xianying21Avatar border
TS
xianying21
Inilah 8 Acara TV Indonesia yang dituduh Settingan, Benarkah Demikian?


Masih adakah penonton televisi Indonesia? Tentu saja masih ada tapi jumlahnya tidak lagi sebanyak dulu karena kini orang ada yang banyak nonton Youtube dan Netflix atau pun yang lainnya. Namun, tetap saja televisi kini masih menjadi pilihan sebagian besar masyarakat karena sifatnya yang gratis dan modal yang murah meriah.

Era terbaik pertelevisian Indonesia adalah di era 90an di mana kualitas acara masih terjaga walaupun jumlah stasiun tv masih sedikit. Di era sekarang, bermunculan acara reality show dan juga talent show yang bertebaran di berbagai stasiun tv. Namun, ada beberapa acara tv Indonesia yang dituding settingan alias rekayasa sehingga memunculkan kontroversi. Nah, berikut adalah beberapa acara tv Indonesia yang dituduh settingan oleh masyarakat.

1. Termehek-Mehek (Trans TV)


Termehek-Mehek adalah acara realitas yang pernah tayang di Trans TV yang isinya membantu orang menyelesaikan masalah romansa sampai keluarga dan mempertemukan orang yang sudah lama tak jumpa. Acara ini dituduh settingan karena terlalu banyak kejanggalan dan selalu begitu-begitu saja templatenya. Selain itu acara ini juga dianggap tidak mendidik dan menebar kebodohan.

2. Katakan Putus (Trans TV)


Masih di Trans TV kali ini ada Katakan Putus yang ditayangkan pada 2015. Ini adalah acara realitas yang dituduh settingan karena terlalu bodoh jika menyangka ini adalah asli. Acara ini menyajikan konflik asmara yang sama sekali tidak penting bagi bangsa dan negara namun jadi favorit anak muda Indonesia.

3. Penghuni Terakhir (antv)


Sebuah acara realitas di antv yang pertama kali tayang pada 2004 dan berisikan belasan orang di karantina dan memperebutkan hunian mewah milyaran rupiah. Pada 2010 acara ini memicu kontroversi karena dianggap berlebihan, settingan, dan tidak mendidik. Bahkan KPI harus melayangkan sanksi pada program Penghuni Terakhir dan programnya harus berakhir lebih cepat.

4. Masih Dunia Lain (Trans 7)


Masih Dunia Lain adalah program reborn dari Dunia Lain Trans TV. Berisikan orang uji nyali di tempat-tempat mistis. Yang menjadikannya dituding settingan adalah dianggapnya penampakan adalah ulah pra kru namun sebagiannya lagi peracaya bahwa itu penampakan mistis.

5. Uang Kaget (GTV)


Uang Kaget adalah acara realitas rancantan Helmy Yahya yang mempertontonkan orang miskin heboh ketika diberi uang banyak. Sebagian orang mengira kalau segala gimmick dalam acara ini adalah settingan terlebih dari apa yang dibeli oleh peserta selalu begitu-begitu saja. Padahal kalau dipikir-pikir, uang 12 juta jaman sekarang mudah sekali untuk menghabiskannya dan tak harus dalam 30 menit.

6. Masterchef Indonesia (RCTI)


Kalau yang satu ini sudah diklarifikasi oleh juri kalau Masterchef Indonesia bukanlah settingan. Namun sempat ada tudingan kalau ini adalah settingan karena sering kali ada gimmick di dalamnya. Di season awal, juri juga dianggap terlalu kejam dalam menilai peserta.

7. Karma (antv)


Acara ini sempat viral pada 2018 yang lalu dan melambungkan nama Roy Kiyoshi. Sebagian orang menganggap acara ini tidak mendidik, pembodohan, dan dicurigai settingan dengan orang-orang yang datang di acara ini sudah diset sedemikian rupa.

8. Rumah Uya (Indosiar)


Rasanya hampir semua acara Rumah Uya itu adalah settingan termasuk Rumah Uya yang pernah jadi viral ini. Ada yang bilang kalau pasangan yang datang ini sudah punya skenarionya dan dibayar agar lebih menarik. Namun, karena menyasar para abg, maka para abg itu percaya saja kalau ini asli.

Sebenarnya sih settingan dan gimmick itu nggak masalah asalkan diberikan disclaimer kalau ini adalah pakai gimmick seperti yang dilakukan oleh acara WWE di AS sana.

Ada lagi yang lainnya nggak gan? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
jiresh
Zero
GodaimeHokage
GodaimeHokage dan 7 lainnya memberi reputasi
8
5.2K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan