machinAvatar border
TS
machin
Situs Ritual Tertua Melebihi Piramida Dan Stonehenge Ditemukan di Arab Saudi



Ada yang sudah dengar dengan berita tentang akan dibukanya tempat wisata bersejarah yang bertempat di daerah yang katanya, dibenci oleh Nabi Muhammad S.A.W? Kalau belum, aku kasih sedikit bocoran ya. Tempat itu adalah sebuah koota yang ada di Arab Saudi, lokasinya berada 300 km di sebelah utara kota Madinah. Kira-kira lokasinya berada di sini. 



Kota ini dulunya adalah ibu kota dari Lihyanites Kuno (Dedanites), sebuah kota yang paling dihindari oleh Nabi Muhammad. Kota ini adalah kota yang sering dilewati oleh saudagar Mekah untuk pergi berdagang ke Gza, Damascus, Babylonia, dan lainnya. Nah, saat Nabi Muhammad melewat kota ini, Nabi tidak pernah menoleh ke kanan atau ke kiri, beliau selalu mempercepat langkahnya dan hanya melihat jalan ke depan. Banyak yang mempercayai bahwa kota ini adalah kota terkutuk, kota tempatnya jin dan setan.




Terlepas bagaimana masa lalu kota ini, kota kuno ini menyimpan berbagai jejak peninggalan sejarah bagaiman kehidupan orang Arab kuno dulu. Dan juga, memberikan petunjuk, bagaimana kondisi geografis di Arab Saudi ribuan tahun yang lalu.
Saat ini Al Ula memiliki kondisi geografis yang gersang, kering, dan terlihat padang pasir sejauh mata memandang. Dengan diselingi batu-batuan dan bongkahan bukit batu yang tinggi dengan ukiran-ukiran kuno penduduk arab jaman dahulu. Bahkan orang Nabatean, penghuni kota kuno ini, mengukir batu gurun ini untuk digunakan sebagai makam. Tempat ikonik di Al Ula ini disebut dengan Hegra atau Mada'in Saleh. Ilmuwan mengatakan bahwa makam ini dibangun pada abad pertama.



Bangunan ini hanya salah satu dari 1.000 lebih struktur batu kuno. Masih ada lainnya yang lebih tua. Dan yang umurnya melebihi piramida Mesir dan stonehege Inggris adalah Mustatil. Sebuah struktur sederhana yang dibangun dari tumpukan batu-batuan dan membentuk persegi panjang dengan panjang mencapai 547 meter lebih. Struktur batu ini memilki umur 7.000 tahun lebih dan menjadikannya sebagai salah satu situs ritual tertua yang diketahui di dunia. 
Dan dari penelitian ini juga, ada hal yang menarik. Daerah gurun ini dulunya adalah sebuah tempat yang subur, tempat orang-orang menggembala sapi dan hewan ternak lainnnya. Karena banyaknya simpanan sejarah di kota kuno ini, Arab Saudi memiliki rencana membukanya sebagai tempat kunjungan wisatawan globalsekaligus sebagai museum terbuka.

Melihat bangunan seperti ini yang dibangun ribuan tahun yang lalu, aku hanya berpikir, bagaimana mereka membangunnya? Apakah mereka memiliki peralatan canggih untuk mengukirnya seakurat itu. Terlihat seimbang jarak antara tiang dan undak-undaknya. Jelas sekali ini akan digunakan pemerintah Arab Saudi sebagai penarik wisatawan. Agar mereka bisa mengagumi negaranya yang penuh dengan sejarah bernilai budaya tinggi.

Quote:

 --
Terimakasih sudah membaca tritku.
Sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose


0
1.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan