iskrimAvatar border
TS
iskrim
India Buat Pengendara Makin Tertib Setelah Mengubah Lampu Merahnya Seperti Ini, Kita?


Kebisingan suara knalpot yang sering kita alami di jalan Indonesia seolah tidak lengkap tanpa suara klakson seperti yang terjadi di India, seperti yang saya ketahui lewat sebuah vlog kalau dijalan India selain kemacetan tapi bisingnya suara klakson seolah tidak pernah absen dijalan.

Perihal ketertiban dijalan raya mungkin sebelas duabelas dengan negara wakanda ini, tidak sabaran dan meremehkan faktor keselamatan. Giliran apes ngakunya orang susah atau malah menyalahkan orang lain, aneh memang.

Rendahnya budaya tertib berkendara di India membuat pihak kepolisian disana mencari cara agar semua pengendara mau disiplin , mentaati aturan lalulintas yang ada.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2018 saja diperkirakan hampir 300.000 kematian terjadi di India akibat kecelakaan lalu lintas. Akhirnya tercetuslah sebuah ide yang menurut saya sederhana tapi dalam prakteknya cukup bagus.



Selain lampu merah akan tetap merah jika suara bising klakson masih juga terdengar tanpa henti, maka kini pihak kepolisian India menambahkan lampu led yang dipasang sepanjang tiang lampu merah dimaksudkan.

Lampu ini akan ikut menyala sesuai dengan warna rambu yang sedang aktif. Dengan demikian pengendara semakin mudah melihat warna lampu merah dari kejauhan dan mereka yang menerobos dengan alasan tidak melihat warna lampu merah tidak lagi bisa berkelit.

Tentu saja warna lampu yang semakin menunjukkan visibilitas atau keberadaannya ini memberikan sifat aman karena faktor keselamatan semakin terjamin.

Dari sumber yang saya dapat dari laman rushlane, terlihat lampu led terpasang di sepanjang tiang lampu merah ini bisa jadi yang pertama di dunia. Terlihat lebay sih memang tapi demi kepentingan bersama mau tidak mau harus dilakukan cara yang unik seperti ini.



Jika cara ini berhasil dan sukses maka pihak kepolisian India berencana membuat semua lampu merah disana menerapkan metode ini. Namun satu kelemahan dari uji coba ini adalah membuat sekitarnya jadi lebih bercahaya, tentu cahaya yang dihasilkan ini cukup mengganggu semua pemakai jalan.


Pernah juga dilakukan ujicoba dipasang melintang ditengah jalan.

Proyek yang dikerjakan oleh BMC (Brihanmumbai Municipal Corporation) memang masih dalam tahap uji coba kelayakannya dan mungkin kedepan akan ditemukan teknik pencahayaan yang lebih baik sehingga tidak mengganggu padangan mata tapi visibilitas lampu merah itu sendiri tetap terjaga.

Well, bagaimana menurutmu Gan apakah ide kepolisian di India ini cukup bagus jika diterapkan disini menginggat sekarang tilang ditempat tidak berlaku lagi maka penambahan lampu led sepanjang tiang ini akan membuat semua pengendara jadi semakin tertib?




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 01-01-2023 16:19
Reizeger
sukhoipakfa
indrag057
indrag057 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.7K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan