muqfa
TS
muqfa
Benarkah Nutrisi Makanan Hilang atau Berubah Setelah Dimasak?


Ilustrasi. Sumber: Di sini



Pengolahan makanan seperti memasak atau mengukus dapat mempengaruhi kandungan nutrisi dalam makanan. Ada beberapa nutrisi yang hilang selama proses pengolahan makanan, sementara ada juga yang dapat ditingkatkan. Berikut ini adalah beberapa efek umum dari pengolahan makanan dan efek nutrisi dari memasak sayuran dan daging.

Pengolahan makanan seperti memasak dapat mengurangi jumlah nutrisi dalam makanan, terutama vitamin dan mineral yang mudah hilang selama proses pengolahan. Namun, pengolahan makanan juga dapat meningkatkan bioavailabilitas nutrisi, membuat nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh.

Memasak sayuran dapat mengurangi kandungan vitamin C dan B dalam sayuran, namun juga dapat meningkatkan bioavailabilitas beberapa mineral seperti lycopene dalam tomat. Dalam beberapa kasus, memasak sayuran dapat membunuh bakteri dan patogen, membuat sayuran lebih aman untuk dikonsumsi.

Memasak daging dapat mengurangi kandungan vitamin B dan mineral seperti zat besi, namun juga dapat mengurangi kadar lemak dan kolestrol. Dalam beberapa kasus, memasak daging dengan metode tertentu seperti memasak dengan panas tinggi dapat menimbulkan senyawa karsinogenik. Oleh karena itu, penting untuk memilih metode memasak yang tepat untuk mempertahankan kandungan nutrisi dalam daging.

Pengolahan makanan seperti memasak memiliki efek yang berbeda-beda pada kandungan nutrisi dalam makanan. Namun, pada umumnya, memasak dapat mengurangi kandungan nutrisi dalam makanan, meskipun dapat juga meningkatkan bioavailabilitas nutrisi. Oleh karena itu, penting untuk memilih metode memasak yang tepat dan mengkonsumsi beragam makanan untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup.

Penting juga untuk memperhatikan waktu dan suhu memasak, karena efek yang berbeda dapat terjadi pada nutrisi berdasarkan waktu dan suhu memasak. Contohnya, memasak sayuran selama waktu yang lama pada suhu tinggi dapat mengurangi kandungan nutrisi dalam sayuran.

Sebagai alternatif, beberapa metode pengolahan makanan seperti mengukus, merebus, atau memasak dengan pressure cooker dapat membantu mempertahankan nutrisi dalam makanan. Selain itu, menambahkan bumbu dan rempah-rempah dalam memasak dapat membantu meningkatkan rasa dan nilai gizi dari makanan.

Secara keseluruhan, memasak makanan dapat memiliki efek yang berbeda pada kandungan nutrisi dalam makanan, namun penting untuk memperhatikan metode memasak dan memastikan asupan nutrisi yang cukup melalui diet yang seimbang dan beragam. Konsultasi dengan ahli gizi juga dapat membantu untuk memastikan bahwa Anda memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan.

Referensi tulisan: Do Nutrients Change When A Food Is Cooked?
hallowwolf94nananinanunuindrastrid
indrastrid dan 11 lainnya memberi reputasi
12
4.9K
19
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan