Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yasuhito.endoAvatar border
TS
yasuhito.endo
Mengenal JIS, Stadion yang Jadi Venue Konser tapi Bikin Penonton Kecewa
LIVE TV

Home Travel News Destination Photos Muslim Traveler D'travelers Stories D'travelers Photos Travel Highlight Video Most Popular Travel Ideas Travel Inside Syarat & Ketentuan Indeks
Write a Story Upload Photo
Home / Travel News / Detail
Minggu, 05 Feb 2023 19:35 WIB
Mengenal JIS, Stadion yang Jadi Venue Konser tapi Bikin Penonton Kecewa
Putu Intan - detikTravel

Foto: Kondisi JIS jelang konser Dewa 19. (Brigitta/detikcom)

https://travel.detik.com/travel-news...nonton-kecewa.

Jakarta - Jakarta International Stadium (JIS) ramai dibicarakan di media sosial lantaran fasilitas parkir dan aksesnya mengecewakan. Pulang nonton Dewa 19, penonton pun kesal.

Keluhan para penonton itu terlihat dari balasan kicauan yang dibuat akun Twitter @adriansyahyasin. Ia membuat utas yang mengkritisi soal akses penonton menuju dan dari JIS.

"Menyelenggarakan acara besar di JIS ini bencana besar. 75.000 penonton bubaran dari stadion tanpa akses transportasi umum massal, tanpa parkir yang layak, bahkan tanpa akses trotoar yang layak," tulisnya.


"Keluar dari stadion langsung disambut jalan tak bertrotoar, akses bus shuttle yang enggak jelas. Buat apa stadion bagus tapi infra pendukungnya enggak ada sama sekali," tambahnya.

Bagi traveler yang belum familiar dengan JIS, mari kita kupas profil stadion terbesar di Asia Tenggara itu.

JIS sejatinya merupakan stadion sepakbola yang berada di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Lokasinya berseberangan dengan Ancol. Bangunan yang besar dan megah dengan dominasi warna putih itu terlihat mencolok sehingga traveler akan mudah melihatnya dari pinggir jalan.

Banyak yang mengira, stadion yang diresmikan pada 24 Juli 2022 ini adalah proyek baru. Namun bila kita telusuri sejarahnya, proyek pembangunan JIS sebenarnya sudah dicanangkan sejak 2008, tepatnya pada masa pemerintahan Gubernur Fauzi Bowo.

Hanya saja, proses pembangunan JIS ini mengalami sejumlah tantangan. Misalnya, ada masalah sengketa lahan yang membuat proyeknya maju-mundur pada masa Gubernur Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

Barulah pada masa kepemimpinan Djarot Saiful Hidayat, pembangunan JIS ini dimulai. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama.

Bak tancap gas, di era Gubernur Anies Baswedan, pembangunan stadion ini dilanjutkan mulai 2019-2022. Anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan JIS ini mencapai Rp 4,5 triliun.

Di lahan seluas 22 hektar, JIS berdiri. Stadion ini dapat menampung hingga 82.000 orang.

Baca juga: Konser Dewa 19 di JIS Banyak Dikeluhkan hingga Bikin Trauma
Selain kapasitas besar, orang juga takjub dengan teknologi canggih yang digunakan. Misalnya atap stadion yang bisa dibuka dan ditutup. Selayaknya bangunan era moderen, JIS juga mengusung konsep ramah lingkungan atau disebut green building.

Terkait konsep ramah lingkungan ini, penonton yang datang ke JIS diharapkan menggunakan transportasi umum. Maka, kantong parkir kendaraan pribadi yang disediakan pun terbatas hanya 1.200 kantong.

Belakangan, JIS tak hanya digunakan sebagai tempat pertandingan sepakbola. JIS juga digunakan untuk konser, termasuk konser Dewa 19 yang digelar pada Sabtu (4/2/2023) malam. Konser ini dihadiri 75.000 penonton.

Sayangnya, keterbatasan lahan parkir membuat penonton sulit mencari tempat parkir. Sebelum konser mulai, kemacetan sudah bikin kepala pening.

Kendaraan pribadi banyak dipilih penonton karena minimnya akses transportasi umum menuju JIS. Setidaknya ada 2 opsi transportasi umum yang dapat digunakan untuk mencapai JIS. Pertama menggunakan KRL menuju Stasiun Ancol atau Stasiun Tanjung Priok. Kedua adalah naik TransJakarta.

Bagi penikmat konser, transportasi umum ini belum mampu mewadahi animo penonton yang tinggi saat hari H. Mereka menilai, chaos akan tetap terjadi selama transportasi umum belum mumpuni.

Kekhawatiran itu terbukti ketika konser bubar. Sebanyak 75.000 orang langsung tumpah dalam satu waktu, berusaha menjangkau kendaraan mereka di tempat yang jauh dari venue. Meski ada kendaraan umum yang disediakan, itu tak cukup mengakomodir para penonton konser yang sudah lelah ingin segera pulang.
jerryreality019
areszzjay
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.6K
43
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan