masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Liburan ke Bali Bingung Mau Beli Oleh-oleh Apa? 5 Makanan Ini Jadi Pilihan yang Tepat
Bali menjadi tujuan wisata wisatawan lokal dan asing, ini dia 5 makanan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh


Pulau Dewata Bali, adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri dengan keindahan alam, keberagaman adat dan budaya, serta keramahtamahan masyarakat yang membuat banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang memang datang secara khusus untuk menikmati liburan dan menghilangkan stress.

Selain terkenal dengan keindahan alam pantai, laut, tempat-tempat ibadah, seni dan budaya, Bali juga dikenal karena jenis-jenis makanan khas daerah yang memanjakan lidah para wisatawan yang datang untuk jelajah makanan khas Nusantara. Bisa dikatakan Bali adalah surganya dunia karena memang di tempat ini semua yang dicari dapat ditemukan mulai dari hiburan, ketenangan, dan semuanya.

Membahas tentang Bali, di akhir tahun jelang libur panjang seperti sekarang tentu jumlah pengunjung meningkat drastis.
Dari para pengusaha, artis, selebgram, sampai dengan masyarakat umum datang ke Bali untuk liburan panjang dengan menikmati keindahan alam dan pesona Bali yang tidak ditemukan di provinsi atau pulau-pulau lain.

Saat liburan usai pun Agan Sista juga dapat membahagiakan keluarga atau saudara yang memang tidak ikut liburan dengan membawakan mereka oleh-oleh khas Bali. Berikut ini 5 makanan yang cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan saat Agan Sista pulang dari liburan ke Bali.



1. Pie Susu

Bagi Agan Sista yang sudah pernah ke Bali atau ada keluarga dan teman yang berkunjung ke Bali, pasti Pie Susu khas Bali menjadi salah satu oleh-oleh yang tidak pernah ketinggalan selain kaos Barong.

Kue Pie sendiri sebenarnya adalah kue khas dari Hongkong dan Portugis GanSis, hanya saja kue ini telah berbaur dalam kebudayaan Indonesia setelah Portugis menjajah dan menjadi salah satu makanan khas dari daerah Bali karena kue Pie Susu buatan masyarakat Bali benar-benar memiliki cita rasa yang berbeda bahkan dengan kue Pie dari negara dan benua asalnya.



2. Bakpia atau Pia Legong

Mungkin Agan Sista sudah pernah atau bahkan sering makan bakpia, tetapi saat kalian pergi berlibur atau berkunjung ke Bali tidak ada salahnya untuk mencoba langsung Pia Legong khas Bali yang memang sangat rekomended untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Bahkan saking larisnya Pia Legong khas Bali, Agan Sista harus mengantri di toko oleh-oleh untuk bisa mendapatkan Pia Legong. Untuk perbedaan rasa Pia Legong khas Bali dengan bakpia yang ada di daerah lain, Pia Legong dibuat secara tradisional atau tidak menggunakan mesin. Dibuat dengan bahan-bahan terbaik dan tiga rasa yang paling laris adalah rasa kacang hijau, keju, dan cokelat.



3. Kacang Disco Bali

Kacang disco, mungkin Agan Sista sering menemukan camilan ini saat lebaran idul Fitri atau hari raya yang lain.
Kacang disco khas Bali sangat patut untuk Agan Sista coba dan jadikan sebagai oleh-oleh karena kacang disco khas Bali memiliki berbagai cita rasa yang tergolong unik.

Di Bali terdapat kacang disco dengan rasa soto ayam, rumput laut, udang, bahkan rasa ayam Taliwang. Itulah sebabnya kenapa kacang disco Bali patut untuk dijadikan oleh-oleh.



4. Brem Bali

Brem adalah makanan hasil fermentasi beras ketan hitam yang diambil sarinya dan diendapkan untuk kemudian dimasak dan dikeringkan. Bentuk dari Brem sendiri menyerupai bentuk sagon, hanya saja untuk cita rasa Brem khas Bali sangat berbeda dengan kue sagon.



5. Kopi Kintamani

Kopi kintamani adalah kopi Arabika khas dari daerah Kintamani yang ada di Pulau Bali.

Kopi Kintamani khas Bali ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh karena Kopi Kintamani merupakan salah satu kopi Arabika terbaik di Indonesia dimana rasa kopinya memiliki kecenderungan rasa manis, floral, chocolaty, dan memiliki tingkat keasaman yang rendah.



Berikut tadi GanSis beberapa jenis makanan yang cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat Agan Sista pulang dari berlibur di Pulau Dewata Bali.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
dasiemsidas
fredielogan14
lutfigilang01
lutfigilang01 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
6.5K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan