harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Hantu Banaspati Menurut Sains, Berikut 3 Kemungkinannya!

Sumber Gambar

Di Indonesia hal-hal berbau spiritual dan mistis masih menjadi hal menarik untuk diperbincangkan. Semua kepercayaan mengenai hal mistis masih tetap dipercaya bahkan diturunkan dari generasi ke generasi. Tak ayal berbagai hal aneh di sekitar kita kerap dijelaskans ebagai hal-hal mistis yang dipercaya oleh masyarakat.

Jika bicara soal hal mistis, tak lengkap jika bicara seputar hantu. Menurut kepercayaan, hantu merupakan sosok makhluk halus yang tidak bisa dilihat menggunakan mata telanjang. Sosok hantu diduga hidup dan berkeliaran di sekitar kita tanpa kita sadari. Bentuknya pun beragam, ada yang seperti manusia ada juga yang seperti hewan bahkan berbentuk abstrak.

Salah satu wujud hantu yang banyak dipercaya adalah Banaspati. Konon, hantu ini adalah sebuah bola api yang terbang di malam hari. Menurut kepercayaan banyak orang, Banaspati ini digunakan untuk mengirim santet ke orang yang dituju. Tak heran jika ada penampakan bola api melayang di malam hari maka kerap dikaitkan dengan sosok ini.


Sumber Gambar

Tapi benarkah itu adalah Banaspati? Atau sebuah fenomena alam yang bisa dijelaskan secara ilmiah? Ada beberapa kemungkinan yang menjadi alasan mengapa muncul bola api di malam hari. Kira-kira, ada tiga kemungkinan.

1. Fenomena Ball Lighting

Bola Petir merupakan suatu fenomena langka yang terjadi ketika sedang terjadi hujan atau badai petir. Fenomena ini sebenarnya belum ada yang bisa menjelaskan secara pasti penyebab ilmiahnya. Tapia da yang berpendapat bola petir adalah bentuk ionisasi dari udara yang berionisasi akibat tenaga listrik dari badai. Hingga terbentuklah bola petir yang cukup singkat durasinya.


Sumber Gambar

Namun itu hanyalah teori para pengamat setelah munculnya bola petir di Hessdalen, Norwegia. Menurut laporan, bola petir ini akan menghilang dengan cara meledak setelah mengambang di udara. Variasi ukurannya pun berbeda-beda.

2. Flare Gun

Kalian yang suka main PUBG pasti tahu alat ini. Flare gun biasanya digunakan untuk mengirimkan sinyal bantuan. Misalnya ketika tersesat di hutan, maka flare gun bisa digunakan sebagai petunjuk di mana posisi kita berada. Hal ini akan sangat memudahkan para tim penyelamat.

Flare gun biasanya akan mengambang di udara selama beberapa saat dan pelan-pelan jatuh ke tanah. Ketinggiannya bisa sampai puluhan meter di atas tanah. Bentuknya yang merah menyala membuat flare gun kadang mirip Banaspati.


Sumber Gambar

3. Lampion

Lampion yang berwarna merah dan diterbangkan ke langit bisa saja disebut sebagai Banaspati oleh sebagian orang karena bentuknya yang mirip. Dari kejauhan, memang tidak terlalu nampak dan sekilas seperti bola menyala yang terbang. Tapi jika dilihat dari dekat barulah kelihatan detilnya.

Terakhir, ada juga kemungkinan bahwa banaspati itu hanya editan video orang yang iseng. Atau kalau melihatnya secara langsung, bisa saja hanya halusinasi. Sama seperti penyebab lainnya saat orang melihat penampakan. Halusinasi Palinopsia bisa jadi penyebab mengapa kamu kerap melihat objek-objek yang seharusnya tidak ada. Bahkan halusinasi ini bisa bertahan hingga bermenit-menit.


Sumber Gambar

Wajar jika kita takut dan merasa aneh saat melihat sesuatu yang janggal di sekitar kita. Tapi bukan berarti itu membenarkan adanya aktivitas gaib atau kehidupan yang tak terlihat. Jadi tidak perlu takut dan tidak perlu kepikiran, semua itu bisa jadi reaksi alam atau tubuh kita yang salah persepsi.

Siapa yang pernah lihat Banaspati?emoticon-Blue Guy Peace

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
lendirhijau
indrastrid
scorpiolama
scorpiolama dan 16 lainnya memberi reputasi
17
6.6K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan