masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Bukan Sombong atau Antisosial, Ini Dia Ciri-ciri Orang Introvert yang Perlu Dipahami
Sering disalahartikan, bukan sombong atau antisosial, ini dia ciri-ciri dari sifat orang introvert yang perlu untuk diketahui


Introvert, pasti Agan dan Sista sudah seringkali mendengar tentang istilah yang satu ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI, introvertmemiliki arti cenderung berikap, berbuat, atau bertindak menurut pikiran sendiri tanpa menghiraukan orang lain.

Dari makna tersebut tentu benar anggapan banyak orang bahwa orang-orang yang memiliki sifat dan sikap introvert sering terlihat lebih pada kecenderungan sifat sombong, angkuh, atau anti sosial meskipun sebenarnya orang yang memiliki sifat introvert ini jauh dari dugaan dan sangkaan tersebut.

Menurut TS pribadi introvert sebenarnya adalah kepribadian dari seseorang yang ingin fokus terhadap pikiran, suasana hati, dan perasaan secara internal. Itulah sebabnya banyak orang beranggapan bahwa orang dengan kepribadian introvert mereka tidak memiliki empati kepada orang sekitarnya, padahal itu semua tidak benar karena orang introvert akan sangat tulus dalam menolong orang lain, dan tidak mengharapkan imbalan atau balas jasa.




Melihat masih banyaknya orang yang salah mengartikan introvert dengan sombong dan anti sosial, berikut ini beberapa ciri-ciri orang introvert yang perlu untuk diketahui.


1. Nyaman atau Suka Menyendiri

Merasa nyaman di dalam kesendirian adalah ciri-ciri yang paling terlihat dari seseorang yang memiliki kepribadian introvert.

Orang yang memiliki kepribadian introvert mereka akan sangat sulit untuk diajak kumpul-kumpul di keramaian atau banyak orang baru, bukan karena malas atau tidak bisa berinteraksi melainkan karena malas untuk basa-basi dan berbicara tanpa ada maksud dan tujuan jelas.

2. Hanya Dapat Akrab dengan Sedikit Orang

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert mereka akan sangat pilih-pilih teman yang memang benar-benar bisa saling memahami dan mengerti satu sama lain.

Meskipun seringkali orang introvert terlihat sangat tidak asik bagi banyak orang, tetapi mereka akan sangat asik dan enjoy ketika bersama teman-teman yang satu frekuensi. Itulah sebabnya circle pertemanan orang introvert tidak begitu luas.

3. Pendiam

Untuk dapat melihat seseorang apakah berkepribadian introvert atau tidak maka Agan Sista dapat melihat seberapa aktif orang tersebut saat diajak untuk berinteraksi.

Seseorang yang berkepribadian introvert mereka akan lebih banyak diam saat bersama dengan orang yang memang bukan sahabat dekatnya, hal ini dilakukan karena orang introvert berbicara dengan banyak pertimbangan sehingga hanya berbicara saat memang benar-benar penting itupun akan secara to the points.

4. Lebih Suka Menulis Dibandingkan Berbicara

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert mereka akan lebih menyukai kegiatan menulis dibandingkan harus berbicara di hadapan umum atau seseorang.

Seorang introvert akan sangat kreatif dan imajinatif di dalam kesendirian, karena fokus mereka tidak terbagi-bagi dengan hal yang memang mereka tidak ingin untuk pikirkan.

5. Mandiri

Jika Agan dan Sista ingin melihat seseorang yang sangat mandiri maka kalian bisa melihat orang-orang dengan kepribadian introvert.

Orang yang memiliki kepribadian introvert mereka akan sangat mandiri dalam melakukan apapun termasuk dengan pekerjaan, bahkan mereka juga sangat segan untuk meminta tolong atau bantuan selagi memang masih dapat melakukannya sendiri dengan usaha yang keras sekalipun.



Berikut tadi GanSis beberapa ciri-ciri dari seseorang yang memiliki kepribadian introvert yang sering dianggap sebagai orang sombong, angkuh, dan antisosial.

Tidak sembarang orang memang dapat memahami kepribadian introvert, begitupun dengan introvert yang sulit memahami kenapa seseorang bisa menjadi sangat suka berbicara dan bertemu orang baru sebagaimana orang-orang ekstrovert lakukan setiap hari.

Perlu Agan Sista pahami bahwa saat seseorang introvert memaksakan diri untuk berada di keramaian entah itu bersama orang yang dikenal atau orang baru, mereka akan sangat lelah, pusing dan ingin segera pergi dari tempat tersebut karena memang keramaian bukan tempat nyaman bagi mereka.

Bagaimana, apakah Agan Sista sudah paham dengan kepribadian introvert?

TS pribadi tergolong seseorang yang lebih suka untuk menulis, menyendiri, dan menikmati hidup dalam ketenangan.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
mabuxtidakteler
ogahruwet
j0rji
j0rji dan 27 lainnya memberi reputasi
28
10.4K
323
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan