gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
PSI Heran JakPro Klaim Formula E 2022 Untung, Ungkit APBD Keluar Rp 560 M
Jakarta - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengaku heran atas klaim PT Jakarta Propertindo (JakPro) yang menyebut Formula E untung Rp 5 miliar. Sebab, Anggara memandang keuntungan itu tak sebanding dengan APBD DKI Rp 560 miliar yang telah digelontorkan untuk commitment fee Formula E.
"Jelas tidak benar kalau dibilang kita untung. Sebab, tidak adil jika tidak menghitung pengeluaran APBD sebesar Rp 560 miliar kemarin. Artinya, masih sangat jauh," kata Anggara dalam keterangan tertulis, Kamis (2/2/2023).

"Kesimpulannya, kita rugi besar karena Formula E," tambah dia.


Dia juga menyoroti soal JakPro yang masih memiliki sisa commitment fee yang belum dibayarkan. Sehingga dia menilai ajang balap mobil listrik itu justru merugi.

"Apalagi JakPro masih harus membayar kekurangan commitment fee sekitar Rp 90 miliar lagi di luar Rp 560 miliar tadi. Masih ada utang kok berani ngomong untung?" ujarnya.

Selain itu, Ara mendesak JakPro memberikan laporan pertanggungjawaban Formula E secara resmi kepada anggota Dewan. Dia juga meminta JakPro mengganti kerugian warga Jakarta yang harus menanggung pembayaran ratusan miliar rupiah untuk ajang balapan tersebut.

"Kami minta JakPro jangan kencang di media saja, padahal laporan ke DPRD belum disampaikan. Kami yang sudah minta sejak tahun lalu. Bahkan revisi studi kelayakan pun belum diberikan," tegasnya.


JakPro Sebut Anggaran Formula E 2022 Selesai Diaudit
Diberitakan sebelumnya, JakPro menyebut hasil audit Formula E 2022 telah dirilis. JakPro mengklaim hasil audit Formula E dinilai wajar.

"Sudah (keluar). Minggu kedua bulan ini, pokoknya bulan Januari," kata VP Corporate Secretary JakPro Syachrial Syarif di DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (31/1).

Seperti diketahui, proses audit ajang balap mobil listrik itu dilakukan oleh lembaga independen atau Kantor Akuntan Publik (KAP) Jojo Sunarjo. Hal ini mengoreksi pernyataan Dirut JakPro sebelumnya, Widi Amanasto, yang menyebut audit Formula E dilakukan oleh BPK.

Lalu bagaimana hasil audit KAP? Syarif menjelaskan ada perbedaan hasil audit dengan laporan keuangan sementara yang dihimpun pada 30 September 2022.

"Hasil keuntungannya memang berbeda dari sebelumnya, ya. Kita sampaikan waktu itu (keuntungan) Rp 6 koma sekian (miliar), sekarang Rp 5,29 (miliar) setelah audit," jelasnya.

Selanjutnya, hasil audit itu diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Pembinaan (BP) BUMD DKI Jakarta dan Inspektorat DKI Jakarta.

Dari laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK DKI Jakarta, terungkap juga ada sisa commitment fee Rp 90 miliar yang masih proses pembayaran. Soal sisa commitment fee Rp 90 miliar, JakPro menyatakan tak akan membayar menggunakan APBD.

"Proses pembayaran. Belum (lunas) dibayar," kata Syarif.

Meski belum lunas, Syarif menjamin sisa uang komitmen dibayar menggunakan dana perusahaan. Dia memastikan prosesnya diselesaikan dengan skema bisnis.

"Dana perusahaan. Kita kan sudah commit B to B (business to business) semuanya, kita selesaikan secara B to B," ujarnya.

Seperti diketahui, laporan BPK menyebutkan masih adanya wajib bayar senilai 5 juta poundsterling atau Rp 90 miliar (kurs saat ini) terkait commitment fee.

Dari dokumen LHP yang didapat, Senin (20/6/2022), dalam kontrak awal direncanakan Formula E dilaksanakan selama lima musim, yaitu 2019-2024. Disebutkan biaya penyelenggaraan terdiri atas biaya tetap atau fixed cost dan biaya variabel atau variable cost.

"Total biaya tetap berupa commitment fee yang setiap tahun wajib dibayarkan selama lima musim penyelenggaraan adalah senilai GBP 122.102.000 (sekitar Rp 2,2 triliun).

https://news.detik.com/berita/d-6547...uar-rp-560-m/2

Modal 500 M....

Hutang tersisa 90 M...

Untung 5 M....

Event hanya 3 x aja....

Lalu dimana kerugian negaranya...


TTD

Eks pimpinan kpk


emoticon-Leh Uga
Diubah oleh gabener.edan 02-02-2023 06:48
muhamad.hanif.2
gigolojakart386
itilnjepat
itilnjepat dan 16 lainnya memberi reputasi
17
1.8K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan