si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Tanpa Pemberitaan yang Heboh, Dua Kapal Selam Type 218SG Singapura Resmi Diluncurkan
Quote:


Pemerintah Singapura dikenal jarang mengekspos berlebihan tentang alutsista yang dimilikinya, begitu juga saat alutsista yang mereka pesan diluncurkan pihak pabrikannya, tidak banyak media lokal yang berlebihan dalam membuat pemberitaan. Padahal Singapura dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki alutsista yang mumpuni, meski wilayahnya kecil.

Dan yang terbaru gan, tanpa ada pemberitaan yang heboh; dua kapal selam Type 218SG pesanan Singapura resmi diluncurkan oleh galangan kapal Thyssenkrupp Marine Systems (TKMS) pada 13 Desember 2022. Menurut laporan Naval News, 350 tamu diundang ke acara tersebut. Beberapa tamu tersebut adalah Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Menteri Pertahanan Dr. Ng Eng Hen dan perwakilan tinggi lainnya dari Jerman dan Singapura.

Dua kapal selam tersebut kemudian diberi nama “Impeccable” dan “Illustrious”, merupakan kapal kedua dan ketiga dalam rangkaian empat kapal selam Type 218SG yang dipesan oleh Angkatan Laut Singapura. Type 218SG adalah salah satu kapal selam diesel-listrik paling modern di dunia dan menampilkan banyak solusi khusus dan teknologi baru. Kapal selam dirancang dengan tanda akustik rendah serta memakai sistem air-independent propulsioneksternal.

Quote:


Sementara itu uji coba intensif lebih lanjut dilakukan, "Impeccable" dan "Illustrious" akan diserahkan ke Singapura mulai tahun 2023 dan seterusnya. Setelah acara selesai, Thyssenkrupp Marine Systems dan ST Engineering yang berbasis di Singapura menandatangani perjanjian kerja sama. Perjanjian tersebut mencakup layanan garansi serta dukungan dalam layanan untuk empat kapal selam kelas Invincible, memastikan bahwa mereka terpelihara dengan baik di Singapura selama masa dinasnya.

Untuk kapal selam keempat akan diberi nama Inimitable, dan saat ini sedang dalam proses pengerjaan. Belum diketahui kapan kapal selam keempat, sementara kapal selam pertama bernama Invincible diluncurkan pada 18 Februari 2019, serta memulai tahapan sea trial pada 31 Agustus 2020.

Type 218SG (Invicible Class) berbobot 2.200 ton (saat menyelam), kapal selam ini memiliki kecepatan lebih dari 15 knot di bawah air. Panjangnya 70 meter dan diameter 6,3 meter. Persenjataanya asalah 8 tabung torpedo 533 mm. Type 218SG dikembangkan dari Type 214, dengan memakai elemen kemudi X dari Type 212A.

Quote:


Dengan konfigurasi kemudi X akan memungkinkan pengoperasian kapal selam di perairan pesisir yang dangkal, fitur ini pun sesuai dengan yang diinginkan Singapura. Untuk mendukung operasi pasukan khusus, kapal selam dilengkapi dengan Horizontal Multi-Purpose Lock (HMPL) yang terletak di haluan; di samping tabung peluncur torpedo.

Type 218SG dilengkapi sistem Air Independent Propulsion (AIP) eksternal berdasarkan fuel cell technology, yang akan memungkinkan kapal selam tetap bisa beroperasi di bawah air sekitar 50% lebih lama. Kapal selam juga membawa sistem tempur yang dirancang oleh Atlas Elektronik dan ST Electronics. Sebagai tambahan informasi, Singapura memesan kapal selam Type 218SG dengan konfigurasi khusus, yang dirancang untuk bisa beroperasi di perairan tropis Singapura yang dangkal dan sibuk.


-----------



Referensi Tulisan:
Sumber Foto: Naval News & TKMS
eyefirst2
mynameisant
sormin180
sormin180 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.6K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan