mobilman.idAvatar border
TS
mobilman.id
Toyota Agya Baru Harganya Naik Ternyata Gara-Gara Ini Gan

Toyota resmi mengumumkan harga All New Agya 2023 yang kini tersedia mulai Rp167,9 juta hingga Rp191,4 juta untuk varian standar. Sedangkan versi GR Sport dipasarkan Rp237,5 juta hingga Rp256 juta.

Harganya naik dari sebelumnya yang semua varian LCGC dibanderol Rp159,7 juta menjadi Rp181,5 juta.

“Hari ini Agya sudah resmi kami luncurkan di seluruh jaringan penjualan Toyota di Indonesia,” kata Anton Jimmy, Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM) pada acara Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) di Senayan, Jakarta, Jumat (10/3/2023).


Pengenalan Agya terbaru sudah dilakukan sejak Februari 2023. Berbeda dengan generasi lama, Agya baru hadir dalam dua versi: standar (LCGC) dan non-LCGC (GR Sport).

Mobil ini telah mengalami beberapa perubahan dari generasi sebelumnya, salah satunya penggunaan platform baru. Lebih lanjut, Agya 2023 telah dilengkapi dengan platform baru yang diklaim dapat mempengaruhi kemampuan kendaraan seperti handling dan efisiensi bahan bakar.

New Toyota Agya dibekali mesin WA-VE 1.200 cc 3 silinder VVT-i. Toyota mengklaim mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 86 tenaga kuda dengan torsi puncak 113 Nm yang disalurkan melalui transmisi CVT.

Apalagi Agya LCGC 2023 juga dikemas dengan berbagai fitur, antara lain Pre-Collision Control, Lane Departure Warning, dan Blind Spot Monitoring.

Daftar harga All New Agya 2023:

Kategori LCGC

Agya 1.2 E MT Rp167,9 juta.
Agya 1.2 G MT Rp175,4 juta.
Agya 1.2 G CVT Rp191,4 juta.

GR Sport (tidak masuk LCGC)

Agya 1.2 GR Sport MT one tone Rp237,5 juta.
Agya 1.2 GR Sport CVT one tone Rp253,5 juta.
Agya 1.2 GR Sport MT two tone Rp240 juta.
Agya 1.2 GR Sport CVT two tone Rp256 juta.

Harga New Agya Naik Karena Inflasi
Seperti diketahui, ada penyesuaian harga sebesar 5 persen terhadap model LCGC yang dijual. Kenaikan ini diterapkan pada harga referensi sebagai respons terhadap kenaikan harga bahan baku, produksi, dan inflasi.

“Sudah ada kenaikan dan sudah disesuaikan, dan saya juga sudah lapor ke Pak Menko Perekonomian (Airlangga Hartarto) harganya masih bersaing. Harganya mulai dari Rp 160 jutaan, jadi tidak seperti rumor di luar. itu Rp 200 juta,” kata Anton.

Perlu diketahui, All New Agya kini terbagi menjadi lima varian, dengan tiga varian LCGC dan dua varian city car, semuanya ditenagai mesin 1.200 cc. Anton mengatakan, persentase kenaikan tiap varian bisa berbeda.

KUMPULAN IKLAN MOBIL BEKAS DI MOBILMAN.ID:


TOYOTA AGYA

HONDA CR-V

MAZDA CX-5

Namun dengan berbagai penyempurnaan pada model baru ini, nilai yang diberikan jauh melebihi kenaikan harga.

“Jadi begini yang dikoreksi sama pemerintah adalah batas atas celling price,” ujar Anton.

“Jadi dengan ada produk baru ini dengan banyak perubahan mulai dari platfrom, mesin dan transmisi sebenarnya kita menaikkan harga ini masih di bawah batas atas,” kata Anton.

“Jadi kami menghargai pemerintah memberikan keleluasaan menaikkan harga tapi tidak serta merta kita menaikkan harga sekadar mencari untung. Tapi melihat dari sisi kebutuhan pasar dan konsumen Indonesia juga,” pungkasnya.

Spesifikasi All New Agya
Sedikit membahas spesifikasi singkatnya. Agya dan Agya GR Sport menggunakan platform baru menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Dimensinya lebih besar dengan panjang wheelbase 2.525 mm (+70 mm), total panjang 3.760 mm, dan tinggi 1.505 mm (-15 mm) dibandingkan model sebelumnya.

Alhasil, mobil ini diklaim 15 persen lebih stabil, dengan peningkatan sudut body roll 30 persen, respon kemudi 50 persen, dan sudut kemudi 45 persen berkurang.

Platform baru menyediakan ruang untuk penggunaan mesin baru. Agya dan Agya GR Sport mengadopsi mesin baru 1.200 cc 3 silinder Dual VVT-i dengan tenaga 88 PS dan torsi 113 Nm.

Pengembangan ini meningkatkan putaran mesin rendah dan memberikan kelincahan daya yang lebih baik. Namun tetap hemat bahan bakar dengan konsumsi bahan bakar rata-rata di atas 21 km per liter.

City Car entry-level Toyota ini juga mengadopsi transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio, mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linier.

Selain itu, transmisi CVT dilengkapi dengan teknologi Active D Control yang bekerja lebih senyap dalam kondisi normal, menjaga efisiensi bahan bakar namun tetap memberikan akselerasi instan.


LINK ARTIKEL ASLINYA GAN
jlamp
koi7
koi7 dan jlamp memberi reputasi
2
3.5K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan