perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Kemenkeu Akan Periksa 69 PNS Terkait Asal Usul Harta yang Tak Jelas


Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) segara memanggil dan memeriksa 69 pegawai yang asal-usul harta kekayaannya masih belum jelas.
Inspektur Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh mengatakan berdasarkan hasil analitik, pihaknya melakukan cek formal juga material terkait anomali harta kekayaan pegawai internal.

Setelah ditemukan ketidakwajaran, Awan menyebut pihaknya mengecek lagi, mulai dari harta yang tidak dilaporkan hingga transaksi mencurigakan.

Lihat Juga :
Bos Bea Cukai DIY Eko Darmanto Tak Laporkan Kepemilikan Moge di LHKPN

"Untuk LHK 2019 artinya yang dilaporkan 2020 itu ada 33 pegawai tidak clear. Untuk LHK 2020 atau pelaporan 2021 ada 36 pegawai tidak clear. Total ada 69 pegawai tidak clear. Selanjutnya akan kami panggil, klarifikasi, untuk dilakukan pemeriksaan," kata Awan dalam konferensi pers, Rabu (3/1).

Ia pun mengaku telah mengantongi data-data dari 69 pegawai tersebut. Namun, Awan tidak mau membeberkan nama-namanya.

Ia menambahkan pihaknya akan segara memanggil dan memeriksa lebih lanjut pegawai tersebut.

"69 tidak clear itu akan kita panggil dan itu bagian dari menentukan risiko, panggil klarifikasi, periksa. Daftar kami ada rincian, tapi tidak akan kami buka di sini," ucapnya.



Kasus pejabat Kemenkeu berharta mewah menjadi santapan publik usai terungkapnya harta diduga tak wajar milik Rafael Alun Trisambodo.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun ikut turun tangan. Lembaga tersebut mengakui telah mendapatkan informasi mengenai sejumlah kelompok pejabat di Kementerian Keuangan yang memiliki harta banyak, dan cenderung terhubung antara satu dengan lainnya.

KPK mengistilahkan pejabat-pejabat dengan harta mewah tersebut dalam istilah 'geng'.

"Kita (KPK) juga mendengar ada geng-gengnya seperti ini. Tapi kan kita perlu cari tahu bagaimana polanya," ujar Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan.

Lihat Juga :
Sedang Berkasus, Kemenkeu Tolak Pengunduran Diri Rafael sebagai PNS
"Ini bukan (hal) sederhana. Karena mereka orang keuangan banget. Jadi mereka tahu ke sana-kemarinya. Kita ingin tahu polanya dahulu, baru ke yang lain," imbuh Pahala.

Ia menyebut geng tersebut bukanlah seperti geng anak sekolah. Kendati demikian, Pahala mengakui bahwa ada pola yang tengah mereka telusuri bagaimana pejabat-pejabat tersebut saling terhubung dan meraih penambahan harta.

"Penting untuk cari tahu polanya, seperti PPATK sebut menggunakan perantara, melalui PT, dan sebagainya. Ini yang kami ingin dapatkan polanya," kata Pahala menegaskan.

link

69 gan
odjay05
muhamad.hanif.2
agam69
agam69 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.9K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan