Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kecimprinkAvatar border
TS
kecimprink
NasDem Jawab PDIP soal Dosa yang Belum Di-laundry Anies: Anda Ini Siapa
NasDem Jawab PDIP soal Dosa yang Belum Di-laundry Anies: Anda Ini Siapa

Wasekjen NasDem Hermawi Taslim merespons soal dosa Anies Baswedan yang disebut oleh senior PDIP Deddy Sitorus. Taslim lantas mempertanyakan siapa sosok Deddy sehingga menuduh orang berdosa.

"Anda sudah menuduh orang berdosa, anda ini siapa? yang bisa mengatakan dosa itu siapa," kata Taslim dalam acara Adu Perspektif kolaborasi detikcom dengan Total Politik bertema 'Koalisi Partai: Makin Erat atau bubar', Senin (16/1/2023).

Taslim kemudian berbicara mengenai politik identitas pada Pilgub DKI Jakarta tahun 2017. Menurutnya yang memulai isu politik identitas adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang menyinggung soal surat Al-Maidah.




"Kalau misalnya bicara tentang politik identitas, justru sebaliknya, justru yang memulai politik identitas itu yang membacakan Al-Maidah, ayat itu," tuturnya.

Deddy yang juga hadir dalam diskusi itu menyebut banyak pihak yang trauma dengan apa yang terjadi pada tahun 2017. Dia menyebut pihak tersebut tidak mau berbicara.

"Dengan Anies masih banyak yang punya trauma dan dia tidak bersuara dengan itu kepada publik," kata Deddy.




Taslim lantas memberikan jawaban. Dia menyebut Anies tidak bisa memilih siapa yang akan menjadi pendukungnya.



"Peristiwa 2017 itu kan kalau anda tidak bisa memilih, saya mau ini yang milih saya, ini yang tidak milih saya," kata Taslim.


Deddy kemudian menyinggung soal pendukung Anies yang melarang pendukung Ahok untuk salat di masjid. Anies, kata Deddy, harusnya memberi pemahaman kepada pendukungnya bahwa hal itu tidak benar.

"Yang harusnya dipersoalkan Pak Anies adalah apa yang terjadi misalnya ketika pendukungnya mengatakan pendukung Ahok tidak boleh salat di masjid, dia harus mengatakan itu salah, bukan memilih pendukung, tapi mengoreksi apa yang terjadi di lapangan dalam rangka meraih kekuasaan itu," jelas Deddy.

"Itu semua persepsi, mari kita lihat fakta. Beliau bisa melakukan yang lebih dari apa yang dituduhkan oleh Deddy," jawab Taslim.

Deddy menjawab bahwa dia tidak memberikan tuduhan kepada Anies. Namun, dia menyayangkan Anies tidak pernah berbicara tentang apa yang terjadi pada Pilgub 2017 itu.

"Itu bukan tuduhan, saya tidak menafikan setelah dia berkuasa Anies melakukan beberapa hal yang terkait dengan pluralisme. Tetapi dosa yang terjadi pada Anies itu he never speak about that issue," tuturnya.

"Yang saya masuk dosa di sini dalam tanda kutip loh, bukan dalam konteks agama. Dosa yang membuat sampai sekarang banyak orang against Anies, itu yang kita diskusikan, saya bukan ahli agama," imbuhnya.

https://news.detik.com/pemilu/d-6519...nda-ini-siapa?
Diubah oleh kecimprink 17-01-2023 03:11
tenpm179002
gabener.edan
gabener.edan dan tenpm179002 memberi reputasi
0
2K
59
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan