masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Gen Z Lebih Mudah Kena Mental Dibandingkan Generasi Milenial? Ini Tips Pencegahannya
Gen Z lebih mudah kena mental dibandingkan generasi milenial dan gen X?
Ini dia cara dan tips pencegahannya


Gen Z, menurut teori yang dikemukakan oleh Graeme Codrington & Sue Grant-Marshall yaitu ditujukan untuk manusia yang lahir di tahun 1996 sampai dengan tahun 2009 atau juga dikenal sebagai iGeneration atau generasi internet.

Diketahui Gen Z lahir di dunia yang sudah mulai dan semakin modern untuk berbagai macam teknologi dan internet, dimana semua anak berkaitan serta berhubungan langsung dengan dunia digital di dalam kehidupannya sehari-hari.

Terlahir sebagai Gen Z tentu banyak sekali hal yang didapatkan di era modern nya teknologi dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya, meskipun ada beberapa hal negatif yang mempengaruhi perubahan sikap, sifat, karakter, moral, bahkan juga dengan mental akibat adanya teknologi itu sendiri.

Salah satu perubahan yang paling kentara untuk dilihat dari Gen Z yaitu perubahan moral dan mental GanSis, dimana anak-anak generasi sebelumnya masih cukup baik dan terkontrol sedangkan gen Z sudah mulai hilang kendali karena canggihnya teknologi dan mudahnya mengakses informasi.




Bukan hanya tentang perubahan moral yang semakin hari semakin tidak karuan, Gen Z juga lebih mudah mengalami masalah gangguan mental atau lebih sering disebut dengan istilah "kena mental".

Kena mental sendiri memiliki pengertian kondisi dimana seseorang yang batinnya terganggu atau mengalami perubahan watak karena adanya faktor eksternal entah itu omongan, perkataan, atau perlakuan orang lain entah itu di media sosial atau dunia nyata sehingga istilah tersebut juga berkaitan erat dengan perang psikologi antar manusia.

Dampak dari mengalami gangguan mental atau mental breakdown ini sangat beragam GanSis, mulai dari hanya menjauhi sumber gangguan, menjadi antisosial, depresi, bahkan ada juga yang sampai bunuh diri karena tidak kuat menghadapi kenyataan.

Melihat banyaknya dampak dari mental breakdown, berikut ini beberapa tips mencegah dan menghindari gangguan mental.




1. Menjauhi Lingkungan yang Toxic

Jauh dari lingkungan yang toxic, adalah salah satu cara untuk mencegah kena mental atau gangguan mental karena biasanya orang-orang yang toxic perkataannya akan membuat Agan Sista sakit hati sebab mereka tidak mempedulikan perasaan orang lain dalam bersikap atau bertindak.

Menghindari orang toxic sangat ampuh untuk menghindari gangguan mental meskipun akan membuat Agan Sista menjadi lebih terbatas dalam bergaul karena saat ini tidak sedikit seseorang yang toxic dengan orang lain.

2. Selalu Berpikir Positif

Selalu berpikir positif dari setiap apa yang Agan Sista alami atau dapatkan entah itu omongan orang atau sikap orang terhadap diri kalian.

Berpikir positif dan tidak mudah terbawa perasaan menjadi salah satu cara ampuh untuk tidak mudah mengalami gangguan mental karena Agan Sista akan kebal terhadap sesuatu yang bersifat ingin menjatuhkan saat memandang sesuatu tersebut dari sudut pandang positif.

3. Mengisi Waktu Luang dengan Aktivitas Bermanfaat

Waktu luang yang digunakan untuk scroll media sosial akan lebih meningkatkan gangguan mental karena di media sosial Agan Sista dapat menemukan banyak hal entah itu kata-kata sindiran, perkataan buruk, status pamer, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadikan media sosial sebagai sarana hiburan, dan saat GanSis menyadari sudah salah tujuan dalam penggunaan medsos maka lebih baik mencari aktivitas lain yang lebih bermanfaat dalam menggunakan waktu luang.

4. Tidak Mudah Menyalahkan Diri Sendiri

Mudah menyalahkan diri sendiri atas apa yang sudah terjadi atau kegagalan yang sedang dialami adalah salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan mental GanSis.

Gangguan mental yang penyebabnya datang dari diri sendiri ini perlu untuk diperhatikan karena tidak kalah bahaya dibandingkan dengan serangan eksternal yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental atau kena mental.


Berikut tadi GanSis beberapa tips dan cara menghindari mental breakdown atau lebih sering disebut kena mental.

Tentu setiap orang berbeda-beda penyebab gangguan mental, tetapi beberapa cara di atas cukup related untuk dicoba di dalam beberapa kondisi gangguan mental.




Penulis: @masnukho©2023
Narasu: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
MemoryExpress
sueeeeebener
syaifudinseno
syaifudinseno dan 21 lainnya memberi reputasi
22
5.2K
133
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan