Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

satriafilmsAvatar border
TS
satriafilms
SEJARAH TROFI PIALA DUNIA... MASUK GAN
WELCOME TO MY THREAD...!!emoticon-Selamat

PERMISI YA MIMID MOMOD DAN AGAN AGANWATI SEKALIAN,MOHON MAAF JIKA TREAD ANE BERANTAKAN.. MAKLUM ANE NEWBIE... emoticon-Big Grin sedikit berbagi info nih tentang trofi piala dunia..

JULES RIMET CUP

JULES RIMET CUP
Untuk mengenang jasa pencetus Piala Dunia, trofi yang diperebutkan di Piala Dunia dinamakan Jules Rimet Cup. Sebelumnya sebutan trofi tersebut adalah Coupe du Monde de Football Association, atau Piala Dunia Sepakbola. Baru pada konggres FIFA yang berlangsung di Luksemburg tahun 1946, nama Jules Rimet disepakati menjadi nama resmi trofi tersebut.

Trofi berbentuk seorang dewi sedang memanggul cawan ini dirancang oleh pematung Perancis Abel Lafleur, dan mempunyai tinggi 35 cm dan berat 3,8 kg, dimana kepala tropi terbuat dari perak dan emas, sementara di bagian bawah terbuat dari semi batu mulia dan dilapisi lazuli.

Sederet kisah unik mewarnai perjalanan trofi Jules Rimet. Trofi ini diketahui sudah menghilang sebanyak dua kali. Pertama kali menghilang, seperti dilansir situs resmi FIFA, saat dipajang sebagai bagian dari persiapan menuju Piala Dunia Inggris 1966 silam. Usut punya usut, ternyata ada satu pihak yang tidak sengaja membuang trofi itu.

Beruntung, seekor anjing yang bernama Pickles menemukan trofi ini dan mengembalikannya. Atas jasanya, Pickles serta pemiliknya akhirnya diberikan hadiah sebesar 6 ribu poundsterling.

Sebelumnya, ada lagi peristiwa unik lainnya. Saat Perang Dunia II berkecamuk, mendiang Wakil Presiden FIFA, Ottorino Barassi, sempat menyembunyikan trofi Jules Rimet di dalam kotak sepatunya dan ditempatkan di bawah kasur. Tujuan Barassi ketika itu adalah untuk melindungi trofi agar tidak dicuri pasukan-pasukan musuh yang masuk ke wilayah Italia.

Sayang, Trofi Jules Rimet akhirnya harus hilang selama-lamanya pada 20 Desember 1983. Ketika itu, trofi Jules Rimet berada di kantor Federasi Sepakbola Brasil (CBF) yang terletak di Rio de Janeiro. Sebenarnya, pengamanan untuk trofi itu cukup ketat. Di sekelilingnya, kaca antipeluru melindungi trofi Jules Rimet. Tapi, tetap saja, trofi itu hilang tanpa jejak. Disinyalir, trofi Jules Rimet hilang dicuri. Dan hingga sekarang keberadaan Jules Rimet tidak diketahui.

WORLD CUP


WORLD CUP
Sejak Jules Rimet Cup menjadi milik abadi Brasil pada Piala Dunia ke-9, FIFA akhirnya memutuskan untuk membuat trofi baru. Pada Piala Dunia tahun 1974 di Jerman Barat, FIFA telah mengusung trofi baru rancangan seniman Italia Silvio Gazzaniga

Piala ini mempunyai tinggi 36 cm, berat 4,97 kg dan dibuat dari emas 18 karat. Sementara tatakannya terdiri dari dua lapis semi batu mulia malachite dan menjadi tempat 17 plat nama pemenang sampai Piala Dunia 2038. Trofi ini akhirnya dinamakan World Cup, meskipun sempat ada usul untuk mengabadikan Presiden FIFA periode 1961 – 1974 Sir Stanley Rous. Namun usulan ini kurang mendapat persetujuan.

Meskipun sampai tahun 2002 Piala Dunia sudah diselenggarakan 17 kali, namun baru tujuh negara yang pernah merasakan menjadi juara dunia. Dalam hal ini, Brasil adalah negara yang paling banyak meraih juara dunia, yakni sebanyak 5 kali, disusul Jerman dan Italia sebanyak 3 kali, Argentina dan Uruguay 2 kali serta Inggris dan Perancis masing-masing 1 kali.
Spoiler for SUMBER:


DEMIKIAN TREAD DARI ANE GAN.. SEMOGA BISA NAMBAH WAWASAN..emoticon-Big Grin
kalau berkenan bantu ane emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star untuk trit ane
ane bersyukur bila ada yang ngasi emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)... emoticon-Big Grin
***TERIMA KASIH***
Diubah oleh satriafilms 10-01-2014 18:00
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
4.9K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan