Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Terminator yang Langka Berhasil Dihancurkan Pasukan Artileri Ukraina di Kreminna
Quote:



Perang Rusia-Ukraina telah menjadi debut bagi kendaraan-kendaraan perang yang punya desain unik, salah satunya adalah BMPT Terminator. Pada masa-masa awal invasi Rusia, BMPT pun sudah diterjunkan ke palagan tersebut. Dan kabar terbaru yang sudah dikonfirmasi adalah hancurnya kendaraan BMPT Terminator. Kendaraan tersebut dihancurkan menggunakan artileri.

Keberadaan Terminator pertama kali dideteksi oleh Batlayon Pengintai ke-140 dari Marinir Ukraina, Marinir yang tergabung dalam unit tersebut kemudin berbagi koordinat Terminator dengan pasukan artileri terdekat. Tiga tembakan diarahkan ke Terminator, baru pada tembakan ketiga kendaraan tempur ini berhasil dihancurkan.

Serhiy Haidai, Kepala Militer Daerah Luhansk menambahkan, jika Terminator dihancurkan di Kreminna. Kota ini terletak di wilayah Luhansk Oblast yang diperebutkan dan strategis. Tidak diketahui kapan misi tersebut dilakukan, tetapi kemungkinan terjadi pada awal Februari tahun ini.

Yang menarik adalah dari rekaman yang dimabil oleh drone milik Ukraina, tampak Terminator sama sekali tidak bergerak. Kendaraan tempur ini diserang saat berada di sebuah jalan yang kanan kirinya dapit oleh hutan. Tidak diketahui apa yang terjadi pada Terminator, kemungkinan kendaraan tersebut sedang mengalami masalah teknis.

Quote:


Meski hanya satu unit yang berhasil dilumpuhkan, akan tetapi hancurnya Terminator akan membantu meningkatkan moral pasukan Ukraina, terutama awak tank. Pasalnya Terminator dilengkapi senjata anti tank Ataka yang bisa melumpuhkan MBT milik Ukraina. Dan sejauh ini belum dijelaskan artileri jenis apa yang digunakan Ukraina untuk melumpuhkan Terminator. Selain itu varian Terminator yang dihancurkan juga belum diketahui, pasalnya Rusia sudah mengembangkan dua varian yang berbeda.

Tetapi, hal penting yang perlu dicatat adalah penggunaan drone untuk membantu kinerja artileri Ukraina, sehingga bisa menghancurkan target secara tepat sasaran. Drone juga membantu artileri untuk mengkoreksi tembakan.

Dan sekilas tentang BMPT yang dalam baahasa Rusia berarti Boyevaya Mashina Podderzhki Tankov (Kendaraan Tempur Pendukung Tank)yang dikembangkan pada tahun 1998-2000. Rusia membuat Terminator berdasarkan pengalaman pahit melawan Mujahidin Afghanistan dan tentara Chechnya. Pada perang Afghanistan tersebut kendaraan tempur Rusia dihancurkan dari tebing dan bukit sementara pada perang Checnya, pasukan Rusia diserang dari gedung-gedung bertingkat.

Menyadari bahwa meriam tank tak bisa menembak target dengan sudut elevasi yang tinggi, maka Rusia mengembangkan Terminator, di mana sasis dan mesinnya memakai milik MBT T-72. Terminator membawa lima awak dan dioptimalkan untuk perlindungan lapis baja dan navigasi melalui daerah perkotaan yang penuh rintangan.

Senjatanya juga dipilih dengan mempertimbangkan jenis pertempuran ini, dengan senjatanya yang ideal untuk tembakan jarak pendek. Senjata utamanya adalah meriam ganda 2A42 30 mm yang punya sudut elevasi 45 derajat untuk menembak target pada ketinggian tinggi serta sudut elevasi 5 derajat pada bidang datar untuk menyerang pasukan lawan yang berusaha mendekat. Senjata lain Teminator adalah senapan mesin koaksial PKT 7,26 mm, empat rudal anti tank 9M120 Ataka (AT-9 Spiral-2) dan dua peluncur granat otomatis  AGS-17D 30 mm.

Quote:


Memakai mesin V92S2 berkekuatan 1000 hp yang sama dengan T-72 varian upgarde, Terminator punya jarak jangkauan 550 km; kecepatan 65 km/jam; kapasitas tangki BBM 1200 liter serta bobot 48 ton. Kendaraan ini mulai berdinas bersama Angkatan Darat Rusia pada 2011 dalam jumlah terbatas.

Sementara penggunaan kendaraan Terminator yang tercatat pertama kali di Ukraina dimulai setidaknya pada Mei 2022. Pada Februari 2022, hanya sembilan kendaraan BMPT-72 yang dilaporkan digunakan oleh batalion senapan bermotor di dalam Divisi Tank ke-90 Rusia. Perlu dicatat bahwa kendaraan sekelas ini hampir tidak afa di Barat.

Kendaraan ini dirancang untuk pertempuran perkotaan yang telah menjadi fitur kunci dari invasi habis-habisan Rusia, jelas mengapa Rusia menginginkan mereka di medan perang. Saat ini, dengan pertempuran perkotaan di Bakhmut dan sekitarnya, dan serangan yang lebih besar di timur atau selatan, Terminator mungkin dianggap berharga.

Versi pertama Terminator disebut sebagai BMPT Terminator, dan versi kedua adalah BMPT T72 atau Terminator 2. Nama Terminator adalah nama tidak resmi yang diberikan Uralvagonzavod sebagai perancangnya. Saat ini dengan jumlah terbatas dan satu unit telah dihancurkan, maka keefektivan Terminator harus dipertanyakan.




----------------





Referensi Tulisan: TheDrive.com& Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera
MUF0REVER
geopoliticsgeek
gabener.edan
gabener.edan dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3.6K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan