amekachiAvatar border
TS
amekachi
Pernah Nggak Gan Kepikiran Kenapa Ban Berwarna Hitam? Sejarah Ban Pertama Putih Lho!











Hallo Sobat Kaskuser dimana sahaja berada, semoga baik!


Semua dari kita pasti memiliki kendaraan, ada yang punya mobil dari berbagai jenis dan merk dari yang truk sampai pick up, ada yang punya sepeda dari yang moge sampai yang ontel, semuanya berlainan jenis...apa yang sama dari kendaraan yang kita miliki itu?

Pernahkah Agan merasa aneh, lho kok warna ban hampir semuanya hitam? apa pabrik bannya nggak bisa buat yang warna putih, biru,kuning atau mungkin ban warna pelangi biar ngejreng?

Sungguh tidak kreatifnya ternyata produsen ban yo Gan, beruntung saja ban banyak yang membutuhkan, coba persaingannya seperti rumah makan, ada warteg, warsun, nasi Padang belum warung bebek dan sate Madura dll kalau warung cuma jual sayur sop doang ya sebulan langsung gulung tikar!











Bukan hitam sejarah ban, ban untuk kendaraan bermesin (mobil) pertama berwarna putih, tekhnologi ban modern terjadi pertama kali ketika mobil Ford model T diluncurkan tahun 1908 dan warna bannya adalah putih, karena warna alami bahan dasar pembuat ban (karet/lateks) putih namun pada zaman itu lagi pesat pesatnya perkembangan tekhnologi hanya butuh waktu kurang dari 10 tahun si hitam langsung melumat si putih hingga tenggelam sampai sekarang penyebabnya karena ban menjadi hitam disebabkan penggunaan materiel karbon (carbon black) yang dicampur pada karet agar meningkatkan ketahanan ban saat digunakan tahun 1917, karbon hitam hanyalah karbon dalam bentuk partikel kecil produk sampingan dari sisa bahan bakar fosil yang mengalami pembakaran tidak sempurna semacam barang NG atau rijekan dan karbon hitam adalah termasuk zat yang paling hitam didunia,

Menurut ahli kimia Jack Koenig ban tanpa campuran carbon black hanya bisa bertahan sampai 8000 kilometer ini bahkan tidak sampai memenuhi standar setengah tahun penggunaan sebab setidaknya mobil akan digunakan dalam setahun hingga jarak diatas 20 ribu kilometer!

Karet murni/ban putih juga memiliki kelemahan yaitu cepat aus, tidak tahan gesekan besar, mudah keras dan retak dengan berbagai masalah seperti itu maka bisa dikatakan penggunaan ban putih itu merepotkan










Sebagaimana manusia ternyata ban juga pernah mengalami masa alay nya, sekitar tahun 1950 warna ban semakin beragam selain warna hitam dan putih, warna kuning, merah dan orange pun menghiasi dunia perbanan

Namun setelah kembali lagi diteliti warna warna gonjreng iti malah bikin ban cepat kaku, berubah warna, umur ban jadi lebih pendek karena warna akan bereaksi kimia dan mengubah sifat ban, ilmuwan juga banyak berkreasi dengan ban salah satunya memberikan campuran senyawa lilin untuk menciptakan lapisan pelindung pada polimer (mekar) hanya daja cuma bisa berguna jika ban dalam keadaan berputar prosesnya takkan bisa terjadi jika mobil dalam keadaan parkir dan ultraviolet serta ozon akan membuat ban cepat rusak!











Sedikit dari Saya tentang "Pernah Nggak Gan Kepikiran Kenapa Semua Ban Berwarna Hitam? Padahal Sejarahnya Ban Pertama Berwarna Putih Lho!" jika ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan maupun isi tulisan mohon dikoreksi, baik untuk Saya!

Sejarah tentang ban dulu itu berwarna putih dan sekarang hampir semua ban berwarna hitam, karena hitam menyimbolkan kekuatan! benarkan ucapan Saya? sepertinya benar sebab pernah ada komandan atau jendral TNI sepertinya yang dulu berteriak kepada anak buahnya seorang prajurit asal Papua "tentara itu harus hitam!"

Siap ndanemoticon-Traveller

"narasi dan opini sendiri"


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1


2

3

Spoiler for NB:

jlamp
Luthfi98
screamo37
screamo37 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.6K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan