masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Penasaran Bagaimana Hewan Berkomunikasi Antar Sesamanya? Berikut Ini Cara-caranya
Bingung bagaimana cara hewan-hewan berkomunikasi antar sesamanya?
Berikut ini beberapa cara-caranya


Cara berkomunikasi hewan, mungkin Agan dan Sista ada yang pernah merasakan penasaran tentang bagaimana cara hewan berkomunikasi antar sesamanya sebagaimana yang TS sedang alami.

Jika pada manusia kita dapat berkomunikasi dengan berbicara menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah tertentu, apakah pada hewan ada bahasa-bahasa untuk berkomunikasi seperti halnya bahasa nasional atau bahasa daerah yang digunakan oleh manusia?

Lantas apakah seekor hewan bisa menyampaikan pesan kepada hewan lain dengan menggunakan bahasa yang mereka gunakan?

Rasa penasaran tentu tidak akan pernah terjawab jika kita hanya berdiam diri tidak mencari tahu tentang jawabannya GanSis, dan setelah TS telusuri dari berbagai sumber ternyata ada beberapa cara khusus hewan dalam berkomunikasi dengan sejenisnya, dan cara-cara yang dimiliki oleh setiap hewan itu berbeda, memiliki keunikan masing-masing yang mungkin Agan Sista tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Berikut ini beberapa cara hewan berkomunikasi dengan sejenisnya yang mungkin membuat GanSis penasaran tentang apa yang sedang hewan-hewan tersebut bicarakan.




Sebagaimana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunikasi memiliki arti pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami.

Adapun saat Agan dan Sista memahami tentang arti dari komunikasi maka arti tersebut tetap sama jika digunakan pada hewan, yaitu menyampaikan dan menerima pesan dari sejenisnya atau berbeda jenis.

Dilansir dari berbagai sumber bahwa ilmy yang mempelajari tentang cara berkomunikasi antar hewan disebut dengan istilah Zoosemiotik. Ilmu Zoosemiotik mempelajari bahwa komunikasi diantara spesies hewan sejenis tidak hanya dapat dilakukan melalui suara, melainkan dapat disampaikan dengan visual seperti gerak tubuh (isyarat), ekspresi wajah, tatapan mata, dan juga penciuman, bahkan untuk beberapa jenis hewan yang ada di air mereka dapat berkomunikasi dengan menggunakan sinyal atau getaran frekuensi tertentu.

Adapun contoh terkait komunikasi hewan sejenis ini dapat ditemui pada hewan Monyet Titi asal Amerika Selatan, mereka dapat menyusun kalimat peringatan yang ditujukan kepada kelompoknya saat ada bahaya yang mengancam entah itu dari manusia atau hewan lain. Panggilan bahaya tersebut disusun secara teratur sebagaimana manusia menyusun kalimat untuk berbicara dengan sesamanya, dan mereka Monyet Titi ini juga memberitahukan tentang asal datangnya bahaya yang mengancam mereka.

Quote:


Bukan hanya Monyet Titi Amerika Selatan, ada hewan-hewan lain yang juga memiliki cara unik dalam berkomunikasi dengan teman sejenisnya.

Lumba-lumba yang berkomunikasi menggunakan sistem sonar dengan mengeluarkan suara peluit panjang agar didengar temannya, bahasa isyarat yang dimiliki oleh Gorila yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia di penangkaran, simpanse yang berkomunikasi dengan isyarat dan vokalisasi kata, lebah yang berkomunikasi dengan menari mengerakkan tubuhnya, serta masih banyak lagi cara-cara lain hewan berkomunikasi baik itu sejenis atau dengan jenis lain.



Berikut tadi GanSis tentang beberapa cara hewan berkomunikasi dengan sejenisnya yang mungkin belum Agan Sista ketahui sebelumnya.

Tidak jauh berbeda dengan manusia, ternyata hewan juga diciptakan oleh Tuhan dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan sesamanya agar mereka bisa untuk bertahan hidup.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
h.suhengki
salvation101
azhuramasda
azhuramasda dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.1K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan