masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Satu Bahan Sejuta Olahan, Ini Beberapa Makanan yang Terbuat dari Bahan Dasar Pisang
Memiliki banyak manfaat dan bisa diolah menjadi beragam olahan makanan, ini dia beberapa jenis makanan berbahan dasar pisang


Pisang, tentu saja Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan jenis tumbuhan yang satu ini. Pisang merupakan jenis tumbuhan terna yang banyak tumbuh di dataran tanah Indonesia, pohonnya berbentuk tinggi besar menjulang dengan batang yang bersifat lunak, memiliki daun memanjang bertangkai dan mudah robek, serta memiliki bunga yang menjadi bakal buah dalam bentuk sisir yang semakin kebawah semakin kecil.

Uniknya dari pohon pisang sendiri semua bagian pohon dapat dimanfaatkan mulai dari akar sampai daun. Akar pohon dapat digunakan sebagai obat kulit gatal, bagian batang bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, daun untuk bungkus makanan, dan buahnya dapat untuk dikonsumsi.

Untuk jenis-jenis pisang sendiri juga tergolong cukup banyak GanSis. Ada pisang yang buahnya hanya bisa untuk dikonsumsi sebagai buah-buahan saja, dan ada juga pisang yang bisa untuk digunakan sebagai bahan dasar atau campuran olahan makanan tertentu.

Dari banyaknya olahan makanan yang terbuat dari bahan dasar dan campuran pisang, berikut ini beberapa diantaranya.


Quote:

1. Es Pisang Ijo

Bagi warga masyarakat Makassar tentu saja sudah tidak asing dengan menu es pisang ijo.
Es pisang ijo merupakan kudapan manis gurih yang terbuat dari bahan dasar pisang yang dibalut dengan adonan tepung beras berwarna hijau, dihidangkan bersama bubur sumsum dan diberi sirup warna merah citarasa pandan yang menambah kekhasannya.


Quote:

2. Carang Gesing

Carang Gesing, mungkin makanan ini masih sedikit asing bagi masyarakat yang berada diluar pulau Jawa. Carang Gesing merupakan jajanan pasar khas Surakarta Jawa Tengah, terbuat dari bahan utama pisang yang dipotong-potong, diberi santan, telur kocok, garam, dan juga daun pandan yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang untuk selanjutnya dikukus.

Makanan ini sangat digemari oleh masyarakat khususnya Pulau Jawa, karena cita rasanya yang manis dan gurih cocok untuk teman santai atau sarapan pagi hari.


Quote:

3. Keripik Pisang

Keripik pisang, dapat dikatakan sebagai cemilan rakyat yang di daerah mana pun ada dan bisa untuk ditemukan.

Meskipun keripik pisang bisa dibuat sendiri atau ditemukan di manapun, keripik pisang cokelat asal Lampung menjadi keripik pisang paling terkenal karena cita rasanya yang khas dan berbeda.

Hanya dibuat dari pisang yang digoreng dan dibaluri dengan cokelat bubuk, keripik pisang Lampung cocok untuk dijadikan camilan atau oleh-oleh.


Quote:

4. Kolak Pisang

Identik sebagai menu berbuka puasa, kolak pisang memang sangat cocok untuk dihidangkan sebagai pengobat rasa haus dan lapar karena terbuat dari pisang yang direbus menggunakan santan, dicampur dengan kolang-kaling, mutiara, dan daun pandan. Lebih terasa segar dan nikmat setelah ditambahkan serutan es di atasnya sebelum dihidangkan untuk dinikmati saat berbuka puasa.


Quote:

5. Pisang Epe

Pisang Epe, adalah jajanan street food khas Makassar yang tergolong unik dan jarang ditemukan di daerah lain GanSis.

Sebagaimana namanya yaitu Epe yang berarti jepit di dalam bahasa Makassar, pisang Epe dibuat dengan cara dijepit atau dipipihkan sebelum dibakar dan dihidangkan bersama dengan saus yang terbuat dari bahan gula merah, gula pasir, air, air perasan jeruk nipis, dan kacang tanah.



Berikut tadi GanSis beberapa olahan berbahan dasar pisang yang paling terkenal dan diminati oleh banyak orang.

Masih banyak lagi jenis menu dan olahan makanan dan camilan yang terbuat dari pisang karena jenis olahan makanan modern berbahan dasar pisang pun juga semakin banyak dikreasikan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
ondapriatna
kwacimuffin
dasiemsidas
dasiemsidas dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.4K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan