Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Fakta Menarik Simbol Zodiak Aries, Taurus, dan Gemini, Ternyata dari Tokoh Mitologi
Memiliki sejarah yang jarang orang ketahui, ternyata simbol zodiak Aries, Taurus, dan Gemini berasal dari tokoh mitologi Yunani kuno


Zodiak, mungkin Agan Sista mengenal istilah tersebut sebagai simbol tanggal dan bulan lahir yang selalu dikaitkan dengan ramalan watak, sifat, karakter, percintaan, rezeki, dan lain sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI, Zodiak merupakan lingkaran khayal langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi kedalam dua belas tanda perbintangan, adapun ke dua belas zodiak atau bintang tersebut dikategorikan berdasarkan bulan lahir seseorang di dalam satu tahun yang terdiri atas 12 bulan.

Sebagaimana Agan dan Sosta ketahui bahwa sesuai dengan jumlah bulan yang ada di dalam satu tahun, terdapat dua belas zodiak yang mewakili tiap-tiap satu bulan dengan nama dan juga simbol yang berbeda. Setiap zodiak selalu dikaitkan dengan karakter dan sifat pemiliknya dimana setiap bulan memang dipercaya memiliki kecenderungan yang berbeda-beda dengan bulan yang lain.

Membaca berbagai hal menggunakan zodiak dapat dikatakan menarik bagi orang-orang yang memang percaya tentang perhitungan dengan prinsip astrologi untuk meramal sesuatu. Hanya saja memang bagi sebagian orang yang lain, mempercayai ramalan bintang dianggap sebagai sebuah hal yang musrik karena hanya sebuah kebetulan semata jika memang benar-benar terjadi dan sesuai fakta.

Tapi apakah Agan dan Sista sebenarnya tahu bahwa dari 12 simbol zodiak yang ada itu memiliki sejarah untuk perwujudannya?
Berikut ini sekilas tentang sejarah perwujudan simbol zodiak Aries, Taurus, dan Gemini.


Quote:

1. Aries

Lahir di tanggal 21 Maret sampai dengan 19 April maka Agan Sista memiliki zodiak Aries. Zodiak Aries sendiri digambarkan dengan simbol kuda dengan tanduk yang panjang.

Berdasarkan beberapa sumber artikel yang TS baca, simbol dan perwujudan dari zodiak Aries sendiri ternyata berasal dari mitologi Yunani kuno tentang seekor domba berbulu emas yang dapat terbang ke langit yang memiliki nama Chrysomallus.

Chrysomallus sendiri merupakan domba yang diutus oleh peri Awan Nephele untuk menyelamatkan anaknya yang bernama Helle dan Phrixus yang akan dikurbankan untuk para dewa.

Pada saat menyelamatkan kedua bayi dari peri Awan Nephele, Chrysomallus tidak sengaja menjatuhkan salah satu anak dari peri Awan Nephele. Sebab merasa bersalah akhirnya Chrysomallus mengorbankan dirinya sendiri pada dewa, dan karena jasanya inilah dewa Zeus menjadikan Chrysomallus sebagai konstelasi Aries.


Quote:

1. Taurus

Lahir di tanggal 20 April sampai dengan 20 Mei maka Agan Sista memiliki zodiak Taurus dengan simbol banteng.

Dibalik banteng yang menjadi simbol zodiak Taurus ternyata melambangkan sosok dewa Zeus yang kuat dan hebat dengan kemampuan dapat mengubah bentuk menjadi apapun yang diinginkannya.

Menurut mitologi Yunani kuno perwujudan banteng zodiak Taurus adalah sosok dari dewa Zeus yang mengubah dirinya menjadi seekor banteng putih untuk menarik perhatian Europa seorang putri dari wilayah Phoenicia di Timur Tengah.

Berhasil membuat putri Europa tertarik, dewa Zeus membawa terbang Europa ke sebuah samudera di Yunani Kuno, dewa Zeus merubah dirinya menjadi seekor elang dan merudapaksa Europa. Mengingat perselingkuhannya tersebut dewa Zeus meletakkan simbol banteng untuk konstelasi Taurus.


Quote:

3. Gemini

Lahir di tanggal 21 Mei sampai dengan 20 Juni maka Agan Sista memiliki zodiak Gemini yang dilambangkan dengan dua orang anak kembar.

Dibalik simbol dua anak kembar yang ada pada zodiak Gemini menurut mitologi Yunani kuno adalah perwujudan dari kakak beradik Castor dan Pollux putra dari Leda dari dua suami yang berbeda.

Pollux merupakan putera dari Dewa Zeus sehingga dirinya hidup kekal dan abadi, sedangkan Castor adalah putera dari Raja Sparta bernama Tyndarus.

Menjadi dua bersaudara yang sangat akrab, Castor dan Pollux memiliki kegemaran dan kehebatan masing-masing. Castor menjadi seorang penunggang kuda yang hebat sedangkan Pollux memiliki tenaga yang sangat kuat.

Mirisnya Castor harus mati saat berperang, dan membuat Pollux putus asa meminta ayahnya Zeus untuk mencabut keabadiannya agar bisa kembali bersama Castor.
Dewa Zeus tidak mewujudkan permintaan Pollux melainkan menyatukan Pollux dan Castor menjadi konstelasi zodiak Gemini.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang perwujudan dari zodiak Aries, Taurus, dan Gemini yang jarang orang ketahui.

Percaya tidak percaya tentu menjadi pilihan bagi masing-masing orang GanSis, karena kita juga tidak dapat memaksakan kehendak atau pilihan untuk orang lain.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
lutfigilang01
extreme78
nurhuda008
nurhuda008 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
5.7K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan