Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rakitpcmendingAvatar border
TS
rakitpcmending
Saham Gorengan Hancurkan RI, Jokowi Sampai Marah Besar
Saham Gorengan Hancurkan RI, Jokowi Sampai Marah Besar


Jakarta, CNBC Indonesia - Skandal gorengan saham Adani Group milik konglomerat Gautam Adani bikin Presiden Joko Widodo (Jokowi) resah. Jokowi tak ingin kasus serupa kembali terulang, terutama di bursa saham Indonesia.

Seperti diketahui, skandal Adani Group milik konglomerat India Gautam Adani tengah menghebohkan industri jasa keuangan dunia. Kehebohan ini muncul setelah perusahaan investasi asal New York, Hindenburg Research, mengeluarkan laporan yang berisi tudingan manipulasi saham.

Hindenburg menuduh Adani Group melakukan "manipulasi saham dengan kurang ajar dan bersekongkol melakukan penipuan akuntansi" yang dijalankan selama beberapa dekade. Penipuan dan persekongkolan tersebut, menurut Hindenburg, sebagian dilakukan melalui labirin perusahaan cangkang.

Jokowi pun memberikan titah kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawasi industri keuangan jauh lebih intensif mulai dari makro hingga mikro.

"Harus detil dicek satu per satu. Ada peristiwa minggu lalu yang besar, Adani di india. Makronya negara maju, mikronya ada masalah kehilangan US$ 120 bilion, dirupiahkan Rp 1.800 triliun hati-hati mengenai ini pengawasan," tegas Jokowi beberapa waktu lalu.

Pernah Terjadi di RI


Namun, sejatinya bursa saham RI sempat mengalami situasi yang hampir mirip. Ini tak lain kasus Jiwasraya Asabri dan Jiwasraya.

Untuk Asabri total nilai kerugian negara diprediksi mencapai Rp 22,7 triliun, sementara Jiwasraya sebesar Rp 16,8 triliun


Ada belasan saham yang masuk ke dalam aksi manipulasi saham yang dilakukan oleh otak di balik skandal ini, yakni Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro (Bentjok) yang kini jadi tersangka.

Untuk menyebut beberapa, PT Hanson Internasional Tbk (MYRX), PT Rimo Internasional Lestari (RIMO), PT Trada Alam Minera (TRAM), PT Sinergi Megah Internusa (NUSA), PT Siwani Makmur (SIMA) dan sejumlah emiten lainnya.

Sebelum terjun bebas pada 2019 hingga saat ini, saham TRAM dan MYRX pernah menjadi penghuni LQ45 pada medio 2016 hingga pertengahan 2018. Selama periode itu pula, kinerja kedua saham yang menjadi porto Asabri dan Jiwasraya tersebut sempat cemerlang.

Pada 2016, kinerja tahunan MYRX mencapai 34% dan pada 2018 sebesar 6%. Ini sebelum 'terjun bebas' 50-an persen pada 2019.

Saham TRAM bahkan sempat meroket 180-an persen pada 2016 dan melejit 45% pada 2017. Kejayaan tersebut rontok setelah harga saham turun 14% pada 2018 dan anjlok 70% pada 2019.


Indikasi Gorengan

Selama 2018 dan 2019 indikasi aktivitas transaksi saham gorengan terbilang ramai.

Banyak saham masuk daftar Unusual Market Activity (UMA) yang tercatat Bursa Efek Indonesia (BEI), yang berhasil bersanding dengan saham-saham berkapitalisasi pasar besar di jajaran saham dengan jumlah total transaksi terbesar di BEI


Menurut catatan Tim Riset CNBC Indonesia, pada 2018 saham-saham dengan ekuitas mini seperti PT Pool Advista Indonesia Tbk (Tbk) dan TRAM berhasil bersanding dengan saham-saham besar seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) di grup elite saham-saham yang paling besar ditransaksikan di BEI.

Pada 2018, di antara 30 saham dengan jumlah transaksi paling jumbo di BEI terdapat 8 saham dengan ekuitas di bawah Rp 8 triliun.

Nama-nama tersebut adalah POOL, TRAM, RIMO, MYRX, IIKP, BUMI, KREN, dan TARA. Bisa dilihat, ada saham-saham yang terkait dengan Bentjok cs di daftar ini.

Singkat cerita, usai skandal Jiwasraya terendus, saham TRAM dan MYRX disuspensi (dikenakan penghentian perdagangan sementara) oleh bursa sejak 2020 hingga saat ini.

Tragisnya, keduanya juga sudah 'nyender' di level gocap alias Rp50/saham.

https://www.cnbcindonesia.com/market...ai-marah-besar

Saham gorengan aku no komen, ora ono saham. Crypto ae, tapi lagi turun.
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
2K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan