Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Kamu Bertanya? Kenapa Messi Menggunakan Jubah Saat Angkat Trofi? Ini Faktanya
Konten Sensitif
Emir Qatar pakaikan Bisht ke Messi | cnnindonesia.com


Banyak orang bertanya-tanya kenapa Lionel Messi berjubah hitam saat mengangkat trofi Piala Dunia 2022, dan ini baru pertama kali dijumpai sepanjang piala dunia berlangsung. Argentina berhasil menang dari Prancis lewat drama adu pinalti 4-2.

Ada momen menarik saat pengangkatan trofi, dimana Messi dikenakan sebuah jubah berwarna hitam. Usut punya usut jubah tersebut pemberian seorang Emir Qatar yang bernama "Tamim bin Hamad Al Thani".

Jubah tersebut sebagai tanda penghormatan Qatar atas prestasi Messi. Di Qatar, jubah semacam ini disebut dengan Bisht,Bisht adalah sejenis jubah tradisional Arab yang terbuat dari bulu kambing atau unta. Bisht sering dikenakan pada acara-acara penting seperti hari pertama tahun kalender Islam, sholat Jumat atau pernikahan, wisuda.

Konten Sensitif
Messi menggunakan Bisht saat angkat trofi | 7news.com.au


Secara khusus, tidak semua orang bisa memakai Bisht ini loh GanSis. Di Qatar, biasanya yang mengenakan Bisht hanya Raja, amir dan tokoh agama besar saja yang memakai jubah ini pada hari-hari penting. Jubah Bisht yang diberikan kepada Messi itu adalah jubah Bisht milik Emir Qatar sendiri ya GanSis bukan sengaja disediakan pihak penyelenggara.

Diketahui, Messi menjadi pemain terbaik Piala Dunia 2022 ketika ia telah mencetak 7 gol dan memiliki 3 umpan/assist. Tidak ada pemain yang berkontribusi lebih banyak untuk gol (gol, assist) selain Messi di turnamen ini serta dalam sejarah putaran final Piala Dunia.

Konten Sensitif
Emir Qatar berikan Bisht ke Messi| metro.co.uk


Tentu saja, ini juga cara Qatar menyebarkan budaya mereka ke seluruh dunia, mirip dengan bagaimana Pele merayakan kejuaraan Piala Dunia 1970 dengan topi sombrero khas negara tuan rumah Meksiko.

Tanggal 18 Desember adalah Hari Nasional Qatar, jadi orang-orang mengenakan pakaian terbaiknya pada hari ini, bahkan parade militer dan kembang api akan berlangsung di malam hari. Pada acara-acara khusus seperti itu, para pemimpin Qatar akan mengenakan Bisht di atas pakaian mereka.

Ini merupakan satu kebanggaan bagi Messi dimana ia mendapat penghobi khusus dari seorang Emir Qatar, dan momen ini akan selalu dikenang dunia.


Penulis: Sambelterasi052
Referensi: aljazeera.com - What is a bisht and why was Messi wearing it at the World Cup?

Diubah oleh Sambelterasi052 20-12-2022 16:20
bang.toyip
kddnmt
Nikita41
Nikita41 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.8K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan