depata.prasetya
TS
depata.prasetya
Tragedi Paiton, Tragedi Yang Merubah Standar Keselamatan Bus Di Indonesia




Apa kabar Para Pecinta Horrordimana pun kalian berada
Semoga mereka yang tak kasat mata selalu menemani kalian.



Pada dasarnya sebuah transportasi yang berada selain di darat (pesawat dan kapal) memiliki resiko kecelakaan yang besar, bahkan ketika transportasi seperti pesawa dan kapal mengalami kecelakaan, resiko korban selamat sangat-sangat kecil. Namun faktanya kecelakaan transportasi sering terjadi di darat, yaitu seperti motor atau mobil. Dan salah satu kecelakaan transportasi yang pernah sempat menghebohkan Indonesia adalah yang terjadi pada tahun 2003 oleh sebuah bus. Orang menyebut kecelakaan tersebut sebagai Tragedi Paiton.

Tragedi Paiton merupakan sebuah kecelakaan bus yang berisikan sekitar 50an orang yang diantaranya merupakan murid dan guru di SMK Yayasan Pembina Bangsa Generasi Muda (Yapemda), Sleman Yogyakarta. Alasan kenapa dinamakan tragedi Paiton adalah karena lokasi kecelakaan ini berada di dekat PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Paiton.

Kecelakaan ini melibatkan sebuah bus pariwisata dan dua buah truk. Kecelakaan bermula ketika bus pariwisata yang hendak pulang dari melakukan study wisata ke Bali melewati tanjakan di tikungan Jalan Raya Surabaya-Banyuwangi. Saat itu terdapat sebuah truk kontainer yang tiba-tiba memotong jalur dan menabrak bagian depan bus. Lalu kondisi bus makin diperparah ketika ada sebuah truk tronton yang juga menabrak bagian belakang bus. Jadi kondisi bus pada saat itu berada di posisi terjepit diantara dua truk, depan dan belakang.

Bus yang terjepit truk tersebut kemudian terbakar, yang diketahui hal tersebut berasal dari kebocoran tangki bahan bakar truk kontainer yang mengenai sekering bus. Percikan api kemudian muncul dari bagian depan bus yang langsung mengakibatkan seluruh penumpang di bus tersebut panik. Hal tersebut makin di perparah ketika kobaran api semakin cepat membesar yang di karenakan terdapat beberapa barang yang mudah terbakar seperti barang-barang dari para penumpang. Mereka yang panik kemudian mulai mencoba untuk menyelamatkan diri dengan cara keluar dari pintu belakang bus, namun sayang nya pintu bagian belakang bus rusak dan tidak dapat dibuka karena hantaman dari truk tronton. Bahkan para penumpang mencoba untuk memecahkan kaca bus namun bus tersebut ternyata tidak dilengkapi dengan alat pemecah kaca. 

Tercatat korban dari tragedi Paiton mencapai 50an orang termasuk murid, guru, dan pemandu wisata. Diketahui korban tewas mengenaskan dalam kondisi tubuh terbakar di dalam bus. Para korban yang tewas ditemukan dibagian belakang bus, tepatnya di dekat pintu keluar bus.

Akibat dari kejadian tersebut, banyak jenazah yang tewas karena luka bakar serius hingga bagian tubuh yang hilang. Bahkan beberapa diantara jenazah tersebut sudah sulit untuk dikenali.

Para murid yang menjadi korban dari tragedi Paiton langsung dipulangkan dari Situbondo ke Yogyakarta. Jenazah para murid langsung diantarkan ke rumah duka, namun ada juga keluarga korban yang menjemput nya sendiri ke sekolah.


Spoiler for Tragedi Paiton:


Walaupun tragedi Paiton sudah memakan banyak korban jiwa, tapi tragedi Paiton lah yang disebut-sebut sudah mengubah standar keselamatan bus di Indonesia seperti diharuskan mempunyai palu pemecah kaca, tabung pemadam kebakaran, dan tombol pembuka pintu otomatis.


Jika ada tambahan/koreksi dalam thread ini, Komen Dibawah. Dan jika GanSist punya cerita horror yang unik versi GanSist atau ada saran untuk next thread horror selanjutnya, Komen Dibawah





Tulisan : Opini Pribadi
Sumber Gambar : Gambar1, Gambar2, Gambar3, Gambar4
Referensi : 1, 2, 3, 4, 5





nomoreliesunnamed135yasyah81
yasyah81 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
7.1K
53
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan