Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kangsurotoAvatar border
TS
kangsuroto
7 Aplikasi untuk Mengukur Panjang & Lebar di Android 100% Akurat
7 Aplikasi untuk Mengukur Panjang & Lebar di Android 100% Akurat

Bagi anak sekolah, tukang bangunan, ataupun mereka yang membutuhkan pengukuran panjang dan lebar suatu benda namun tidak membawa penggaris maka tak perlu khawatir. Dengan memanfaatkan aplikasi untuk mengukur panjang dari HP Android kalian, maka seketika smartphone kalian bisa berfungsi sebagai meteran.

Aplikasi pengukur cm Android semacam ini tentunya memiliki keakuratan 100% walaupun hanya menggunakan layar HP. Walaupun tidak terlalu panjang, namun bisa menjadi tool darurat pengganti penggaris di saat kita begitu membutuhkan. Jika ingin tahu selengkapnya, yuk simak rinciannya di bawah ini.

Deretan Aplikasi untuk Mengukur Panjang di Android
Banyak sekali aplikasi Android untuk mengukur panjang dan lebar serta jarak yang bisa kita temui di Google Play Store. Oleh karena itu, kami memilihkan beberapa aplikasi terbaik yang patut kalian coba berikut ini:

1. Penggaris (Ruler)
Di urutan pertama, ada aplikasi buatan NixGame yaitu Penggaris (Ruler) yang merupakan salah satu pengukur terbaik sebagai pengganti garisan. Dengan tingkat akurasi hingga mm, tentunya menjadikan pengukuran menjadi begitu mudah.
Aplikasi pengukur panjang yang mendapatkan rating 4,8 dari hampir 80 ribu pengguna Android ini memiliki 4 mode manajemen pengukuran. Salah satunya ialah pengukuran luas suatu bidang berdasarkan data panjang dan lebar.

Tersedia pula kalibrasi yang membuat pengaturan menjadi lebih fleksibel dan juga terjamin keakuratannya. Untuk datanya sendiri mirip seperti penggaris pada umumnya yaitu dalam satuan cm dan inch.

Download App
Download Penggaris (Ruler) di Play Store


2. Ruler
Walau tidak sepopuler aplikasi sebelumnya, namun aplikasi Ruler karya dari Xalpha Lab ini memiliki fitur yang lebih lengkap. Contohnya fitur standarisasi kalibrasi, beberapa pilihan satuan panjang, mode malam, pecahan pengukuran (inch pecahan, inch desimal, cm, mm), dan penyimpanan data hasil pengukuran.
Yang tak kalah penting, aplikasi ini bebas iklan dan juga tidak ada perizinan khusus yang diperlukan. Jadi, bisa dipastikan bahwa aplikasi ini aman. Penggunaannya pun relatif simpel karena akan langsung menampilkan satuan pengukuan begitu kita membuka aplikasinya.

Dari segi ukuran, aplikasi ini pun sangatlah ringan yaitu hanya 1 MB. Sangat cocok bagi ponsel dengan spek rendah dengan minimum versi Android 4.1.

[td]Download App
Download Ruler di Play Store


3. Penggaris: Smart Ruler
Aplikasi buatan lokal satu ini pun tak kalah keren dengan aplikasi lainnya. Selain penggunaannya yang begitu simpel, juga mendukung beberapa aksi seperti multi touch dan alat konversi ukuran.

Untuk meningkatkan akurasi, juga tersedia fitur kalibrasi yang bisa kalian sesuaikan dengan garisan atau meteran asli.

Tersedia 2 pilihan yang bisa kalian pilih yaitu versi gratis dengan terdapat iklan di dalamnya serta versi pro dengan bebas iklan dan fitur tambahan seperti modus caliper, skala engineering, skala arsitektur, jarak ulir, bahkan ada juga busur derajat III dan perluasan meter.

Download App
Download Penggaris: Smart Ruler di Play Store

4. AR Ruler App
Dengan tajuknya berupa “Tape Measure Cam”, aplikasi ini memang dikhususkan untuk mendeteksi panjang benda berdasarkan deteksi dari kamera dengan teknologi augmented reality. Jadi, konsepnya berbeda dengan ketiga aplikasi di atas yang mengandalkan konsep penggaris.

Aplikasi untuk mengukur panjang ini sangat cocok di gunakan untuk mengukur panjang benda yang tidak terlalu tinggi dan luas. Contohnya mengukur panjang ruangan, mengukur tinggi seseorang, serta pengukur perabotan rumah.

Bahkan, dengan teknologi AR nya yang canggih, membuat proses pemindaian ruangan yang presisi membuat kita bisa membuat denah rumah dengan begitu mudah. Untuk satuan ukur linearnya pun beragam mulai dari mm, cm, m, inch, kaki, hingga halaman.

Download App
Download AR Ruler App di Play Store

5. AR Plan 3D Ruler
Masih sama-sama dibuat oleh pengembang yang sama yaitu Grymala, aplikasi pengukur panjang ini memang memiliki konsep yang hampir sama dengan AR Ruler App. Hanya saja, mendukung fungsi 3D View sehingga cocok digunakan untuk membuat sketsa rumah.

Dengan ukurannya sekitar 45 MB, aplikasi ini memiliki beragam fitur canggih. Contohnya pita pengukur tinggi ruang & keliling, pita pengukur lantai, pintu, & jendela, perencana lantai 3D, simpan cetak biru dalam bentuk PDF, desain perencana lantai (tata letak & denah), dan banyak lainnya.

Nah, jika kalian ingin menggunakan aplikasi ini, maka butuh setidaknya perangkat Android dengan versi 8.0 ke atas.

Download App
Download AR Plan 3D Ruler di Play Store


6. Waterpass
Sejatinya, aplikasi penggaris satu ini digunakan untuk mengukur tingkat kemiringan suatu benda (angle measurement). Namun, karena tersedia pengukuran satuan panjang maka bisa juga kita gunakan untuk menentukan panjang dan juga lebar suatu benda.

Bagi seseorang yang sedang belajar teknik sipil, maka aplikasi ini akan berperan sangat penting untuk sarana pengukuran. Kalian pun bisa memanfaatkannya untuk membantu dalam memasang kulkas hingga jam dinding agar kemiringannya tepat.
Fitur keseluruhan dari Waterpass meliputi penggaris, indikator tingkat suara, 3 mode pengukuran, penentuan sudut, tingkat gelembung, laser level, deviasi sudut permukaan, pengukuran bidang vertikal, pengukuran bidang horizontal, dan juga fitur kalibrasi.


Download App
Download Waterpass di Play Store

7. Penggaris: Digital Ruler
Bagi kalian yang menginginkan aplikasi penggaris digital dengan UI yang bersih dan simpel, maka aplikasi buatan KTW Apps ini bisa kalian coba.
Penggaris: Digital Ruler merupakan sebuah aplikasi yang bisa kalian manfaatkan untuk mengukur panjang suatu benda dan menyimpannya dalam folder telepon. Bila di rasa kurang panjang, maka kalian bisa menggunakan tablet karena aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk tablet.

Tersedia dua pilihan satuan pengukuran yaitu metrik (cm & mm) serta imperial (inch). Aplikasi ini pun memiliki jaminan keakuratan 100% dan akan menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat kalian masing-masing.

Download App
Download Penggaris: Digital Ruler di Play Store

Nah, itulah 7 aplikasi untuk mengukur panjang di Android yang bisa kalian coba. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital semacam ini, tentunya kalian tidak memerlukan lagi penggaris manual.

Sumber


Semoga bermanfaat
Diubah oleh kangsuroto 19-12-2022 03:58
satyagilang
anapoke
gpandita
gpandita dan 3 lainnya memberi reputasi
4
10.4K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan