- Beranda
- Komunitas
- Tech
- Android
Ribednya Refund dana otorisasi pembelian game Google play via Billing operator


TS
branndd
Ribednya Refund dana otorisasi pembelian game Google play via Billing operator
Hi agan / sistah kaskus
Ane mau share pengalaman ane beli konten aplikasi/game di google play via billing operator (dalam hal ini XL/Axis) beberapa hari yang lalu.
Hari Selasa 17 Okt 2017, Ane mencoba membeli konten games MFF via billing operator tapi dalam prosesnya entah kenapa terjadi error dan alhasil konten didalam games tersebut tidak bisa di beli.
Selang beberapa waktu ane cek pulsa ane dan betapa kagetnya pulsa ane sudah terpotong karena pembelian yang eror tadi.
Yang bikin aneh adalah pulsa yang terpotong hanya harga konten nya saja, tidak ditambah biaya ppn 10% + SC 2% seperti biasanya kalo transaksi berhasil dan ane juga ga nerima sms pembelian dari Netmarble ( 6006) atau 2678, pun begitu di history order akun google play ane ga ada transaksi tersebut.
Selang beberapa waktu ane nelpon ke customer service axis di 838. Dan dijawab bahwa benar telah terjadi pembelian via google play store dengan operator billing dan saya disuruh menunggu 1x24 jam , di suruh restart Hp dsb.
Karena ga puas dengan jawaban customer service axis yang jawabannya kekeuh begitu begitu aja, ane searching di productforum google dan menemukan nomer telepon google play respresntative indonesia. Kemudian ane nelpon dah ke google dan dijelaskan bahwa dana yang terpotong adalah DANA OTORISASI karena Pembelian aplikasi yang eror dan duitnya ada di pihak XL/Axis, ane dipandu untuk menjelaskan ke xl/axis untuk meminta pengembalian dana otorisasi tersebut.
Singkat kata ane nelpon lah ke 838 dan disuruh kirim email bukti transaksi ke customerservice@xl.co.id dan ada pesan balasan dari postmaster katanya email customer service xl full

Ane kemudian kirim email via akun lain di hotmail dan coba berkali kali via gmail juga, hasilnya email ane di balas sekitar jam 2 pagi dan diminta mengirim bukti email permohonan refund dana dari google play
. Sekitar jam 9 pagi ane telpon ke nomor google diatas dan dijawab akan dikirimkan email ke akun gmail ane. Respon cepat google terbukti dan email dari google pun ane dapet, terus ane screenshoot dah tuh email dan ane kirim lagi ke cust service XL. You know what, mereka bales email ane bilang katanya emailnya ga sesuai dengan contoh email google sesuai guidance mereka 

Udah mulai kesel, ane kirim email lah tuh ke google bahwa emailnya harus sesuai guidance customer service xl, dan dijawab google bahwa email contoh dari xl adalah email permintaan dana pengembalian pada suatu aplikasi, sedangkan yang ane minta adalah Pengembalian dana otorisasi karena pembelian yang eror (batal/belum terjadi)

Sampai tulisan ini ane buat, pihak xl belum respon email terakhir ane. Semoga aja ngarti dah tuh customer service XL
Mungkin ada agan agan yang pernah punya pengalaman serupa ? Monggo komeng
Sorry yeh berantakan dan curhatnya kepanjangan. Baru nyoba bikin trit
Upadate 1 : customer service xl via email tetep ga menerima email permintaan pelepasan dana otorisasi ane. Dan ane disuruh nagih ke pihak developer. Ane lagi nanyain ke customer service xl bukti bahwa dana sudah dipihak developer biar ane bisa nagih ke sana. Iya dong, masa ane nagih ke orang lain ga ada buktinya kan dikira boong. Lets see what happen next
Upadte 2 : Balasan customer service xl Memutar kata kata karena ga bisa bales pertanyaan ane
Kalo ane diminta nagih ke developer tolong kasih link/bukti bahwa dana nya sudah ada di pihak developer, bukan masih dipihak XL seperti yang pihak google play bilang ke ane. Lagian dodol juga, ane disuruh refund sesuai prosedur. Udah ane ikutin tuh prosedur woy, baca apa kaga sih ini customer service.
Kalo sesuai prosedur yang dimaksud via riwayat order kan udah dijelasin di awal. riwayat order nya aja ga ada di akun play store yang biasa buat beli, karena apa? Ya karena eror itu, 

Ada yang punya saran ?
Update 3 : case closed
Akhirnya ada juga customer service xl yang ngarti setelah dijelasin ini itu dan ane attach ulang bukti bukti dari google. Dan pulsa ane dibalikin. menurut ane untung untungan, soalnya ga semua customer service xl itu paham dengan case beginian, ga tau ya ane apa karena mereka belum ada prosedur/sop untuk case seperti ini atau karena hal lainnya atau mungkin cs yang nanganin email beda beda..ntahlah
Ane mau share pengalaman ane beli konten aplikasi/game di google play via billing operator (dalam hal ini XL/Axis) beberapa hari yang lalu.
Hari Selasa 17 Okt 2017, Ane mencoba membeli konten games MFF via billing operator tapi dalam prosesnya entah kenapa terjadi error dan alhasil konten didalam games tersebut tidak bisa di beli.
Selang beberapa waktu ane cek pulsa ane dan betapa kagetnya pulsa ane sudah terpotong karena pembelian yang eror tadi.
Yang bikin aneh adalah pulsa yang terpotong hanya harga konten nya saja, tidak ditambah biaya ppn 10% + SC 2% seperti biasanya kalo transaksi berhasil dan ane juga ga nerima sms pembelian dari Netmarble ( 6006) atau 2678, pun begitu di history order akun google play ane ga ada transaksi tersebut.
Selang beberapa waktu ane nelpon ke customer service axis di 838. Dan dijawab bahwa benar telah terjadi pembelian via google play store dengan operator billing dan saya disuruh menunggu 1x24 jam , di suruh restart Hp dsb.
Karena ga puas dengan jawaban customer service axis yang jawabannya kekeuh begitu begitu aja, ane searching di productforum google dan menemukan nomer telepon google play respresntative indonesia. Kemudian ane nelpon dah ke google dan dijelaskan bahwa dana yang terpotong adalah DANA OTORISASI karena Pembelian aplikasi yang eror dan duitnya ada di pihak XL/Axis, ane dipandu untuk menjelaskan ke xl/axis untuk meminta pengembalian dana otorisasi tersebut.
Singkat kata ane nelpon lah ke 838 dan disuruh kirim email bukti transaksi ke customerservice@xl.co.id dan ada pesan balasan dari postmaster katanya email customer service xl full


Ane kemudian kirim email via akun lain di hotmail dan coba berkali kali via gmail juga, hasilnya email ane di balas sekitar jam 2 pagi dan diminta mengirim bukti email permohonan refund dana dari google play




Udah mulai kesel, ane kirim email lah tuh ke google bahwa emailnya harus sesuai guidance customer service xl, dan dijawab google bahwa email contoh dari xl adalah email permintaan dana pengembalian pada suatu aplikasi, sedangkan yang ane minta adalah Pengembalian dana otorisasi karena pembelian yang eror (batal/belum terjadi)


Sampai tulisan ini ane buat, pihak xl belum respon email terakhir ane. Semoga aja ngarti dah tuh customer service XL
Mungkin ada agan agan yang pernah punya pengalaman serupa ? Monggo komeng
Sorry yeh berantakan dan curhatnya kepanjangan. Baru nyoba bikin trit

Upadate 1 : customer service xl via email tetep ga menerima email permintaan pelepasan dana otorisasi ane. Dan ane disuruh nagih ke pihak developer. Ane lagi nanyain ke customer service xl bukti bahwa dana sudah dipihak developer biar ane bisa nagih ke sana. Iya dong, masa ane nagih ke orang lain ga ada buktinya kan dikira boong. Lets see what happen next

Upadte 2 : Balasan customer service xl Memutar kata kata karena ga bisa bales pertanyaan ane




Ada yang punya saran ?
Update 3 : case closed
Akhirnya ada juga customer service xl yang ngarti setelah dijelasin ini itu dan ane attach ulang bukti bukti dari google. Dan pulsa ane dibalikin. menurut ane untung untungan, soalnya ga semua customer service xl itu paham dengan case beginian, ga tau ya ane apa karena mereka belum ada prosedur/sop untuk case seperti ini atau karena hal lainnya atau mungkin cs yang nanganin email beda beda..ntahlah

Diubah oleh branndd 21-10-2017 04:01
1
8.2K
15


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan