gta007Avatar border
TS
gta007
Mencoba Identitas Digital

Setelah kembali ke kampung ane memutuskan untuk pindah juga alamat ane, alias KTP dan KK nya diubah. Selama dikota ane mengukuti perkembangan berita dan pas itu ane nemu artikel tentang akan digunakannya IKD/Identitas Kependudukan Digital, yaitu KTP yang ada di smartphone.Sebenernya bukan cuma ktp aja tapi dokumen lain seperti bpjs juga ada disana. Hal ini dibuat karena katanya sihh  bisa menghemat anggaran negara sampai 5 Triliun rupiah emoticon-Wow

Kembali ke topik. Setelah ane sampai kampung dan mengurus dokumennya dikelurahan, ane diminta ke dukcapil untuk proses selanjutnya. Ini beda banget si sama proses pemindahan ane dari kampung ke kota  dulu cukup di kelurahan saja sudah selesai. Tapi ya sudah lah beda tempat mungkin beda peraturannya. 

Sayangnya saat itu jaringannya error jadi ane tidak bisa langsung dapat ktp nya baik yang e-ktp maupun yang ktp digital. Barulah ane kemarin kembali ke dukcapil untuk mengambil ektp dan coba membuat ktp digital. Pas datang nomor antrian ane masih jauh, bosan nunggu ane pun nyoba bikin ktp digital dahulu. 

Pertama ane isi data seperti nik,nomor hp,dan email lanjut dengan foto selfie. Kemudian scan qr code di layar komputer petugas nya. Setelah itu masukkan  OTP di email yang kita registrasikan tadi. Langkah paling akhir adalah membuat pin untuk ktp digitalnya. Dan proses pun selesai, jadi saat ini ane punya 2 ktp. ektp dan ktp digital.

Sebenarnya prosesnya ada beberapa step yang ane lupa karena petugasnya yang mengaktivasi dengan pinjam smartphone ane. Tapi langkah yang paling penting yang kita lakukan adalah registrasi dengan memasukkan NIK,nomor hp, dan email.

Sampai rumah ane pun mencoba coba lagi ktp digital itu, buka aplikasinya dan masukkan 6 pin yang tadi dibuat. Dan buat ane masih ada beberapa bug yang harus diperbaiki atau mungkin memang menunya yang masih kurang. Pada ktp digital ini tidak hanya membuat ktp kita sendiri tapi juga keluarga yang masih dalam satu KK. Tidak hanya itu dokumen lain seperti  tanda tangan elektronik,pelayanan(ini yang error)  dan pemantauan layanan. 

Meski belum diwajibkan ane sih penasaran aja pengen nyobaemoticon-Ultah

gambar:sumber


0
1.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan