajannya Rp 1,5 juta per minggu. Anak laki-laki yang lebih kecil mengungkapkan uang jajannya Rp500.000 tiap minggu. Wah, apabila kita akumulasikan uang jajan anak SD itu Rp 2 juta – Rp 6 juta. Setara dengan Upah Minimum Provinsi DKI Jakarta tahun 2023 yang sebesar Rp4,9 juta ya.  
 

Warganet Kaget
 
Nilai uang jajan 3 anak tersebut merupakan konten dari akun TikTok @biti.indonesia publikasi (26/2/2023). Konten uang jajan itu cukup viral. Warganet sudah menyaksikannya sebanyak 5,4 juta kali. Bagaimana mungkin anak-anak mendapat uang jajan sebanyak itu dari orang tuanya?
 
Sayangnya,  konten tersebut tidak menjelaskan lokasi anak-anak yang berpartisipasi. Mereka hanya terlihat mengenakan seragam putih-putih. Atribut seragamnya khas sekolah-sekolah swasta. Meskipun tidak jelas identitas anak dan lokasi, nominal uang jajan itu tetap menarik perhatian warganet.
 
Sebagian warganet membandingkan uang jajan anak-anak itu dengan gaji mereka yang tidak seberapa. Ada pula ibu-ibu yang mengatakan uang belanjanya kalah dengan uang jajan anak-anak itu. Beberapa warganet juga merasa kerja keras dan keringatnya bekerja tidak seberapa hasilnya dibandingkan uang jajan anak-anak SD itu.
 

Padahal kita tidak tahu fakta sebenarnya. Apakah anak-anak itu asal sebut dan ngomong saja atau memang benar uang jajan mereka mencapai jutaan. Lebih bijak jika memposisikan ucapan anak-anak itu sebagai hiburan saja. Tidak perlu dipercaya sepenuhnya daripada bikin Agan Sista yang gajinya habis buat bayar cicilan tambah merana.
 
Standar Uang Jajan Anak
 
Tiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda. Anak sekolah yang pergi-pulang dengan mobil langganan, bawa bekal uantuk snackdan makan siang mungkin tidak perlu uang jajan lagi. Uang jajan cuma untuk jaga-jaga jika ada kebutuhan mendadak saja. Anak yang pergi dan pulang sendiri dengan angkutan umum atau ojek dan perlu cemilan saat jam istirahat dan makan siang di kantin tentu perlu membawa uang cukup banyak. Uang jajan tiap anak tidak bisa disamakan satu sama lainnya.
 

Anak SD pada umumnya, pergi dan pulangnya sudah terjamin. Pihak keluarga atau kenalan yang dipercaya melakukan antar-jemput. Makan siang pun pakai jasa catering, bekal atau tersedia di sekolah (masuk dalam SPP). Hanya butuh uang untuk sekadar beli cemilan saat jam istirahat. Anak-anak seperti itu biasanya mendapat uang jajan di kisaran Rp10.000.
 
Anak-anak yang mendapat uang jajan sampai Rp 1 juta seminggu, mungkin kebutuhan hariannya juga besar. Pergi dan pulang menggunakan taksi, jajan di minimarket dan makan siang dengan menu ala-ala restoran waralaba. Kalah, ya para karyawan swasta yang tiap harinya harus berhemat.
 
Konten video pendek semacam TikTok seringkali berlebihan. Just for funintinya. Kalau tidak begitu, mana mau warganet kasih perhatian. Jadi uang jajan anak yang sampai Rp 1,5 juta seminggu itu anggap saja semacam impian anak-anak SD zaman now yang sehari-hari konsumsi hiburan dari dunia maya.         

Sumber  12
Ilustrasi foto dari Canva
screamo37
jlee101
Dheaafifah
Dheaafifah dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.1K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan