dharma8888Avatar border
TS
dharma8888
Viral Foto Mesum Pemuka Agama Hindu Berujung Pengunduran Diri
Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Buleleng mengkonfirmasi pengunduran diri sulinggih atau pendeta suci umat Hindu asal Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali. Sulinggih tersebut mengundurkan diri setelah viral foto mesum dengan perempuan yang diduga selingkuhannya.

"Sulinggih yang bersangkutan ngelukar gelung (melepas gelar kesulinggihannya). Berarti, sudah diberi sanksi oleh Nabe (guru spiritual utama) yang bersangkutan," kata Ketua PHDI Buleleng I Gde Made Metera, Senin (27/2/2023).

Sulinggih tersebut juga diketahui tidak terdaftar di PHDI Buleleng. Sebab, prosesi diksa dwijati (pengukuhan) sulinggih tidak dilakukan melalui PHDI.

Metera berharap insiden foto mesum menyeret nama sulinggih tidak terulang. "Sulinggih ini kami sucikan. Kami hormati. Dari beliau kami mengharapkan tuntunan. Mari jaga kesucian sulinggih," harapnya.

Foto asusila sulinggih diduga dengan selingkuhan itu menggegerkan warga Bali. Foto laki-laki berambut prucut memeluk perempuan dari belakang itu, viral dan dibagikan berkali-kali di media sosial dan aplikasi perpesanan.

PHDI Bali sempat meragukan sosok dalam foto tersebut seorang sulinggih. Namun belakangan, setelah ditelusuri, PHDI Bali membenarkan sulinggih yang beradegan mesum itu berasal dari Kecamatan Banjar

"Awalnya ragu sama foto-foto itu dan dari mana sulinggih tersebut. Tapi, akhirnya terkuak," terang Ketua PHDI Bali Nyoman Kenak, Minggu (26/2/2023).

Meski sulinggih tersebut tidak terdaftar di PHDI, Kenak enggan menyimpulkan sulinggih tersebut abal-abal. "Terlepas dari itu, yang pasti kami sebagai lembaga sangat kecewa," tegasnya.

Menurutnya, foto sulinggih mesum itu telah mencoreng citra sulinggih. Sehingga kasus itu akan dibahas dalam forum-forum penting PHDI, seperti dharma upapati dan pesamuan agung.

"Yang pasti harus ada tindakan dari lembaga PHDI. Karena ini sangat mencoreng lembaga kami, status sulinggih, dan lembaga sebagai sang satyabudi atau penatahan upadesa," pungkasnya.

Baca artikel detikbali, "Viral Foto Mesum Pemuka Agama Hindu Berujung Pengunduran Diri" selengkapnya https://www.detik.com/bali/berita/d-...gunduran-diri.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
aldonistic
xxxbaikkuda
jiresh
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.5K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan