Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Proyek Kereta Cepat Jakarta- Bandung Hampir Rampung, Kereta Tercepat Pertama di
Proyek Kereta Cepat Jakarta- Bandung Hampir Rampung, Kereta Tercepat Pertama di
judul asli : Proyek Kereta Cepat Jakarta- Bandung Hampir Rampung, Kereta Tercepat Pertama di Asia Tenggara 360 Km/H

JAKARTA, DISWAY.ID – Pembanggunan proyek kereta cepat Jakarta – Bandung hampir rampung dan menurut Menhub pada Juli beroperasi secara komersial.

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan menjelaskan jika pembanggunan proyek kereta cepat Jakarta – Bandung akan terus dikawal oleh pemerintah di mana pada hingga Januari lalu pembanggunan konstruksi telah mencapai 84 persen.

Menurut Budi pembanggunanan proyek kereta cepat Jakarta – Bandung selain dapat meningkatkan daya saing bangsa juga diharapkan bisa mengurangi kerugian yang ditimbulkan akibat kemacetan.

Budi juga menambahka dengan rampungnya proyek kereta cepat Jakarta – Bandung nantinya Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kereta berkecepatan hingga 360 km/jam.

Dalam mendukung operasional kereta cepat Jakarta – Bandung, pemerintah telah mempersiapkan operasional KCJB dengan menggandeng dua perusahaan konsultan asal Inggris yaitu The Crossrail International dan PT Mott Macdonald Indonesia.

Adapun pembanggunanan proyek kereta cepat Jakarta – Bandung saat dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan seperti track laying, sistem listrik aliran atas, dan penyiapan akses dan integrasi antar moda, agar semakin memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya.

Sedangkan dalam memastikan keamanan serta keselamatan masyarakat pengguna KCJB PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) berkolaborasi dengan Komisi Keselamatan Jalan Terowongan dan Jembatan (KKJTJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kerjasama ini untuk mengujian rancang bangunan dan pengujian keamanan serta kelayakan jembatan serta terowongan yang ada pada jalur Kereta Api Cepat Jakarta Bandung. 

KKJTJ akan melakukan pengujian kamanan dan kelayakan untuk memastikan bahwa bangunan tersebut sesuai dengan rancangan bangunan yang telah diuji sebelumnya.

Dalam pembuatan terowongan sepanjang 1.885 meter pihak KCJB menggunakan Tunnel Boring Machine (TBM) dengan diameter 6,64 meter dan panjang 90 meter.

TBM ini akan membuat terowongan melintang di bawah jalan Tol Cikampek (KM 3+600 sampai dengan KM 5+800) yang melewati bagian tengah jalan dan overpass jalan arteri Jatiwaringin.

Sedangkan terowongan pertama dari 13 terowongan KCJB yang berhasil diselesaikan sebelumnya adalah Tunnel Walini sepanjang 608 meter dengan lebar diameter dalam mencapai 12.6 meter dan lebar diameter luar mencapai 14.3 meter. 

Terowongan yang berlokasi di Kecamatan Cikalongwetan, Bandung Barat ini memiliki wesel di dalamnya serta 2 jalur kereta cepat dengan posisi DK95+472 pada inlet dan DK96+080 pada outlet di mana terowongan ini terhubung langsung dengan Stasiun Walini.


Terintegrasi Dengan Kereta Dalam Kota

Kereta cepat Jakarta-Bandung nantinya akan beroperasi di dua stasiun di antaranya stasiun Halim untuk keberangkatan dan ketangan dari Jakarta serta stasiun Padalarang untuk kedatagan dan keberangkatan dari Bandung.

Sedangkan untuk akses ke stasiun kereta cepat Jakarta -  Bandung masyarakat dapat dengan menggunakan LRT Jabodebek maupun LRT Bandung Raya.

Joni Martinus selaku VP Public Relations KAI menjelaskan dengan menggunakan LRT Jabodebek ini akan mempermudah konektivitas masyarakat untuk menuju stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung serta terbebeas dari kemacetan.

Hanya diperlukan waktu 20 menit untuk perjalanan ke Stasiun LRT Jabodebek Halim dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas.


“Setelah sampai di Stasiun LRT Jabodebek Halim, penumpang dapat berpindah ke KCJB Halim karena dua layanan kereta ini telah terintegrasi pada lokasi yang sama,” tambah Joni 

Selain itu nantinya LRT Jabodebek pada rute Dukuh Atas - Halim pada jam sibuk akan tersedia setiap 8 menit sekali sehingga penumpang tidak akan menunggu lama untuk melakukan perjalanan.

Joni juga menjelasakan bahwa LRT Jabodebek Dukuh Atas – Halim tidak hanya dapat dinaikin dari Stasiun Dukuh Atas namu juga dapat dinakin melalui Stasiun Sudirman dan Cawang yang juga dilewati oleh LRT tersebut.


Kereta cepat Jakarta – Bandung akan berjalan dengan kecepatan hingga 350 km/jam dan hanya membutuhkan waktu 36 menit saja.

Sedangkan kapasitas angkut kereta diperkirakan sekitar 109.000 orang per hari di mana setiap hari akan ada 100 kereta yang akan beroperasi mulai dari jam 05.00-22.00 WIB 

Tak hanya fokus pada pelayanan penumpang, namun pemerintah juga mempersiapkan depo Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Pembanggunan fasilitas perawatan kereta cepat Jakarta Bandung ini di banggun di kawasan Tegalluar, Bandung.

Chandra Dwiputra selaku Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) depo tersebut dibangun di tanah seluas 85,44 hektare serta dilengkapi dengan 8 jalur untuk menampung 11 trainset.

“Setiap trainset terdiri dari 8 gerbong. Nantinya 2 dari 11 trainset ini akan menjadi kereta cadangan dan pengganti saat kereta utama sedang menjalani perawatan,” terang Chandra.

Chandra menjelasakn jika KCJB yang digunakan menggunakan teknologi CR400AF yang merupakan kereta cepat dengan teknologi terbaru yang dikembangkan oleh perusahaan produsen kereta cepat asal China, CRCC Qingdao Sifang.


Perawatan reguler pada kereta cepat CR400AF akan dilakukan tiap 2 hari sekali setelah jam operasional usai.

Nantinya dalam perawatan akan meliputi penggantian spare part dan pengecekan ultrasonic untuk mendeteksi keretakan pada poros kereta.

Hal tersebut untuk memastikan mahwa moda transportasi massal tercepat di Indonesia aman dalam beroperasi.

Manurut Chandra, ke depannya Depo Tegalluar akan dikembangkan untuk melayani perawatan yang lebih kompleks, seperti perawatan kereta setelah mencapai jarak tempuh lebih dari 3 juta km atau setara dengan waktu 5 tahun.


“Depo kereta cepat diperkirakan dapat mengakomodir perawatan seluruh unit kereta, paling tidak 2.400 kali dalam setahun,” tutupnya.

sumber



akhirnya rampung juga gan apa yang dinanti-nanti masyarakat. warga bisa pulang-pergi jakarta bandung lebih dari 10x sehari saking cepatnya. 
Diubah oleh kushkoos 20-03-2023 06:52
nomorelies
valkyr1
scorpiolama
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan