Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yasuhito.endoAvatar border
TS
yasuhito.endo
Syachrial Syarif Ngaku Sisa Uang Komitmen Formula E Rp 90 miliar Belum Dibayar
23, Ini Alasannya

X
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Ign Agung Nugroho
AA
Ajang Formula E.
Ajang Formula E.

https://tangerang.tribunnews.com/amp...belum-dibayar?

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Sisa uang komitmen Formula E sebesar Rp 90 miliar belum dibayar PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Perseroan daerah itu menjamin uang yang dibayar tidak menggunakan penyertaan modal daerah (PMD) dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta.

“Kalau proses pembayaran, belum dibayar,” ujar Vice President Corporate Secretary PT Jakpro Syachrial Syarif usai rapat kerja dengan Komisi B DPRD DKI Jakarta pada Selasa (31/1/2023).





Syachrial mengatakan, korporasi akan membayar duit tersebut dengan dana sendiri. Apalagi Jakpro telah berkomitmen bahwa turnamen Formula E akan digelar antarbisnis (business to business).

“Dana perusahaan, karena kami sudah komit B to B semuanya. Jadi kami selesaikan secara B to B,” katanya.

Dikutip dari Laporan Hasil Pemeriksa (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta pada 2022 lalu, terungkap bahwa Jakpro msih ada kewajiban membayar duit komitmen sebesar 5 juta Poundsterling atau setara Rp 90 miliar.



Baca juga: Ajang Balap Formula E Digelar Lima Bulan Lagi, Jakpro Berharap BUMN Bantu Jadi Sponsor



Baca juga: Winarto Sebut Lahan Parkir Ancol Defisit Gara-gara Sirkuit Formula E



Dalam kontrak awal direncanakan Formula E akan dilaksanakan selama musim dari 2019-2024. Biaya penyelenggaraan terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel.

“Total biaya tetap berupa commitment fee yang setiap tahun wajib dibayarkan selama lima musim penyelenggaraan adalah senilai GBP 122.102.000 (sekitar Rp 2,2 triliun),” demikian yang dikutip dari dokumen LHP BPK RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta.

Setelah dilakukan renegosiasi antara Jakpro dan Formula E Operations (FEO), disepakati pelaksanaan Formula E berlangsung selama tiga tahun pada 2022-2024.

Adapun biaya komitmen untuk turnamen ini adalah 36 juta Poundsterling (sekitar Rp 653 miliar).

“Sampai dengan tahun 2021 telah dilakukan pembayaran sebesar 31 juta poundsterling (sekitar Rp 563 miliar). Sisa kewajiban commitment fee sebesar 5 juta Poundsterling akan dibayarkan oleh PT Jakpro di tahun ke-3 dengan dana non-APBD,” katanya. (faf)
prabas
extreme78
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.4K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan