harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Kerugian Hidup Di Negara Komunis! Inilah Yang Akan Terjadi Gan!

Sumber Gambar

Pancasila merupakan dasar negara kita yang sudah seharusnya kita jaga bersama. Dasar negara ini dianggap cocok dengan situasi Indonesia yang memiliki banyak suku dan agama. Jangan sampai ada pengaruh ideology luar yang bertentangan masuk dan seenaknya merubah dasar negara.

Salah satunya adalah Komunis. Ideologi dengan aturan ekonomi yang dimiliki secara bersama-sama dan menciptakan sistem sosial masyarakat tanpa kelas. Ideologi ini cukup sensitif jika dibicarakan di Indonesia dan sudah pasti akan dipandang negative oleh sebagian orang. Tentu TS setuju karena ada banyak kerugian yang kita dapat jika tinggal di negara yang memiliki berpaham komunis yang kuat.

Note: Hanya berandai-andai ya gan, karena sekarang negara yang 100% komunis dah gak ada kayanya.

emoticon-Blue Guy Peace

Berikut beberapa kerugian tinggal di negara komunis menurut TS!



1. Rentan Terjadi Monopoli Oleh Pemerintah

Karena kekuasaan dipegang penuh pemerintah maka hal ini sangat memungkinkan terjadinya monopoli oleh pemerintah, di mana mereka sebagai pemangku kekuasaan bersikap sewenang-wenang terhadap jabatannya.

Yang pada akhirnya bisa berakibat pada praktek korupsi, kebijakan yang diambil sepihak tanpa musyawarah dan masih banyak lagi. Mereka juga tidak transparan, sehingga apa yang bisa rakyatnya lakukan selain menurut?


Sumber Gambar

2. Sudah Pasti Otoriter

Pemerintahan Komunis memiliki kemungkinan kuat menjadi pemerintah otoriter yang sifatnya memaksa bahkan tidak akan segan menggunakan kekerasan agar rakyatnya tunduk pada mereka. Mereka tidak ingin sekedar dihormati, tapi mereka ingin ditakuti.

Pemerintah otoriter tidak menerima adanya kritik. Bahkan mereka tak ragu membunuh siapa pun yang dirasa mengancam kedudukannya di pemerintahan. Kalian pasti sudah tidak asing dengan pemerintahan jenis ini, kan? Hehe 32 Tahun bukan waktu yang sebentar dong.


Sumber Gambar

3. Tidak Ada Kebebasan Finansial

Dalam Komunisme, masyarakat tanpa kelas adalah salah satu konsep mereka. Yaitu setiap orang tidak bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dari pada orang lainnya. Intinya, sama rata sama rasa. Semua mendapatkan yang sama dan merasakan yang sama.

Kalian tidak bisa bertambah kaya, tapi kalian juga tidak akan miskin. Begitu kira-kira konsepnya. Hal ini jelas menghambat pertumbuhan ekonomi orang-orang yang sebenarnya potensial untuk meraup keuntungan lebih.

4. Hidup Didikte

Di negara Komunis, kalian harus siap hidup didikte. Apabila kalian seorang yang suka menulis seperti TS, maka kalian tidak bisa sembarang menulis. Kalian harus menulis sesuai syarat dan ketentuan pemerintah. Secara komunal sistem ini sangat berguna, tapi secara pribadi sangat merugikan dan menghambat perkembangan bakat seseorang.

Bahkan media-media seperti koran dan lainnya tidak memiliki hak suara. Mereka harus siap dibredel dan dihukum berat jika berani mengkritik pemerintah. Tidak ada hak bersuara bagi rakyatnya.


Sumber Gambar

5. Kepemilikan Pribadi Tidak Diakui

Di negara komunis juga tidak jelas soal kepemilikan barang dan aset. Karena semuanya dianggap milik bersama dan dikelola oleh negara. Sebagai contoh, kalian tidak bisa seenaknya memiliki tanah dan rumah seperti di Indonesia. Tanah adalah milik negara dan berhak digunakan oleh siapa pun termasuk negara itu sendiri.

Jadi kalau kalian membangun rumah di satu tanah, maka siap-siap digusur apabila nanti negara ingin menggunakannya untuk membangun fasilitas tertentu dan jangan berharap ganti rugi. Semua perusahaan dan bentuk usaha juga milik bersama, dikerjakan bersama dan menikmati hasil bersama. Sehingga tidak ada yang bisa sembarangan mengakui.


Sumber Gambar

Ya, itulah beberapa kerugian jika kita tinggal di negara komunis. Intinya, negara ini mengatur rakyatnya agar menjadi masyarakat tanpa kelas sosial. Tapi di sisi lain hal ini membuat kemampuan-kemampuan individu seseorang menjadi tidak berkembang. Negara terlalu bergantung kepada sumber daya dalam negeri dan kemungkinan hanya stagnan begitu saja.

emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut

Apakah negara Komunis ada kelebihannya? Ada! Bisa saja TS bahas di thread lain, tapi nanti TS takut dibilang pendukung PKI. Jadi selama belum ada jaminan thread tsb. aman TS gak akan buat ya.

emoticon-Mewek

Gimana? Tertarik tinggal di negara Komunis?emoticon-Ngacir

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 07-01-2023 23:39
voltadiclofenac
kwacimuffin
ormarr
ormarr dan 17 lainnya memberi reputasi
18
10.9K
180
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan