asep.slankersAvatar border
TS
asep.slankers
Mengintip Isi Kantong Pengamen Ibukota..
Hampir di setiap sudut kota kita menjumpai pengamen-pengamen berkeliaran. Dengan segala atribut yang ada di berbagai kesempatan yang mungkin bisa menghasilkan uang.

Saya sering mengamati pengamen-pengamen ini dalam setiap kesempatan. Terutama di kota Jakarta dan sekitarnya. Karena gemar berkeliaran kesana-sini dan menurut hasil pengamatan saya penghasilan pengamen dibagi dalam beberapa klasifikasi sebagai berikut

Pengamen Lampu Merah

Hampir di setiap lampu merah kita menemukan pengamen. Biasanya pengamen dilampu merah tidak akan pernah bernyanyi dengan serius. Ada beberapa yang asal gonjreng atau asal kreceknya bunyi, suaranya tak terdengar. Banyak juga yang menggendong bayi atau anak kecil bawa adiknya yang masih balita untuk mendapat belas kasihan dari orang lain. Yang seperti ini seringkali sukses mendapatkan rupiah. Dan juga tentunya banyak pengamen banci di lampu merah, biasanya lucu dan unik yang menjadi nilai jualnya.

Namun bila ditakar penghasilan pengamen dilampu merah tidak terlalu menguntungkan. Dalam sekali lampu merah paling tidak dapat Rp. 1000 , itu pun belum tentu dapat karena mengingat mereka tidak menjual suara dan pengemudi juga takut membuka kaca jendela seiring meningkatnya kejahatan di lampu merah.

Bila dalam satu hari mengambil rata-rata di setiap lampu merah Jakarta, mereka bisa mengamen sebanyak 100 kali, kita ambil kemungkinan terima uang maksimal 50 persen mengingat minat pengemudi yang minim untuk memberi uang, jadi pengahasilan per hari Rp. 50.000 . Menurut seorang pengamen dilampu merah Raden Saleh Jakpus kalau lagi bagus bisa dapat Rp. 50.000 per hari itu sudah sangat bagus.

Pengamen Metromini dan Kopaja

Jika anda sering menggunakan transportasi yang satu ini, dalam 15 menit anda bisa bertemu 2 sampai 3 pengamen. Pengamen disini pun beragam, mulai dari jual lagu, puisi, penyanyi bisu, suling sampai harmonika. Di bis ini kita juga jarang menemukan pengamen dengan talenta mengagumkan, kebanyakan biasa saja malah terkesan ala kadarnya. Hal ini mungkin dikarenakan jarak tempuhnya tidak terlalu jauh. Paling hanya menyanyi satu dua lagu selesai. Belum lagi tak jarang bertemu pengamen yang setengah mabuk atau berlagak seperti preman yang meminta uang dengan sedikit memaksa dan menggunakan ancaman juga makian kalau tidak dikasih. Saya sering kali merasa deg-degan kalau penumpangnya hanya dua tiga orang dan perempuan semua, sepertinya kami akan dimangsa oleh mereka.

Menilik hal-hal tersebut penghasilan mereka pun tidak menggembirakan. Paling bagus Rp. 5000 sekali masuk bis. Lebih sering saya lihat hanya Rp. 2000 atau bahkan tidak dapat sama sekali. Jadi bila mereka sanggup memasuki 100 bis sehari dengan kemungkinan 50 persen dapat uang rata-rata Rp.2000 maka sehari akan dapat Rp. 100.000. Itu adalah hasil maksimal, karena saya pernah mendengar mereka pengamen Metromini 640, mereka senang sekali hari ini bisa dapat Rp. 80.000.

Pengamen Mikrolet

Pengamen Mikrolet tidak jauh berbeda karakternya dengan pengamen Metromini dan Kopaja. Juga lebih mudah memaksa dengan mulut bau alcohol lebih tercium, karena sempitnya ruang. Bila naik Mikrolet 01 (Senen – Kampung Melayu), saya tidak berani duduk di belakang, apalagi kalau tidak penuh. Saya selalu mencari duduk dekat supir. Karena pengamennya senang sekali memaksa dengan tangannya menggoyang-goyang kaki kita, sungguh menakutkan. Dengan cara-cara tersebut malah semakin tidak memperoleh uang. Saya dulu pernah naik Mikrolet 01 ini selama 4 tahun.

Dan bisa saya simpulkan dalam 10 kali saya naik, hanya sekali orang yang ada memberikan uang itupun hanya Rp. 500 , sangat jarang yang memberikan Rp. 1000. Sehingga bila sehari bisa 100 kali mengamen di mikrolet hanya 10 kali dapat uang, jadi hanya Rp. 10.000 sehari. Sangat sedikit.
Pengamen Patas Jarak Jauh dan Jarak Dekat

Untuk Patas, pada umumnya pengamennya lebih niat, walau kadang ada satu dua yang asal dapat belas kasihan, seperti bawa bayi dan menyanyi bisu. Bila saya naik patas terutama Bekasi – Jakarta, saya sering menemukan pengamen bersuara bagus bahkan sangat bagus. Hal ini mungkin dikarenakan mereka mengamen lumayan lama, sepanjang bis di tol bisa 5 lagu, apalagi kalau macet bisa 10 lagu. Dan rata-rata penumpang pasti memberi uang mulai dari Rp. 500 sampai dengan Rp. 5000. Ada beberapa kali saya bertemu pengamen anak kecil berusia 9 tahun, dengan suara luarbiasa, dia juga menggunakan tehnik vocal yang bagus. Dan dari penumpang yang ada, saya lihat semua memberikan uang minimal Rp. 1000 bahkan ada yang memberi Rp. 10.000.

