mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Kronologi 2 Mahasiswa Ditangkap Diduga Suplai Senpi ke KKB, Berawal dari Kecurigaan





JAYAPURA, iNews.id - Petugas gabungan TNI-Polri menangkap dua mahasiswa diduga sebagai penyuplai senjata api dan amunisi untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Penangkapan keduanya terjadi di Pelabuhan Tradisional Iwot, Kampung Sokanggo, Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan, Rabu (18/1/2023).

Kapolres Boven Digoel AKBP I Komang Budiartha mengatakan, identitas kedua pemuda tersebut berinisial AH (20) dan MK (22). Dari tangan mereka diamankan 4 pucuk senjata api laras panjang, 18 amunisi peluru kaliber 12 GA dan uang tunai Rp3,8 juta.

"Penangkapan tersebut tidak sengaja dilakukan. Sebab awalnya aparat hanya merespons adanya laporan tentang orang mabuk yang membuat kekacauan di Pelabuhan Tradisional Iwot pada Rabu pagi," katanya, Jumat (20/1/2023).

Menurutnya, awalnya polisi menerima informasi ada pesta miras di Pelabuhan Iwot. Saat menuju ke lokasi, anggota tim patroli menemukan lima orang yang mencurigakan sehingga personel langsung menghentikannya. Namun saat akan diperiksa, tiga orang melarikan diri dan dua orang akhirnya dapat ditangkap.

"Kini kedua orang tersebut kemudian dibawa ke Polres Boven Digoel untuk diperiksa dan sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus kepemilikan senjata api ilegal," ucapnya.

Kedua pemuda berstatus mahasiswa ini dijerat Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 jo Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara setinggi-tingginya 20 tahun.

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang karena aparat masih solid dalam menjaga keamanan di Kabupaten Boven Digoel. Memang wilayah perbatasan sangat luas dan banyak akses ke Papua Nugini (PNG), untuk itu meminta dukungan kepada Pemda," katanya.

Menurutnya saat penangkapan, pihaknya dibantu Kasdim 1711 Mayor CPL Markus Helaha, kemudian Wadansatgas Pamtas Yonif 725/WRG Kapten Inf Adhita Sukma Yudistira dan Komandan Pos Kopasgat Letda Pas Mufid Abdullah.

https://papua.inews.id/berita/kronol...gaan-polisi/2.


Dua Pemuda yang Ditangkap Saat Hendak Selundupkan Senjata Api ke KKB Ternyata Berstatus Mahasiswa

H dan MK, dua pemuda yang ditangkap saat hendak menyelundupkan senjata api ke KKB di Pegunungan Bintang, Papua ternyata berstatus mahasiswa. Foto aparat Kepolisian sedang bersiaga setelah terlibat adu tembak dengan KKB di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Selasa (13/12/2022).
Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - AH dan MK, dua pemuda yang ditangkap saat hendak menyelundupkan senjata api ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Pegunungan Bintang, Papua ternyata berstatus mahasiswa.

Hal ini diketahui saat keduanya diperiksa polisi, kedua pelaku warga asli Boven Digoel tersebut mengaku berstatus mahasiswa.

Diketahui sebelumnya, dua pemuda itu ditangkap Kepolisian Resort Boven Digoel saat hendak menyelundupkan senjata api ke Pegunungan Bintang, Papua.

Kedua pelaku ditangkap di Pelabuhan Iwot di Jalan Iwot Kampung Sokanggo, Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan pada Rabu (18/1/2023).

Kedua simpatisan itu diringkus saat hendak menaiki speedboat.

Informasi dihimpun Tribun-Papua.com, Jumat (20/1/2023) siang, penangkapan dilakukan setelah polisi mendapat informasi dari warga terkait rencana penyelundupan senjata api dari PNG menuju Boven Digoel.

Informasi itu menyebut, penyelundupan bakal dilakukan melalui jalur sungai ke Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

Polisi lalu melakukan pengintaian hingga menangkap kedua pelaku di Pelabuhan Iwot.


Sebelum ditangkap, dua pemuda itu menggunakan motor berboncengan menuju area pelabuhan.

Setelah dicegat dan diperiksa, polisi menemukan 4 pucuk senjata api laras panjang jenis Harrington dan Richardson (engkel loop) yang dibungkus tikar.

Sebanyak 18 butir amunisi juga turut disita polisi.

Selanjutnya, kedua pelaku digelandang ke Markas Polres Boven Digoel.

Hingga berita ini tayang, Tribun-Papua.com masih berupaya mengkonfirmasi pihak kepolisian.

https://www.tribunnews.com/regional/...tus-mahasiswa.

Mahasiswa pun jadi penyeludup senjata ke teroris emoticon-Big Grin


ian.benjamin
nomorelies
sorken
sorken dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan