masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tahu Alasan Kenapa Jam di Toko atau Iklan Selalu Pukul 10.10? Fakta Ini Mengejutkan
Bukan sembarangan, ternyata ini alasan kenapa jam baru di toko atau iklan selalu tunjukkan pukul 10 lebih 10


Jam, merupakan alat yang digunakan untuk mengukur dan mengetahui waktu di setiap tempat berdasarkan peraturan peredaran rotasi bumi dimana membutuhkan 24 jam untuk satu hari satu malam.

Untuk penemuan jam sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang dan dari berbagai versi, ada yang menyebutkan bahwa penemu jam yang pertama kali adalah seorang pria asal Jerman bernama Peter Henlein, ada pula yang menjelaskan tentang sejarah jam tangan ditemukan oleh Abraham-Louis Breguet untuk hadiah Ratu Napoleon Caroline Murat dan saudara perempuannya.

Dibalik sejarah panjang jam, apakah Agan dan Sista tahu tentang fakta menarik bahwa setiap jam yang dijual di toko atau ditampilkan di iklan selalu menunjukkan pukul 10 lebih 10 atau 10.10?

Jika Agan Sista peka terhadap sesuatu yang kecil maka kalian akan melihat fakta unik tersebut dan kemudian bertanya-tanya tentang alasannya.

Berawal dari rasa penasaran TS, berikut ini alasan kenapa jam tangan atau jam dinding baru yang dijual di toko atau ditampilkan di iklan selalu menunjukkan pukul 10.10!




Berdasarkan beberapa artikel yang TS baca terkait alasan kenapa jam baru yang dijual di toko atau ditampilkan di iklan selalu menunjukkan pukul 10 lebih 10, ternyata ada beberapa alasan yang melatarbelakangi jam tersebut diatur pada waktu tersebut.

Alasan pertama, jam baru yang dijual di toko atau ditampilkan di iklan menunjukkan pukul 10 lebih 10 yaitu untuk menunjukkan merk atau brand yang dijual.

Di berbagai negara merk dan brand jam terletak tepat di tengah bagian jam di atas titik pasang jarum jam. Merk dan brand tersebut akan terlihat dengan jelas dan tidak terhalang oleh jarum jam saat jarum tersebut tepat berada di pukul 10 lebih 10 sehingga waktu tersebutlah yang dipilih sebagai aturan baku toko jam hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia, Jerman, dan Jepang.

Alasan Kedua, saat jam disetel pada pukul 10.10 maka jarum jam akan membentuk huruf V. Huruf V bagi orang Jepang digunakan untuk melambangkan kata Victory, dimana itu memiliki arti kemenangan.

Bukan hanya tentang V yang berarti Victory alias kemenangan, disebut bahwa alasan jam yang dijual di toko menunjukkan pukul 10.10 adalah untuk mengatur tampilan paling menarik, karena jika diamati dengan jeli jarum jam akan terlihat seperti orang tengah tersenyum.

Alasan Ketiga, selain agar merk atau brand terlihat jelas, membentuk huruf V yang diartikan Victory, serta menunjukkan tampilan yang menarik membentuk senyuman, ternyata alasan lain dari diaturnya jam baru yang dijual di toko atau iklan pukul 10.10 yaitu agar tidak menghalangi elemen-elemen tambahan pada jam.

Elemen-elemen tambahan seperti motif, tanggal atau yang lain, biasanya diletakkan pada garis jam pukul 9, 6, dan 3. Jika jarum jam diletakkan pada pukul 10 lebih 10 maka bukan hanya merk dan brand yang terlihat melainkan juga elemen-elemen tambahannya.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang alasan kenapa jam baru yang dijual di toko atau ditampilkan di iklan selalu menunjukkan pukul 10 lebih 10.

Dari fakta kecil yang jarang disadari ini dapat memberikan pelajaran bahwa semua hal yang ada dan terjadi sudah diatur sedemikian rupa untuk menunjukkan kesan, pesan, dan pengalaman yang berbeda.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
nurhuda008
koi7
screamo37
screamo37 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
6.8K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan