IanzzzzzAvatar border
TS
Ianzzzzz
Sharing Pengalaman Bisnis, jatuh bangun sampe sekarang #butuhmasukan
Sebelumnya gw udah posting disini
cuman karena acak kadut dan gak beraturan, jadi gw posting ulang disini ya. Monggo.

Assalamualaikum semuanya
kenalin, nama gw ian
seekor mantan mahasiswa yang masih bernafas di kota Bandung

Disini gw pengen cerita aja sih jatuh bangun usaha gw, dari dulu sampe sekarang. Gw berharap bisa dapet masukan juga dari agan agan sekalian atau syukur syukur bisa jalin kerjasama

atau ada yang mau berbagi cerita lika liku bisnisnya juga, monggo emoticon-Big Grin

Oke let's go..

Sebenernya yg namanya usaha sih, munkin udah mendarah daging juga di tubuh gw. Kebetulan nenek juga pedagang di pasar jogja dulu.



Nah pas waktu SD gw pernah jualan kartu kredit. Yap, kartu kredit. Tapi kartu kredit bekas alias gak aktif lagi. Jadi punya orang tua atau om gw terus gw jual deh ke temen - temen SD gw. dan laku hahaha. Pernah juga ngerentalin Playstation 2. Alhamdulilah dulu pernah jadi anak pinter di SD, jadi dapet hadiah PS2 dari om gw. Tapi gw mikir waktu itu gimana caranya uang jajan gw nambah yaa, berhubung punya PS 2 yaa akhirnya gw rentalin deh ke temen" SD gw. kalau gak salah waktu itu sehari 25rb. Lumayan buat anak SD emoticon-Big Grin

Pas SMP sih gak terlalu banyak cerita yg berhubungan dengan usaha, karena lagi seneng"nya main game online di warnet. sampe pernah nginep segala. bandel emang gw emoticon-Peace

Nah pas SMA, gw pernah jadi jastip (jasa titip jajan). Yapp, jasa titip jajan. Jadi dulu tuh banyak banget temen gw yang pengen jajan tapi males ke kantin. Akhirnya pada nitip tuh. Sebenernya sih gw gak pernah narikin tarif ya, cuman misal nih ada 1 orang temen gw nitip jajan 7rb, terus kasih duit 10rb, pasti kembalian nya buat gw. Nah itu kali aja ada 5-6 orang dan itu per hari. Kebayang kan kalau sebulan emoticon-Big Grin. waktu itu sih gw habisin duitnya juga buat beli voucher game online hahaha

Lanjut pas masa kuliah. Nah disini nih lika liku perjalanan usaha gw dimulai

Pas semester 1 tahun 2013 pertengahan, di sela - sela gw test lagi buat pindah jurusan/univ (salah jurusan gw, cerita lengkap ada disini klik aja)



Gw waktu itu jadi dropshipper suatu produk kaos. Cuman waktu itu gak terlalu di seriusin banget. Marketing juga ala kadarnya. Karena gw juga baru tau sistem dropshipper" gitu. Padahal waktu itu gw udah sempet analisis juga, dari mulai sistem ke buyernya, sistem pembeliannya, dll udah lumayan tersistem lah di tahun itu loh ya.



Habis itu gw nyoba lagi jadi dropshipper lain. Yaitu dropshipper casing" HP. Nah di bisnis ini juga gak mulus mulus amat. Sistem dropship yg ditawarin sama pihak casing hpnya juga alakadarnya gak sebagus dropship kaos gw waktu itu. Pernah suatu ketika gw udah post dan share konten dropship dimana mana. Otomatis banyak pembeli dong. Bukannya seneng tapi malah takut dan bingung gw. Yap dari pihak yg nawarin dropship casing sendiri, slow response parah. Gw nanya pagi dijawab malem, padahal itu dihari dan waktu kerja. Hasilnya, yaa pelanggan kecewa lah.

Dari situ gw belajar, kalau mau cari Dropshipper Barang (supplier) kudu jeli banget, liat track recordnya, liat system yg ditawarin, liat pembagian profitnya, dll. Jangan sampe kita udah capek capek jualin produk dia dengan baik eh malah service dia nya yg kurang bagus.



Lanjut, pas semester 3 - 4 di kampus. Gw pernah bikin pre order Jaket Parka buat mahasiswa baru di kampus gw. Kebetulan waktu itu awal hype banget jaket parka. So, gw buka pre order aja. Toh kalau pre order kita juga gak usah keluar modal terlalu banyak, karena sebagian duit produksi awal bisa dari DP yg dikasih diawal ketika pelanggan mesen jaketnya. Waktu itu gw bertiga satu team bareng temen temen kampus gw. Dibagi bagi lah itu job desk nya sesuai keahlian masing". Kebetulan gw di bagian desain dan produksi. Waktu itu masih jarang banget marketing pake instagram dll. Jadi waktu itu gw pake Kaskus (buat jaket polosnya) sama tempelin poster" ke semua sudut" kampus (untuk versi jaket yg ada bordir kampus gw nya)

Gw gak nyangka sih, dari situ gw bisa dapet 99 pelanggan yg pre order. Itu juga gak cuman dari kampus gw aja, ada yg dari kalimantan mesen, sumatra juga ada, banyak deh pokoknya. Sampe" waktu gw kirim pake JNE, dikasih hadiah gw sama JNE nya karena kirim banyak barang. Alhamdulilah untung juga lumayan waktu itu emoticon-Big Grin

Semenjak itu, gw dan tim gw ketagihan tuh bikin pre order gitu lagi. Akhirnya bikin lagi kan tuh di tahun selanjutnya. Target marketnya juga sama. Yang polos kita pasarin ke luar kampus, yang versi bordir kampus kita pasarin di kampus sendiri. Nahh, yang kali ini terjadi deh "gesek gesek" dikit.

Gw waktu yg pre order ke 2 ngerasa, team gw udah gak se solid yg pre order pertama. Dulu mereka saling bantu sama lain sebagai satu team. Yang pre order kedua seakan gw kerja sendiri. job desk gw kan desain sama urusan produksi ke konveksi jaketnya. Tiba" gw harus nanganin job desk temen gw sebagai marketing, terus gw juga packing sendiri, dan segala macem. Berasa sendiri banget. Alesan temen gw kenapa gak bantu, karena mereka sibuk dengan organisasi kampusnya masing". Yah gw ngerti sih, cuman posisinya kan diawal emang udah commit ya buat bikin pre order 2. Gw waktu itu cuman nuntut profesionalisme aja sih. Tapi nyatanya tetep gw sendiri yang ngerjain. Disini gw bener bener ngerasa kayak sendiri. Gw marah waktu itu. Tapi percuma juga. Setelah masa produksi jaket selesai dan jaket udah dikirim ke pelanggan, setelah itu pula bisnis pre order bareng tim berhenti sampe disitu. Gw sempet mikir disitu, apakah semua orang kayak gini ya ?

wajar sih soalnya waktu itu gw baru pertama kali kerja sama di bisnis bareng orang lain.

Akhirnya gw coba cari orang lain lagi. Dapetlah partner untuk pre order salah satu temen gw. Gw mulai deh tuh pre order yang ketiga. Marketing nya lebih di gencarin dari pada yg pre order jaket ke dua. Ke facebook, group", instagram, dan segala macem. Nah disini mulai muncul problem. Ternyata di salah satu group facebook yg kita share kontennya. Ada salah satu pemilik brand dari desain jaket gw nge PM gw. Intinya gw dibilang plagiat, dan harus mendelete semua postingan jualan gw.

Gw gak memungkiri bahwa emang yg gw lakukan waktu itu adalah ngambil gambar dari google lalu gw edit sendiri versi gw.

Gw langsung sadar waktu itu, bahwa yang gw lakuin itu salah. Dan akhirnya gw langsung minta maaf ke owner si pemilik desain jaket yg gw edit - edit itu. Gw dapet pelajaran waktu itu, bahwa gak semua gambar/desain yang ada di google itu bisa semena - mena kita ambil. Semua udah ada "copyright" nya. Pengalaman berharga banget sih itu bagi gw untuk lebih menghargai karya orang lain emoticon-Smilie




Lanjut, setelah bisnis pre order jaket. Gw cari - cari lagi tuh peluang, Akhirnya gw menjatuhkan pilihan pengen nyoba di bisnis Konveksi. Yapp konveksi pakaian, jaket, sweater, dll. Alhamdulilah gw bersyukur banget bisa kuliah di kota Bandung. Dari mulai supplier bahan sampe mitra konveksi banyak banget disini emoticon-Big Grin. Cari - cari deh tuh sebandung raya mitra konveksi yang cocok, terus selama 3 bulan berturut - turut gw data semua bahan pakaian, jaket, sweater, dll yang ada di kota Bandung berapa harganya, jenisnya, dll beserta kontak supplier nya. Akhirnya nemu mitra konveksi pertama gw, kebetulan senior juga di kampus. Gw coba deh tuh bisnis konveksi, dari mulai bikin logonya dulu, tentuin harga, belajar bahannya, dll. Bener - bener dari nol gak tau apa apa masalah bahan pakaian sampe pusing sendiri kadang liat list bahan emoticon-Big Grin .

Dari awal buka bisnis konveksi sampe kurang lebih setahun, wahh banyak banget tuh kendala yg dihapain. Itu menurut gw bisnis terberat yg pernah gw rasain. Gimana ya jelasinnya..

Gini gini, gw kan tipikal orang yang belajar dari kesalahan masa lalu, dan gak akan gw ulangi lagi di masa depan. Dengan prinsip gw yg seperti itu ternyata sangat amat bertentangan sekali dengan bisnis konveksi ini.

Di bisnis ini tuh faktor penentu keberhasilan suatu "projek" atau orderan itu banyak banget. Paling penentunya ya dari SDM itu sendiri kayak si penjahit, ataupun mandor jahitnya yang mengkomando i suatu projek yang akan dikerjakan. Setiap gw ngasih orderan ke mitra konveksi, adaaaa aja masalahnya. Ntah di telat produksinya, ntah di bordirannya salah, ntah miss komunikasi sama mandornya, wahh banyak banget parah. Selama setahun penuh, itu masa masa terberat gw. Paling sering telpon" an, *bukan sama pacar tapi sama pelanggan.

"kang maaf telat ini, karena bla bla bla"

itu kata yg sering gw ucapkan ketika gw bisnis konveksi. Masalahnya adalah kalau misal telat, atau kesalahan teknis itu terjadi sekali dua kali gak masalah, namanya juga manusia kan ya bukan robot. Ini masalahnya berkali - kali. sampe pusing gw padahal kertas (pre order) udah gw ketik se detail munkin. Ini yg ngebuat radak bertentangan sama prinsip gw. Jadi lumayan stres waktu itu.

Segala cara udah gw lakuin waktu itu, dari mulai ngajarin bisnis, ngasih makan, rokok dan segala macem, pokoknya gw anggap kaya sodara sendiri. Tapi tetep aja ngelakuin salah lagi, seolah olah gak belajar dari masalah sebelumnya. Akibatnya brand konveksi dulu terkenal dengan "ketelatannya" . udah gitu selama setahun itu profit keuntungan nya cuman 2-3 juta dari puluhan orderan yg gw tanganin. Dikit gak ? menurut gw dikti banget. Yaa gimana, kebanyakan profitnya abis buat ngasih "kompensasi telat" ke pelanggan.

Setelah gw selidikin, ya di nomor dua kan gitu lah produksi punya gw. Gw juga gak tau alesannya apa, padahal kuantiti orderan gw waktu itu juga rata" normal kayak pelanggan yg lain. Jadi apapun orderan gw yg gw taruh disana pasti telat. Wah setelah tau fakta itu, gw berusaha nyari mitra konveksi lain dong, ehh nasib. ternyata sama aja kelakuannya kayak mitra konveksi gw yg pertama.

Gw udah sempet mau nyerah tuh, karena jujur capek banget "ngeles" ini itu sama pelanggan kalau produksi telat. Emang gw orangnya terbiasa to the point dan jujur jadi kalau "ngeles" tuh butuh effort lebih emang. Sering di telponin malem malem jam 12. Duh mantep emang pengalamannya. Akhirnya gw mikir waktu itu, Kayaknya gw emang gak bakat di bidang produksi pakaian gini, karena ya tadi gw bilang terlalu jauh sama prinsip gw. Gw mikir, gw gak mau dong brand yg gw besarin sama setahun hilang gitu aja sia sia. Ya walaupun belum ada aset yg real (mesin jahit, potong dll) tapi brand di ignya udah lumayan terkenal juga. Sayang aja kalau ilang gitu aja.

Akhirnya gw kasihlah bisnis gw ini ke temen gw yang gw percaya (full take over). Ehh sekarang malah berkembang pesat konveksi nya di tangan temen gw dengan mitra konveksi yg baru. Alhamdulilah gw juga ikut bersyukur akan hal itu. Walaupun gw gak dapet profit sama sekali dari konveksi gw sendiri, tapi dengan suksesnya brand gw aja gw udah seneng banget. Artinya gw nya aja yg munkin belum beruntung di dunia konveksi ini emoticon-Smilie



Setelah terjun di dunia konveksi, gw mencoba lagi di dunia brand pakaian. Kali ini gw bener" branding produk gw tuh. Ada teamnya juga, jadi gw gak sendirian. Dari mulai sesi foto, terus nyewa model, marketing IG, copywriting kontennya, pokoknya semuanya di perhatiin. Gw gak merasa kapok sih walaupun pernah gagal berbisnis dengan team gw yg dulu.

Nah setelah udah ready semua nih, dari produk udah selesai di produksi, foto udah di upload, promosi udah, dan segala macem udah manteplah pokoknya. Eh tiba tiba diawal bisnis, temen gw udah lulus duluan, akhirnya menjatuhkan pilihan untuk kerja di jakarta. Duh, gw waktu itu nyesek banget. Yaa gimana ya dari awal udah commit mau majuin brand bareng", susah seneng bareng barang. Tapi dia sendiri jiwanya ternyata karyawan oriented (yg belum bisa diajak sejalan sama gw). Seketika itu juga bisnisnya langsung off.

Gw sendiri juga udah gak ada feel lagi di bisnis ini ketika temen gw hengkang. Karena bisnis ini juga sebenernya ide utamanya dari temen gw yg kerja itu. Dari sini gw belajar, pentingnya nyari partner yang emang bener bener satu visi misi sama lu, mau susah seneng bareng bareng. Udah berasa kayak pasangan hidup ya ? tapi ya emang kenyataannya gitu nyari partner bisnis yg gw alami.

Oke fine, gw gak nyerah dalam usaha sampe disitu aja



Gw nyoba lagi usaha, kali ini berbeda bidang. Berhubung gw suka makanan sehat waktu itu, akhirnya gw buka usaha kuliner yaitu Gado - Gado. Waktu itu gw open rekrutasi koki dulu tuh, banyak yg daftar. Dari mulai orang solo, bandung, jakarta dan dari mulai lulusan SMA/K sampe kuliah juga ada. Alhamdulilah waktu itu gw udah terlatih banget bikin rekrutasi secara efisien dan cepat, jadi gw total rekrutasi tuh cuman 2 minggu kalau gak salah, dan itu full online + sekali wawancara langsung.Total semua ada 3 tahap rekrutasi yang gw lakuin, sorting per tahapnya paling 2 jam juga selesai dan itu gw lakuin sendiri. Mantep kan hehehe emoticon-Big Grin. Kalau yg mau caranya gimana ? komen aja dibawah atau PM. Insya Allah bisa gw bantuin kok kalau mau.

Dapet deh tuh satu koki terbaik pilihan gw. Selama jalan bisnis sebulan sama gw, nyambung tuh (klop) gw sama kokinya. Disamping itu, gw juga udah daftarin juga usaha kuliner gw ke GOFOOD sama GRABFOOD. Alhamdulilah banyak juga yg pesen sampe kewalahan gw.

Nah ditengah awal bisnis yg baru sebulan itu, tiba tiba di suatu hari koki gw minta cabut balik ke kampung halaman. Alesannya sih waktu itu mau ada nikahan sodaranya. hmmm, gw sih langsung acc aja tanpa menaruh curiga sedikit pun. Lusa nya setalah di balik kampung, tiba tiba nge WA gw yang intinya di mau minta izin keluar karena udah keterima jadi pelayan di kapal pesiar. Wahh ketika dapet kabar itu, seketika nangis gw. Asli gak bohong. Yaa gimana ya, ini bisnis lagi maju majunya, tiba - tiba dia ilang gitu aja. Udah gitu gw belum sempet belajar bumbu intinya karena fokus di marketing waktu awal". Akhirnya berhenti deh usaha kuliner gw itu yang cuman sebulan.

Dari sini gw belajar lagi, usaha apalagi yg berhubungan dengan kuliner yg paling terpenting ya bumbu intinya dulu. Bukan logo, cara marketing dan sejenisnya. Kalau bumbu udah dikuasain baru boleh menjamah ke divisi lain. Karena bumbu/resep tuh jantungnya usaha kuliner. Dan gw juga belajar disini, jadi lebih "mentargetkan" karyawan yg mau dipilih untuk usaha nanti kelak biar gak kejadian lagi di masa mendatang.



Berhubung gw punya kemampuan di digital advertising, sambil nunggu bisnis selanjutnya, gw bikin media online. Yang gw bikin adalah Media Jual Beli atau biasa dikenal (FJB/Forum Jual Beli) khususnya untuk regional kampus. Jadi isinya kaya orang/mahasiswa jual barang bekas kost an, atau jual produk mereka tapi masih sekitar area kampus. Misal kaya : FJB ITB, FJB UII, FJB UNS, dan beberapa kampus lain indonesia. Total semua ada 8 akun FJB Kampus yang gw pegang. Ada akun official untuk LINE sama Instagram.

Pasti pada nanya, terus dapet pemasukannya dari mana tuh ?
Pemasukan paling besar itu dari advertising, bisa juga dari kerjasama dengan merchant/pelanggan. Nah dalam bisnis ini gw ngejalaninnya sendiri, gak ada team. Jujur berat banget. Ya kalian bisa bayangin aja, satu hp android jadul + jadi admin 8 akun official, kacau banget tiap hari.

Dari situ gw mikir, kayaknya gw butuh karyawan part time buat jadi admin. Akhirnya gw ngelakuin rekrutasi tuh sama kaya yg pas usaha kuliner. Alhamdulilah rekrutasi berjalan mulus, dapet juga karyawan part time yg dipengen. Rata - rata yg gw rekrut anak mahasiswa juga sih, jadi gak begitu sulit. Nahh masalah dateng lagi nih. Bukan dari partner atau karyawan kabur lagi, tapi masalah inti perusahaan, tau apa ? Yapp duittt..

Ini menurut gw salah satu keputusan gw yang paling fatal dalam jalanin usaha. Ya gw rekrutasi waktu itu dengan posisi duit (modal) untuk muterin usaha udah mau habis. Karena jujur waktu itu gw juga gambling, karena lagi proses ngajuin ke investor untuk pendanaan. Kalau dapet investor usaha bisa jalan terus, kalau gak dapet bisa bisa langsung mati ditempat usahanya.

Dan waktu awal bisnis pun, pemasukan dari bisnis belum ada karena masih gencarnya marketing awal (jadi masih membangun konten" biar viral & biar follower naik). Setelah beberapa waktu jalan, barulah panik gw datang, asli. Ternyata udah kosong duit ditangan gw, Gw mikir ini gimana gw gaji karyawan gw sendiri. Wah disitu sempet stres tuh, karena belum ada juga investor yg tertaik konsep bisnis gw.

Akhirnya dengan berat hati, gw harus berhentiin mereka (karyawan gw) jadi admin. Sedih gw asli, padahal udah kompak banget. Udah terbaik yg gw rekrut. Tapi ya mau gimana lagi. Ya kali karyawan kerja di media gw terus gak digaji, gak gitu kan ?

Gw belajar lagi dari pengalaman ini, bahwa konsep matang bisnis harus dibarengi sama itung"an atau persiapan finansial yang mateng. Jujur sebelumnya emang gw lemah itung - itung akuntansi keuangan, kaya dapet laba bersih, laba kotor, dll. Biasanya gw dibantuin partner gw untuk ngurusin akutansi dan gw di posisi sebagai digital marketing. Tapi diusaha media ini gw bener bener sendiri, dan lupa seketika sama masalah itu. Pelajaran yg berharga banget. Munkin itu juga sih yg nyebapin gw gak dapet investor waktu itu.

Semenjak berhentinya usaha Media, gw perlahan - lahan belajar tuh akuntansi keuangan walaupun sebenernya berat banget. Cuman ya mau gak mau, namanya usaha masak akuntansi nya kacau, gimana mau untung emoticon-Hammer (S). Oh ya btw masih ada tuh akun Medianya, kalau ada yang mau kerjasama monggo kontak WA aja gw atau komen dibawah.



Setelah bisnis media gw bisa dikatakan kacau, akhirnya gw di rekrut/dipercaya temen kampus gw untuk jadi manager di coffeeshopnya yg baru mau launch. Ini pertama kalinya dalam sejarah gw mau jadi karyawan sebelumnya emang gw kekeh banget pengen bikin usaha sendiri terus. Yaa sebenernya niat awalnya karena emang pengen bantuin dia ngesistem awal coffeeshopnya, yg kedua karena butuh duit juga akhirnya gw terima.

Ini pengalaman pertama gw yang bersentuhan dengan kopi, gw belajar banyak tuh disitu. Dari mulai bikin kopi sampe milih kopi terbaik. Di coffeeshop punya temen gw, gw cuman di kontrak jadi manager selama 3 bulan. Dari mulai stok, efisiensi, pelayanan, promosi, gw turut ambil adil dalam itu semua. Alhamdulilah pas gw megang dari awal launch sampe kontrak gw abis, rata" omzet per bulan nya nyentuh 20-30jt. Itu coffeeshp kecil"an ya deket kampus, bukan sekelas upnormal emoticon-Big Grin. Alhamdulilah kalau malem juga selalu rame.

*Lanjut Bawah gan
Diubah oleh Ianzzzzz 12-12-2020 15:33
smfrozenfood
blackjoker33
Thinkfresh
Thinkfresh dan 4 lainnya memberi reputasi
5
6.7K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan