roberthwAvatar border
TS
roberthw
Modus Penipuan Baru, Rekaman Operator Telkomsel Ancam Blokir Nomor!


WASPADA, MODUS PENIPUAN BARU!

Baru saja pagi tadi tanggal 16 Maret 2023, jam 09.30, ada panggilan masuk ke HP ane dari nomor:

085757926728

Nomor ini gak tercatat di phone book HP ane, jadi ane kira awalnya mungkin klien baru atau marketing kartu kredit. Ya ane angkat saja sambil spontan mengucap "Halo?"

Di luar dugaan, malah yang kedengeran suara rekaman mesin operator yang kurleb bunyinya begini: "Pelanggan yang terhormat, kami dari Telkomsel akan memblokir nomor Anda, silahkan tekan 1 untuk... (lupa ane untuk apa)".

Ane langsung kaget dan ngeblank, denger kata "nomor HP mau diblokir", dan sempet langsung refleks mau pencet angka 1, tapi... tiba-tiba ane jadi mikir.

No HP ane kan pake kartu Mentari kok bisa-bisanya dibilang Telkomsel?

Ane perhatiin ini nomor peneleponnya juga nomor HP biasa (bukan nomor korporasi), udah gitu 0857 kan nomor IM3, gak ada hubungannya sama Telkomsel.

Ane penasaran, geletakin HP trus ane loudspeaker. Ternyata suara rekamannya itu ngulang terus-menerus dan akhirnya dimatiin.

Ane sih gak tergoda buat nelpon balik atau berandai2 bila nekan angka 1 karena ane ingat pernah ada berita penipuan begini:

https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...raib-dari-bank

Ngeri sih, katanya cuma terima telepon 14 detik dan duit di rekeningnya langsung amblas, padahal gak ngasih kode PIN atau OTP sama sekali.

Mudah2an ini bisa menjadi peringatan dan pengetahuan bagi agan-agan sekalian agar jangan lengah, tetap waspada dengan segala bentuk upaya penipuan di luar sana.



Diubah oleh roberthw 16-03-2023 11:32
anjartriwibowo
bukhorigan
bukhorigan dan anjartriwibowo memberi reputasi
2
2.1K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan