masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Marak Turis Bikin Onar Lakukan Aksi Bahaya, Apa yang Harus Dilakukan Oleh Pemerintah?
Banyak turis melanggar aturan dan membuat kerusakan, apakah pemerintah hanya akan diam saja?


Indonesia adalah negara yang kaya, bukan hanya kaya akan sumber daya alam melainkan juga kaya akan tempat-tempat indah memesona yang membuat banyak orang dari luar negeri ingin datang berkunjung dan mengeksplor tempat-tempat wisata di negara tercinta ini.

Banyaknya turis dan pelancong yang datang sebenarnya menjadi berkah bagi masyarakat Indonesia terkhusus untuk para UMKM dan juga memberikan pemasukan bagi negara melalui pariwisata.

Namun, tentu semakin banyaknya turis yang datang tentu tanggung jawab masyarakat dan juga pemerintah semakin besar, karena banyak hal yang harus diperhatikan termasuk dengan kelestarian alam, lingkungan, bahkan juga norma-norma serta aturan yang tetap harus diikuti meskipun oleh turis dan wisatawan itu sendiri.




Belakangan ini di media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya beberapa video turis asing melakukan aksi-aksi nekat, berbahaya, bahkan juga melecehkan beberapa tempat wisata yang ada di Indonesia.

Mulai dari aksi pelecehan tempat ibadah di Bali oleh pasangan turis asing, aksi bermotor ugal-ugalan di jalan raya, bahkan juga beredar sebuah video aksi berbahaya yang dilakukan oleh sekelompok turis asal Rusia yang menghidupkan bom asap warna-warni di atas Kawah Ijen yang bisa berakibat mengganggu kawasan konservasi.

Viralnya video tersebut mengundang sorotan warganet untuk memberikan komentar tanggapan, mempertanyakan peran pemerintah yang menarik wisatawan sebanyak mungkin untuk masuk ke Indonesia dan menambah pemasukan negara.

Lalu apa sebenarnya yang harus dilakukan oleh pemerintah di dalam kondisi yang seperti ini?
Berikut ini beberapa diantaranya.




1. Memberikan Pengawasan

Memberikan pengawasan terhadap apa yang dilakukan oleh para turis, tentu ini sangat penting untuk dilakukan baik oleh masyarakat maupun pemerintah secara langsung.

Banyaknya turis yang membuat keonaran dan melakukan aksi bahaya bisa berdampak buruk bukan hanya bagi tempat-tempat wisata melainkan juga masyarakat serta makhluk hidup lain yang ada di tempat dimana para turis membuat keonaran.

2. Memberikan Penjelasan dan Sosialisasi

Melakukan aksi-aksi bahaya di tempat-tempat wisata oleh para turis asing disini bisa atas beberapa kemungkinan GanSis. Bisa karena memang mereka tidak paham aturan bahwa apa yang mereka lakukan tersebut berbahaya, atau memang sengaja melakukan meskipun mereka tahu dan paham bahwa itu berbahaya.

Memberikan penjelasan akan aturan-aturan dengan melakukan sosialisasi entah itu dilakukan oleh pemandu turis atau memang ada petugas lain, ini sangat perlu untuk dilakukan. Jangan sampai kita semua menyesal karena tidak memperingatkan mereka sampai akhirnya nanti ada korban entah itu kerusakan atau kecelakaan.

3. Memberikan Sanksi Tegas

Sanski tegas seharusnya bukan hanya diperuntukkan bagi masyarakat saja, melainkan juga diberikan kepada para turis yang melakukan kerusakan dan juga membuat keonaran di tempat wisata.

Sanksi ini diberikan untuk menertibkan, agar tidak ada pemikiran dari turis asing yang menganggap bahwa negara Indonesia itu bebas sebebas-bebasnya bahkan untuk melakukan aksi-aksi berbahaya dan tidak masuk akal.

Mungkin beberapa hal di atas bisa untuk mulai diterapkan oleh pemerintah. Melihat memang belakangan ini banyak sekali para turis yang membuat keonaran dan juga melakukan aksi nekat yang membahayakan.

Jangan sampai pemerintah menyesal memberikan kebebasan kepada para turis untuk datang ke Indonesia, karena memang Indonesia adalah negara yang memiliki aturan yang harus diikuti oleh semua orang entah itu masyarakat lokal maupun pelancong.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
maszeh.
abunabil19
screamo37
screamo37 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
7.2K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan