Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

WikiFX.IDAvatar border
TS
WikiFX.ID
Plagiat?! Coinbase Dituntut $5 Juta Oleh NanoLabs!
Plagiat?! Coinbase Dituntut $5 Juta Oleh NanoLabs!
NanoLabs sebuah perusahaan cryptocurrency dan penerbit token Nano (NANO), diketahui meminta ganti rugi sebesar minimal $5 juta, koreksi iklan Coinbase, penghancuran semua materi yang melanggar merek dagang NanoLabs, dan penyitaan semua keuntungan dari penggunaan merek dagang milik NanoLabs. Dalam gugatan ini, disebutkan bahwa Coinbase yang merupakan salah satu bursa cryptocurrency terbesar di dunia menjadi pihak yang tergugat.
  Dalam pengajuan tanggal 24 Februari 2023 kemarin, ke Pengadilan Negeri California Utara, NanoLabs menuduh bahwa kontrak berjangka Nano Bitcoin Coinbase dan produk kontrak berjangka Nano Ether melanggar hak merek dagang yang dimiliki oleh mereka. Pelanggaran tersebut juga diduga telah menyebabkan kerugian ekonomi bagi NanoLabs dan melemahkan identitas merek dari NanoLabs, yang mengakibatkan “kerusakan aktual dan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki”.
  Diketahui produk kontrak berjangka dari Nano Bitcoin dan Nano Ether, yang telah ditawarkan Coinbase sejak Juni 2022, melanggar hak merek dagang milik Nano Labs. Kesamaan penamaan tersebut, menurut NanoLabs, diperkirakan akan menimbulkan kerugian ekonomi dan menggerogoti identitas pasar merek tersebut. Token NANO saat ini bernilai kurang dari satu dolar, dan kapitalisasi pasar seluruh jaringan adalah $121 juta. Namun, aktivitas jaringan saat ini terhitung dangkal dan volume harian yang dimiliki tidak melebihi satu juta dolar.
  Awal Rilis Nano dari NanoLabs dan Kontrak Berjangka Milik Coinbase
  Colin LeMahieu mendirikan mata uang digital Nano pada tahun 2014. Pada awalnya produk miliknya ini bernama RaiBlocks dan akhirnya berganti nama menjadi Nano pada 31 Januari 2018. Sedangkan, Coinbase meluncurkan penawaran bermerek Nano pada tahun 2022 kemarin, memperkenalkan kontrak berjangka Nano Bitcoin bulan Juni lalu dan kontrak berjangka Nano Ether pada bulan Agustus lalu. Seperti yang bisa dilihat pada cuitan Coinbase pada Twitter milik mereka.

Spoiler for Pict:



Dalam tuduhannya, NanoLabs mengatakan bahwa Coinbase memiliki pengetahuan penuh tentang mata uang digital Nano sebelum meluncurkan produknya karena korespondensi antara kedua perusahaan mulai tahun 2018 lalu, yang kemudian mengakibatkan Coinbase diduga menolak aplikasi NanoLab yang mendaftarkan Nano milik mereka di Coinbase. Dalam surat dakwaan, NanoLabs menyatakan bahwa produk yang ditawarkan oleh bursa adalah “jenis penawaran yang identik atau sangat mirip dengan mata uang digital dari Penggugat.” Selain itu, perusahaan juga mempercayai bahwa Coinbase menargetkan kelompok pelanggan yang serupa, sehingga hal tersebut merugikan bisnis NanoLabs.
  “Dengan demikian, setidaknya sejak 17 Oktober 2018, berbagai Kepala Departemen dan Direktur, serta rekanan, di berbagai departemen di Coinbase telah mengenal Mata Uang Digital Nano.” Lebih lanjut NanoLabs berpendapat bahwa Coinbase seharusnya “tahu bahwa menawarkan Nano Bitcoin di Coinbase Derivates Exchange hanya akan menambah kebingungan bagi konsumen”. “Terutama karena Mata Uang Digital Nano tidak terdaftar di Coinbase Exchange, dan Tergugat tidak memberikan penafian, pembedaan, atau cara lain untuk mengedukasi konsumen hingga saat ini,” bunyi dari dokumen pengadilan.
  Permintaan Ganti Rugi Sebesar $5 Juta
  Perwakilan yudisial dari NanoLabs ingin pengadilan memulai persidangan juri atas dugaan pelanggaran oleh Coinbase dan memberikan perusahaan ganti rugi sebesar minimal $5 juta atas pelanggaran merek dagang yang terjadi. Selain itu, penerbit NANO ingin Coinbase berhenti menggunakan kata Nano dan merek dagang Nano melalui bursa dan terkait saat mempromosikan dan menjual kripto atau produk kripto. NanoLabs juga menginginkan pertukaran untuk terlibat dalam iklan korektif untuk mengembalikan nilai kekayaan intelektual dari NANO.
  Menurut informasi yang WikiFX miliki, gugatan dari NanoLabs ini bukanlah satu-satunya masalah hukum yang ada di pundak Coinbase. Pertukaran aset digital terkemuka ini juga telah didenda sebesar $3,3 juta oleh bank sentral Belanda, De Nederlandsche Bank (DNB). Gambar dibawah ini adalah daftar klaim yang disampaikan pihak NanoLabs kepada Coinbase.


Cek berita selengkapnya di SUMUR

0
270
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan