masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Mau Tahu Kenapa Orang Tua Bersikap Seperti Anak Kecil? Ini Alasan dan Penyebabnya
Penasaran kenapa seseorang bisa menjadi seperti anak kecil di masa lansia?
Ternyata ini alasan dan penyebabnya


Mengurus orang tua, kebanyakan anak pasti akan merasa sangat kesusahan karena bukan hanya harus mengurus untuk memberikan makan melainkan juga harus merawat sebagaimana merawat bayi yang belum dapat berjalan.

Bukan hanya makan yang harus disiapkan, mandi pun harus dimandikan, dan apapun harus disiapkan, apa lagi jika orang tua yang dirawat mengalami penurunan kesehatan, maka akan ada penanganan dan perawatan khusus yang harus dilakukan.

Selain harus rela untuk membantu melakukan banyak hal karena memang itu sudah menjadi tanggung jawab seorang anak, tentu Agan Sista juga harus bersabar jika orang tua kalian selalu bersikap seperti anak kecil yang suka ngambek.

Saat orang tua sudah mengalami kondisi tersebut maka Agan Sista sudah harus siap jika mereka menuntut banyak hal, meminta sesuatu yang sulit untuk didapatkan, dan sering menilai kalian tidak ikhlas atau tidak bisa merawat orang tua.

Kondisi orang tua yang berubah bersikap seperti anak kecil yang suka ngambek ini sangat unum terjadi GanSis, dan ternyata ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebabnya.

Berikut ini alasan kenapa orang tua menjadi seperti anak kecil kembali setelah mereka masuk kedalam usia lanjut atau lansia.




Penurunan Fungsi Kognitif, merupakan alasan kenapa seseorang bisa kembali berperilaku seperti anak kecil di usianya yang sudah lanjut.

Menurunnya fungsi kognitif akan membuat otak seseorang mengalami penciutan yang mana itu membuat ingatan mereka menurun, tidak bisa melakukan sesuatu yang biasanya dapat dilakukan dengan mudah, atau melupakan sesuatu yang sebenarnya sangat mudah untuk dikerjakan bahkan untuk kegiatan atau aktivitas sederhana sekalipun.

Masih berkaitan dengan penurunan fungsi kognitif, saat seseorang memasuki usia lansia dan orang tersebut mengalami penurunan dari berbagai hal maka juga akan berdampak pada sisi psikologis.

Saat penurunan fungsi kognitif sudah terjadi terus menerus, maka akan membuat seseorang merasa kecewa pada dirinya sendiri, benci karena sudah tidak bisa melakukan apapun, dan menganggap bahwa mereka hanya menjadi beban bagi kehidupan orang lain termasuk dengan anak dan orang sekitarnya.

Uniknya mereka melimpahkan rasa kecewa dan kekesalan pada dirinya sendiri dengan mengalami perubahan mood yang sangat sensitif, sehingga mereka lebih mudah ngambek dan sulit untuk dimengerti.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang alasan kenapa seseorang dapat bersikap seperti anak kecil ketika sudah memasuki usia lanjut atau lansia.

Sebagaimana seorang anak tentu harus banyak bersabar GanSis, meskipun memang akan sangat sulit untuk merawat orang tua yang fisik, pikiran dan perasaannya kembali seperti anak-anak.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil bersama.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
hallowwolf94
fathroni
Seno312
Seno312 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.7K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan