xianying21Avatar border
TS
xianying21
4 Lagu Noah dengan Makna Yang Paling dalam, Tak Cuma Cinta-Cintaan Doang


Noah, tentunya sudah menjadi grup musik dengan nama besar di Indonesia sejak masih bernama Peterpan. Dibentuk pada tahun 2000, grup musik yang digawangi Ariel ini mulai menapaki jalan kesuksesan lewat album pertamanya yang berjudul Taman Langit pada tahun 2003. Sebelumnya, mereka turut mengisi album kompilasi Kisah 2002 Malam setahun sebelumnya. 

Namun, Peterpan benar-benar melambung tinggi melalui album Bintang di Surga yang merupakan album kedua yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2004. Melalui album inilah Peterpan yang kini bernama Noah menjelma menjadi salah satu grup musik paling berpengaruh di tanah air. 

Berbicara tentang Noah dengan Ariel-nya, ada satu yang menjadi ciri khas yaitu lirik lagu yang puitis dan kerap sulit dimengerti oleh awam karena maknanya perlu digali lebih jauh. Wajar saja, karena Ariel adalah seorang pengagum Kahlil Gibran, seorang seniman dan penyair besar berdarah Lebanon-Amerika. 

Sebagian lagu Noah bertemakan cinta romansa, namun ada juga yang temanya lebih umum. Dari semua lagu Noah, ada empat lagu yang menurut saya mengandung makna yang dalam bahkan mengandung nilai kehidupan di dalamnya. Apa saja Noah yang dimaksud?

1. Bintang di Surga


Menurut saya, lagu ini adalah lagu terbaik yang pernah diciptakan oleh Ariel. Lagu Bintang di Surga juga menjadi judul albumnya dan urutan lagunya menjadi yang paling akhir di album tersebut. 

Secara garis besar, lagu ini mengisahkan seseorang yang mengharapkan sesuatu yang sangat indah. Surga adalah gambaran tempat terindah dan luar biasa. Makna lagu ini bisa diartikan secara berbeda-beda oleh setiap orang dan itulah hebatnya Ariel dalam menulis sebuah lagu.

Lagu ini juga dapat diartikan bagaimana ada seseorang yang punya banyak hal dalam dirinya namun tidak dapat memiliki sesuatu yang didambakannya. 

2. Tak ada yang Abadi


Lagu Noah yang satu ini merupakan salah satu bagian dari album Sebuah Nama, Sebuah Cerita. Mungkin lagu ini juga menjadi lagu Noah yang paling mudah dipahami artinya, meski demikian lagu Tak ada yang Abadi ini tetaplah mengandung makna yang sangat mendalam.

Ariel sebagai penulis lagu ini intinya ingin menyampaikan kalau benar-benar tidak ada yang abadi di dunia ini. Tidak akan selamanya kita ditemani oleh orang yang disayang. Jiwa yang lama segera pergi, bersiaplah para pengganti. 

Maksudnya adalah manusia sedari dulu sampai sekarang melakukan estafet kehidupan dan tidak ada yang abadi satu pun. Generasi sekarang pasti akan musnah dan digantikan oleh para pengganti, dan begitulah seterusnya. 

3. Langit tak Mendengar


Lagu ini liriknya cukup singkat tapi maknanya juga cukup dalam. Lagu Langit tak Mendengar dirilis dalam album Alexandria pada 2005 silam. 

Pendek kata, lagu ini menceritakan seseorang yang penasaran dan bertanya-tanya kenapa dia dilahirkan ke dunia. Hari berganti dengan hari dan tetap tak memahami kenapa dia terlahir ke bumi dan apakah hidupnya tidak berarti.

Bagian lirik yang menyatakan kebingungan tentang arti hidup adalah aku bertanya pada langit tua, langit tak mendengar. Bisa diartikan sebagai seseorang yang berkomunikasi dengan tuhannya dan seolah tuhan tidak mendengar. 

4. Walau Habis Terang


Lagu Noah lainnya yang mengandung makna paling dalam adalah Walau Habis Terang. Lagu ini masuk dalam jajaran lagu di album Sebuah Nama, Sebuah Cerita. Lagu ini mengisahkan tentang manusia yang mengalami sesuatu, yaitu sesuatu yang dialami oleh banyak orang. Apa itu? Terpuruk dan kehilangan. 

Seringkali kita mendapati orang yang jatuh dari kesuksesannya dan kehabisan sinar terang yang dimilikinya ataupun orang yang terpuruk karena hal lainnya. Lagu ini mencoba menceritakan hal tersebut.

Lagu ini juga menyampaikan pesan kalau kita harus terus berjalan walau habis terang. Dengan kata lain lagu ini adalah motivasi hidup dengan lirik yang indah.

Bagaimana, apakah selain empat lagu Noah di atas, lagu Noah apalagi yang menurutmu punya makna yang sangat mendalam menurut agan? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
0
2.3K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan