bakpasAvatar border
TS
bakpas
Jokowi Tegur Sri Mulyani Buntut Geger Kasus Pejabat Pajak Rafael Alun


Jakarta, CNN Indonesia -- 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sidang kabinet setelah kasus pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

Jokowi langsung menyinggung Sri Mulyani usai membuka sidang. Ia tak ingin ada program pembangunan yang gagal karena kasus beberapa waktu belakangan.

"Berkaitan dengan rencana kerja pemerintah tahun 2024, saya nanti minta langsung ke Menteri Keuangan untuk menjelaskan secara detail mengenai ini," kata Jokowi pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/3).

"Yang paling penting satu saja, untuk urusan ini jangan sampai ada pembangunan atau program yang tidak terselesaikan di 2024," imbuhnya.

Jokowi pun menyorot pelayanan publik yang buruk. Dia berkata hal itu tak hanya terjadi di otoritas pajak, tetapi juga di aparat penegak hukum.

Ia pun menegur keras para bawahannya soal gaya hedonis pejabat. Jokowi berkata perilaku itu melukai hati rakyat.

"Dari komentar-komentar yang saya baca, baik di lapangan maupun di media sosial, karena peristiwa di pajak dan di bea cukai, saya tahu betul, mengikuti kekecewaan masyarakat terhadap aparat kita," ujarnya.

Jokowi memerintahkan para menteri untuk menertibkan gaya hidup pejabat. Menurutnya, aparatur negara harus melayani dengan baik dan hidup sederhana.

"Supaya ditekankan kepada kita, kepada bawahan kita, jangan pamer kekuasaan, jangan pamer kekayaan, apalagi sampai dipajang-pajang di IG, di media sosial," ucapnya.

Sebelumnya, publik mengkritik gaya hidup mewah pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo. Pegawai Kementerian Keuangan itu memiliki harta Rp56 miliar.

(dhf/isn)

https://www.google.com/amp/s/www.cnn...afael-alun/amp
scorpiolama
nomorelies
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan