harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Uji Coba Vaksin HIV Kembali Menemui Kegagalan! Apa Kendalanya?

Sumber Gambar

HIV merupakan adalah suatu virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dan menyerang sel CD4. Bila sel CD4 semakin banyak yang dihancurkan, maka tubuh akan menjadi seakin lemah dan mudah terserang berbagai penyakit.

Bila tidak segera ditangani, maka HIV akan semakin parah dan berubah menjadi HIV/AIDS. AIDS sendiri merupakan kondisi di mana virus HIV sudah benar-benar parah menginfeksi tubuh. Dan ngerinya lagi, di fase ini tubuh benar-benar kehilangan kemampuan melawan infeksi tersebut. Kekebalan tubuh hilang sepenuhnya.

Kalian tentu sudah tahu apa yang jadi penyebab virus ini menular. Ya, dari perilaku seksual yang tidak baik. Seperti gonta-ganti pasangan, berhubungan sesame jenis dan sebagainya. Tapi lebih dari pada itu, HIV juga bisa menular melalui cairan, darah dan juga ASI.


Sumber Gambar

HIV kalau sudah parah maka akan sulit untuk disembuhkan. Hingga banyak yang menyebut kalau penyakit ini adalah penyakit azab, ya gak salah juga sih hehe. Karena penyakit ini mendukung apa yang agama mereka ajarkan mengenai azab itu tadi.

Para ilmuwan dan dokter terus mengembangkan vaksin untuk HIV, tapi sejauh ini belum ada yang mendapatkan hasil bagus. Terakhir apada 19 Januari 2023. Para peneliti di Mosaico melakukan percobaan dengan menggunakan 3.900 pria yang berhubungan dengan sesama jenis dan transgender. Atau bisa disebut LGBT dalam hal ini Gay.

Mereka memilih kaum ini sebagai bahan uji coba karena mereka orang-orang yang sangat rentan terkena HIV. Tapi pada akhirnya, uji coba dihentikan. Keputusan ini dibuat setelah tidak adanya kemajuan dan tanda-tanda kalau vaksin ini efektif untuk menurunlan resiko HIV. Vaksin HIV yang mereka buat sama sekali tidak berdampak apa-apa.


Sumber Gambar

Meski kecewa dengan hasil ini, para peneliti tetap optimis dan tetap berusaha menemukan vaksin HIV yang bisa terbukti ampuh mengurangi kemungkinan seseorang terkena HIV. Suatu penemuan yang sudah ditunggu banyak orang. Khususnya para LGBT mungkin, wkwk.
Lantas apa yang membuat vaksin HIV begitu sulit direalisasikan?

Sejauh ini, pengembangan vaksin HIV selalu mendapatkan kendala dan kebuntuan. Hal ini akrena infeksi dari HIV ini memang cukup sulit untuk dibuat penangkalnya. Salah satu penyebab yang lain adalah setiap virus diketahui memiliki genetik yang berbeda, sehingga ketika satu HIV menular ke orang lain maka itu akan menjadi HIV dengan varian yang berbeda.

Virus HIV memang berbeda dari virus lainnya seperti flu dan lain-lain. Kekebalan tubuh manusia benar-benar buta dengan virus ini sehingga akan sulit untuk menangkalnya. Dan sayangnya belum ada orang yang benar-benar pulih dari HIV dan kembali normal. Sehingga tidak ada reaksi kekebalan tubuh yang bisa ditiru dan dijadikan vaksin.


Sumber Gambar

Untuk saat ini, satu-satunya cara agar terhindar dari vaksin adalah dengan tidak melakukan hal-hal yang beresiko HIV. Tetap hidup sehat dan sewajarnya saja. Pencegahan merupakan hal terbaik yang bisa kita lakukan saat ini.

emoticon-Imlek

Menurutmu apakah vaksin HIV dapat ditemukan?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
64m64n9s
darkwilliam00gg
edilokonga503
edilokonga503 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
5.5K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan