KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Keberhasilan Ilmuwan Mengubah Sampah Plastik Menjadi Berlian Mikroskopis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63d09473a8f0f2350e1fb21e/keberhasilan-ilmuwan-mengubah-sampah-plastik-menjadi-berlian-mikroskopis

Keberhasilan Ilmuwan Mengubah Sampah Plastik Menjadi Berlian Mikroskopis


Keberhasilan Ilmuwan Mengubah Sampah Plastik Menjadi Berlian Mikroskopis

Ilustrasi. Sumber: Di sini



Penelitian baru yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications menunjukkan bahwa sains dapat mengubah sampah plastik menjadi bahan yang sangat berharga. Tim ilmuwan menggunakan laser untuk mengubah sampah plastik menjadi nanodiamonds atau berlian mikroskopis. Nanodiamonds adalah berlian yang terbuat dari karbon dan memiliki berbagai manfaat industri.

Menurut para ilmuwan, proses ini meniru kemika yang terjadi di luar angkasa. Di angkasa, tekanan dan suhu ekstrim membuat atom karbon menempel, mengubahnya menjadi berlian. Namun, para ilmuwan menyadari bahwa selama bertahun-tahun, orang telah mencoba untuk meniru proses ini di laboratorium.

Tim ilmuwan telah berhasil meniru reaksi yang terjadi di luar angkasa dalam laboratorium. Mereka menggunakan laser untuk memanaskan dan menekan sampah plastik, sehingga atom karbon dalam sampah plastik menempel satu sama lain, membentuk nanodiamonds. Tim ilmuwan juga menemukan bahwa nanodiamonds yang dihasilkan memiliki berbagai manfaat industri, seperti aplikasi medis dan teknologi kecerdasan buatan.

Namun, para ilmuwan mencatat bahwa proses ini masih memerlukan banyak penelitian dan pengembangan. Hal ini karena proses ini masih memerlukan waktu yang cukup lama dan menghabiskan banyak energi. Meskipun demikian, para ilmuwan yakin bahwa proses ini dapat menjadi cara yang efektif untuk mengangkat limbah plastik dan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan industri.

Keberhasilan tim ilmuwan ini sangat menarik karena memungkinkan sampah plastik yang dibuang secara tidak semestinya dapat digunakan untuk memproduksi berbagai bahan berharga. Selain itu, proses ini juga akan membantu dalam upaya global untuk meminimalkan limbah plastik dan mengurangi dampaknya pada lingkungan.

Proses yang digunakan tim ilmuwan dapat diterapkan pada berbagai jenis plastik yang banyak ditemukan di alam. Hal ini akan memungkinkan para ilmuwan untuk mengubah berbagai jenis limbah plastik menjadi bahan berharga dan memanfaatkannya untuk berbagai aplikasi industri. Tim ilmuwan juga berharap bahwa teknik ini dapat digunakan untuk mengurangi produksi limbah plastik dan membantu dalam upaya global untuk melindungi alam.

Meskipun proses ini menjanjikan, para ilmuwan mencatat bahwa masih ada beberapa kendala yang harus diatasi. Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama dan menghabiskan banyak energi. Ini berarti biaya produksi nanodiamonds yang dihasilkan dari limbah plastik akan lebih tinggi daripada nanodiamonds yang dihasilkan secara alami.

Selain itu, nanodiamonds yang dihasilkan dari limbah plastik juga memiliki komposisi kimia yang berbeda dari nanodiamonds yang dihasilkan secara alami. Hal ini dapat membatasi aplikasi nanodiamonds yang dihasilkan. Namun, para ilmuwan berharap bahwa dengan lebih banyak penelitian dan pengembangan, teknik ini dapat diperbaiki hingga menjadi cara yang efektif untuk menangani masalah limbah plastik.

Namun, keberhasilan tim ilmuwan ini masih merupakan langkah penting dalam menangani masalah limbah plastik. Dengan proses ini, limbah plastik yang tidak berguna dapat dikonversi menjadi bahan berharga yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai industri.

Selain itu, teknik ini juga akan membantu dalam upaya global untuk melindungi alam dan mengurangi dampak limbah plastik. Dengan teknik ini, kita dapat mengubah sampah plastik yang merusak lingkungan menjadi bahan berharga yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai aplikasi industri.

Kesimpulannya, tim ilmuwan telah berhasil menggunakan laser untuk mengubah sampah plastik menjadi nanodiamonds. Nanodiamonds ini memiliki berbagai manfaat industri, seperti aplikasi medis dan teknologi kecerdasan buatan. Teknik ini akan membantu dalam upaya global untuk melindungi alam dan mengurangi dampak limbah plastik. Namun, masih ada beberapa kendala yang harus diatasi agar proses ini dapat menjadi lebih efektif.


Referensi tulisan: treehugger.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 15 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
mengurangi sampah plastik
profile-picture
profile-picture
sc5 dan bang.toyip memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
semoga benar-benar berhasil
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
mantaps
Lebih baik lagi kita mengurangi produksi sampah
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
sampah bisa jadi berlian emoticon-Matabelo emoticon-Tepuk Tangan emoticon-Wow
profile-picture
sc5 memberi reputasi
bantar gebang bisa jadi gunung nanodiamonds tuh...
Bisa mengubah sampah menjadi barang yang berharga....keren....
Menambang di perut bumi ❎
Menambang di bandargebang✅
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
profile-picture
azhuramasda memberi reputasi
Diubah oleh semokmontok7980
Quote:


Kayaknya berlian biasa jg emang dari karbon murni deh. Ya mgkn aplikasi pemanfaatanya beda antara yg asli dr alam dan yg dr plastik.

Quote:

Keberhasilan Ilmuwan Mengubah Sampah Plastik Menjadi Berlian Mikroskopis
Dan jutaan org tidak menyadari. emoticon-Cool
Diubah oleh NgisupGue
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
kalo beneran berhasil, bener2 bisa ngurangin permasalahan sampah plastik yg semakin lama semakin tdk bisa dibendungemoticon-Sorry
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
harga berliannya berapa itu?
profile-picture
sc5 memberi reputasi
Jaman sekarang sebenernya gampang bikin berlian.
Rekayasa di laboratorium bisa.
bahkan asap sisa pembakaran bisa jadi berlian (asal ada karbon).

makanya berlian yang ditemukan di alam wajib ada sertifikat bahwa itu berlian alami.
profile-picture
decodeca memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Semoga berhasil gan
emoticon-Wkwkwk karbon padat yg diasah sampe klimis trus dikasi nama keren berlian mirkopis emoticon-Wkwkwk
emoticon-Wagelaseh
Kalo sukses, gantian si berlian asli yg auto jd sampah... Udah gak rare statusnya emoticon-Ngakak
Keren...
Mancab nih
nice sharenya
Oh kitu nyah
Halaman 1 dari 2


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di