Bila yang memiliki suara mengagumkan estimasinya menjadi : jumlah kursi bis patas 62 kursi yang di jam berangkat dan pulang kerja selalu penuh bahkan banyak yang berdiri. Kita ambil saja 50 orang yang memberi uang dengan rata-rata Rp. 1000 maka akan dapat uang Rp. 50.000 bila jam padat dia hanya bisa mengamen di 4 kali maka penghasilanya Rp. 200.000. Belum bila dia berniat mengamen juga diluar jam padat, sekali jalan ambil saja setengahnya menjadi Rp. 25.000.-. Sehingga sehari paling tidak menghasilkan Rp. 300.000.

Sedang untuk yang suaranya biasa saja, akan memperoleh paling tidak seperempatnya jadi Rp. 125.000. Mengamen di Patas lebih menjanjikan selama pengamennya sopan.

Pengamen Bis Jakarta atau Bekasi – Bogor

Untuk trayek Jakarta atau Bekasi – Bogor disini saya menemukan banyak pengamen favorit. Dari 10 pengamen yang saya temui hanya satu yang suaranya biasa saja, selebihnya bagus-bagus. Belum lagi mereka menyanyi bisa satu album 10 sampai 12 lagu, di sepanjang tol jagorawi.

Dengan jumlah bangku 62 dan 90 persen memberi uang minimal Rp. 1000 dan tak jarang yang memberi Rp. 5000. Bila kita ambil 50 penumpang dengan rata-rata memberikan uang Rp. 2000 maka sekali jalan memperoleh uang Rp. 100.000 bila mereka sehari bisa 6 kali jalan minimal Rp. 500.000 mereka bawa pulang. Tampaknya trayek yang satu ini kategori pengamen serius.

Pengamen Kereta Api KRL

Kalau pengamen KRL kebanyakan berupa band, yang ngamen bisa 4 sampai 6 orang sekaligus. Selain itu banyak juga yang menyanyi dengan karaoke lagu dangdut. Disini bisa dikategorikan pengamen serius. Mengamen di KRL tentu sungguh menjanjikan. Biasanya mereka bisa mengamen kalau gerbongnya tidak terlalu penuh.

Bila satu gerbong yang memberikan uang Rp. 1000 ada 10 penumpang saja sudah Rp. 10,000.- dan dalam satu KRL menyanyi di 5 gerbong sudah Rp. 50.000. Kalau sehari bisa di 20 KRL berarti Rp. 1.000.000 dibagi dengan 5 untuk band yang berjumlah 5 orang jadi per orang dapat Rp. 200.000. Penghasilan yang lumayan bukan?

Pengamen Warung Tenda

Pengamen warung tenda, pengamen yang banyak bikin kesal pelanggan warung. Apalagi kalau makan seafood, tangan lagi belepotan, ada yang ngamen. Sudah dibilang maaf tetap aja berdiri. Seperti tidak mikir kalau bagaimana mau ambil uang dengan kondisi tangan seperti ini. Mana kebanyakan nyanyinya asal-asalan. Saya hanya bisa menikmati pengamen sambil makan saat makan lesehan di Yogyakarta. Karena pengamennya berkarakter dan punya cirri khas sendiri.

Sekali mampir ke warung tenda paling pengamen hanya dapat Rp. 1000. Bila dia sanggup mengamen 100 kali maka akan dapat Rp. 100.000 sehari.
Pengamen dari Rumah ke Rumah

Pengamen dari rumah ke rumah sudah tidak popular lagi, tapi tetap ada satu-dua yang suka mampir. Saya pernah mengamati dalam 10 rumah yang keluar memberikan uang paling hanya satu rumah itu pun hanya Rp. 1000. Bila dia keliling komplek yang ada 100 rumah berarti hanya dapat Rp. 10.000. Penghasilan yang sangat minim bila dibanding dengan energi yang di keluarkan.

Semua penghasilan diatas bukan penghasilan bersih tapi penghasilan kotor. Belum dikurangi biaya makan dan minum selama mengamen dan tentu ada beberapa yang harus setor ke preman atau koordinator wilayah mereka.

Saya lebih menghargai seorang pengamen daripada pengemis. Mereka lebih mau berusaha. Dan bisa dilihat siapa yang punya talenta mumpuni penghasilannya pun lumayan. Siapa yang bersungguh-sungguh hasilnya pun memuaskan dibanding yang hanya minta belas kasihan dan mau cari gampangnya saja.

Thanks yang udah baca thread ane , oiya jangan lupa meninggalkan jejak gan , emoticon-Smilie
0
3.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan