Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

samsol...Avatar border
TS
samsol...
Jokowi Ingin Basarnas Punya Robot Ular Seperti AS dan Jepang
Jokowi Ingin Basarnas Punya Robot Ular Seperti AS dan Jepang

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Basarnas segera memiliki alat canggih yang berguna mempercepat pencarian dan pertolongan bencana. Salah satu alat yang diminta Jokowi adalah robot ular.
Hal itu disampaikan Jokowi di rapat kerja Basarnas dan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Nasional 2023, Kamis (16/2/2023). Jokowi mengatakan robot ular tersebut bahkan sudah digunakan di sejumlah negara.

"Kemudian juga untuk efektivitas pertolongan dan pencarian. Ini sudah digunakan di beberapa Negara di Amerika Serikat, di Jepang, yaitu robot ular atau snake robot yang bisa...," kata Jokowi sembari meliuk-liukkan tangannya.

Selain robot ular, Jokowi juga mewanti-wanti Basarnas untuk segera membeli drone rescue hingga robot diver. Juga jet suit seperti Iron Man, yang bisa mencari korban bencana hingga di ketinggian 3.600 meter.

"Kemudian juga tadi sudah ditunjukkan di depan untuk efektivitas pertolongan dan pencarian dalam mencapai kedalaman yang sampai lebih dari 1.000 meter, lebih dari 1 kilometer (km), ada robot diver yang orangnya tidak menyelam, tetapi robotnya yang disuruh menyelam. Hal-hal seperti ini yang Basarnas harus segera memiliki," tutur Jokowi.

"Dan juga alat untuk pencarian di ketinggian yang bisa mencapai 3.600 meter yaitu jet suit, ini seperti iron man," imbuh dia.

Jokowi meminta Basarnas segera mengajukan anggaran pembelian alat canggih tersebut jika saat ini tidak memiliki dana. Sebab. menurutnya, alat-alat canggih tersebut bisa memproteksi personel Basarnas saat melakukan pertolongan bencana.

"Saya kira sekali lagi teknologi sekarang ini semuanya serba-memungkinkan untuk memproteksi personel tim SAR, personel Basarnas kita bisa menggunakan teknologi itu," papar dia.

Sebagai informasi, snake robot atau robot ular adalah robot yang berbentuk seperti ular. Robot penyelamat berbentuk unik ini dirancang khusus untuk menelusuri medan yang sulit.

https://news.detik.com/berita/d-6572...-as-dan-jepang

Widihemoticon-Takut (S)
nomorelies
simsol...
ushirota
ushirota dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan