gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Legislator Saran Aturan Masuk Jam 5 Pagi Dicoba Dulu ke Gubernur NTT
Jakarta - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menyoroti aturan masuk siswa SMA/SMK di Nusa Tenggara Timur (NTT) jam 5 pagi. Waketum Golkar ini menilai kebijakan tersebut akan meningkatkan risiko negatif bagi siswa.

"Menurut saya sekolah kepagian itu meningkatkan banyak resiko yang negatif khususnya bagi siswa. Karena belum ada contoh dan penelitian start kerja jam 05.00 atau 5.30 pagi banyak bagusnya atau sebaliknya," kata Hetifah kepada wartawan, Rabu (1/3/2023).

Hetifah mengatakan sebelum diterapkan ke siswa, sebaiknya kebijakan tersebut dicoba dahulu sebelum diputuskan. Dia menyebut penerapan jam 5 pagi bisa diterapkan ke Gubernur dan jajaran Pemprov NTT.

"Maka, kalau mau trial dulu, bisa praktikkan untuk Gubernur dan pegawai kantor Pemprov. Tapi sambil diminta ahli kesehatan dan psikologi melakukan penelitian praktik ini," kata dia.

Hetifah berharap Pemprov tidak asal dalam membuat kebijakan. Dia lantas mengutip ahli kesehatan terkait waktu ideal masuk sekolah yakni pukul 08.30 WIB.

"Jadi harusnya nggak bisa asal gonta-ganti drastis sendiri kayak gitu. Dan yang penting juga, irama hidup seluruh keluarga juga terpengaruh, ketika jam aktivitas anggota keluarga khususnya anak berubah, ritme bisa menjadi berubah ke tidak beraturan. Yang dampak manfaat baiknya masih dipertanyakan," kata Hetifah.

"Menurut American Academy of Pediatrics dan ahli kesehatan di negara lain waktu ideal memulai sekolah adalah jam 8:30, anak yang mendapatkan istirahat cukup menunjukkan prestasi dan kehadiran lebih baik di sekolah," tuturnya.

Hetifah memberi contoh pengalamannya sebagai orang tua terkait waktu dengan anak yang terimbas dengan penerapan itu. Ia berharap kritik dari masyarakat bisa didengar oleh pejabat terkait.

"Dari pengalaman saya sebagai ibu 4 anak, waktu di pagi hari kan bagus buat keluarga berinteraksi sambil sarapan bareng dan lain-lain. Dan juga nggak ada evidence yang menunjukkan bahwa sekolah sepagi itu meningkatkan etos kerja, alasannya nggak masuk akal," imbuhnya.

https://news.detik.com/berita/d-6594...e-gubernur-ntt

Yg penting beda...

Sekalipun itu aneh dan merugikanemoticon-Traveller
Bandittk
aldonistic
aloha.duarr
aloha.duarr dan 21 lainnya memberi reputasi
22
2K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan