Chikashi.MasudaAvatar border
TS
Chikashi.Masuda
Fakta-fakta Banjir Melanda Semarang, Kudus, dan Pekalongan
Fakta-fakta Banjir Melanda Semarang, Kudus, dan Pekalongan
Tim detikJateng - detikNews
Senin, 02 Jan 2023 08:00 WIB
https://news.detik.com/berita/d-6493...dan-pekalongan

Banjir di Desa Pacar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Minggu (1/1/2023). (Foto: Robby Bernardi/detikJateng)
Jakarta - Banjir melanda sejumlah daerah Pantura Jawa Tengah (Jateng) di wilayah kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pekalongan, dan Kota Pekalongan. Sejumlah warga dievakuasi akibat banjir tersebut.
Dilansir detikJateng, Senin (2/1/2023, berikut ini sejumlah fakta dampak banjir di Pantura, Jateng:

1. Banjir di Semarang
Jalan Kaligawe, Kota Semarang, lumpuh gegara tergenang banjir, Minggu (1/1/2023). Banjir menggenangi Jalan Kaligawe dari simpang tol hingga Pasar Genuk atau sekitar tiga kilometer. Jalan Kaligawe merupakan akses Semarang-Demak via Pantura. Hanya truk-truk besar yang bisa lewat.

2. Banjir di Kudus
Kasi Kedaruratan BPBD Kudus, Munaji mengatakan ada belasan desa di empat kecamatan di Kudus terdampak banjir. Total puluhan ribu jiwa terdampak banjir.

Baca juga:
BPBD DKI Ungkap Banjir Cuma Sekali Terjadi Sejak Cuaca Ekstrem 27 Desember
3. Banjir di Kabupaten Pekalongan
Genangan banjir di Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, semakin tinggi. BPBD Kabupaten Pekalongan menyebut 889 warga mulai mengungsi di enam titik pengungsian di Kecamatan Tirto dan Siwalan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan, Budi Rahardjo mengatakan enam titik pengungsian ini yakni di Masjid Dupantek, Desa Karangjompo, sebanyak 269 warga; di Masjid Nur Khasan, Desa Pacar, terdapat 297 warga; di Musala Al Ikhwan, Desa Pacar, ada 31 warga; di Masjid Darusalam, Samborejo, ada 175 warga; di MIS Samborejo, ada 71 warga. Kelimanya di Kecamatan Tirto. Sedangkan satu titik pengungsian berada di Kecamatan Siwalan yakni di Lokatek, sebanyak 56 warga mengungsi.

Baca juga:
Main Perahu di Genangan Banjir Kudus, 2 Orang Dilaporkan Hilang Tenggelam
4. Banjir di Kota Pekalongan
Seribuan warga di Kota Pekalongan mengungsi imbas banjir pada hari kedua ini. BPBD Kota Pekalongan mencatat jumlah warga mengungsi mencapai 1.200 orang.

"Iya bahwa per 1 Januari 2023 malam ini, jumlah pengungsi 1.200-an jiwa yang mengungsi di wilayah Kota Pekalongan, di 18 titik pengungsian," kata Kasi Kebencanaan BPBD Kota Pekalongan, Dimas Arga Yudha saat ditemui detikJateng, Minggu (1/1) malam

Baca artikel detiknews, "Fakta-fakta Banjir Melanda Semarang, Kudus, dan Pekalongan" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6493481/fakta-fakta-banjir-melanda-semarang-kudus-dan-pekalongan.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
wetp794239
s.c.a.
the.commandos
the.commandos dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan